11 Smartwatch Samsung Terbaik & Terbaru 2023 ( Review)

oleh
11 Smartwatch Samsung Terbaik & Terbaru 2023 ( Review)

Smartwatch Samsung adalah sebuah perangkat praktis yang berfungsi sebagai jam tangan dan dapat dihubungkan dengan smartphone. Kini, smartwatch sangat populer di kalangan milenial karena dilengkapi dengan teknologi canggih yang membantu dalam berbagai aktivitas sehari-hari, seperti berkomunikasi, berbagi file, dan bahkan memantau kondisi kesehatan melalui fitur detak jantung.

Fungsinya juga sangat bervariasi, mulai dari pengukuran tekanan darah, detak jantung, hingga waktu tidur. Selain itu, smartwatch terbaru bahkan dilengkapi dengan fitur pembayaran elektronik dan kartu kredit. Desain smartwatch yang trendy dan elegan juga dapat menambah penampilan yang fashionable.

Daftar Smartwatch Samsung Terbaik Tahun 2024

smartwatch-samsung

Untuk Anda yang sedang mencari gadget dengan fitur dan desain terbaik, berikut adalah sepuluh rekomendasi Smartwatch Samsung terbaik yang dapat kami berikan.

1. Samsung Galaxy Watch 3 45mm

Galaxy Watch 3 45mm dari Samsung mengusung desain ramping dan ringan, dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Meskipun memiliki diameter layar yang lebih besar, bentuknya lebih kecil 8%. Layarnya menggunakan jenis AMOLED dengan resolusi 360 x 360 piksel, serta ditenagai oleh chip Exynos 9110 dan RAM 1GB.

Galaxy Watch 3 dilengkapi dengan berbagai fitur kesehatan, seperti pengukur tekanan darah, detak jantung, dan teknologi sensor yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Fitur Kesehatan yang sangat berguna adalah Fall Detection, yang secara otomatis mengirimkan pesan SOS ke kontak darurat bila pengguna terjatuh atau mengalami kecelakaan.

Selain fitur kesehatan, Galaxy Watch 3 juga dapat digunakan sebagai remote control, mulai dari memotret hingga mengatur slide presentasi. Smartwatch ini memiliki baterai berkapasitas 340 mAh dan dilengkapi dengan memori internal 8GB.

Dalam hal desain dan fitur, Galaxy Watch 3 45mm memiliki pembaruan yang signifikan dari generasi sebelumnya. Dengan fitur-fiturnya yang lengkap dan desain yang ramping, smartwatch ini cocok bagi mereka yang memerlukan kesehatan, produktivitas, dan keindahan dalam satu perangkat wearable.

2. Samsung Galaxy Watch 3 41mm

Smartwatch Samsung Galaxy Watch 3 41mm adalah varian dari Samsung Galaxy Watch 3 dengan diameter yang lebih kecil dari versi 45mm. Meskipun memiliki spesifikasi yang hampir sama, namun ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Keduanya menggunakan jenis layar AMOLED dengan resolusi 360 x 360 piksel. Chipnya yaitu Exynos 9110, RAM 1 GB, serta ditanamkan penyimpanan internal 8 GB.

Sayangnya, varian 41mm hanya dilengkapi dengan baterai 247 mAh, hal ini dikarenakan dimensi yang lebih kecil sehingga daya tampungnya pun lebih sedikit. Samsung Galaxy Watch 3 41mm dilengkapi dengan fitur-fitur seperti accelerometer, barometer, dan gyroscope yang dapat mengukur gerakan dan posisi.

Samsung Galaxy Watch 3 41mm juga dilengkapi dengan fitur Bluetooth 5.0 dan tahan air sehingga dapat digunakan saat berenang. Namun, tidak seperti versi 45mm yang memiliki fitur pengukur tekanan darah dan detak jantung, varian 41mm tidak dilengkapi dengan fitur tersebut. Harga Samsung Galaxy Watch 3 41mm dijual sekitar Rp 1.851.000 di toko offline.

3. Samsung Galaxy Watch 46mm

Varian ini dilengkapi bezel bodi bisa diputar untuk mengakses menu dan fiturnya. Dibekali layar Super AMOLED 1,3 inci yang tajam dan cerah. Berukuran 46mm, cocok untuk pria dengan postur tubuh besar. Memiliki media juga penyimpanan 4 GB untuk musik dan foto.

Fiturnya antara lain NFC, water resistance 5 ATM + IP68, prosesor Exynos 9110 dual core 1,15 GHz, serta penggunaan Corning Gorilla Glass DX+. Kapasitas baterai mencapai 472 mAh, mampu bertahan hingga 168 jam setelah satu kali pengisian.

Galaxy Watch 46mm dapat terhubung dengan perangkat Android dan iOS. Fitur-fitur utama mencakup sensor percepatan, barometer, giroskop, sensor jarak, sensor detak jantung, penghitung langkah, pemantau tidur, GPS, dan sensor cahaya ambient. Hadir dengan Bluetooth 4.2 dan fitur tahan air hingga 50 meter.

Meskipun tidak memiliki banyak perbedaan dengan model Galaxy Watch lainnya, Samsung Galaxy Watch 46mm tetap menjadi pilihan yang bagus untuk mereka yang mencari smartwatch dengan layar yang besar, baterai tahan lama, dan fitur yang kaya.

4. Samsung Galaxy Watch 42mm

Varian ini cocok bagi Anda yang suka ukuran layar relatif lebih kecil. Layarnya berteknologi Super Amoled 1,2 inci dengan resolusi 360 x 360 pixels. Selain itu, juga mempunyai fitur sama dengan tipe 46mm. Sehingga, kita bisa menggunakan Smartwatch tersebut untuk menerima panggilan langsung.

Kapasitas baterai lebih kecil dibandingkan Galaxy Watch 46mm, namun Smartwatch Samsung ini tetap mampu bertahan hingga 2-3 hari. Desainnya keren dengan Rotating Bezel dan strap yang bisa digonta-ganti sesuai selera. Dijual seharga Rp 3.450.000, dengan kompatibilitas OS Android dan iOS, band size 20 mm.

Perangkat juga memiliki memiliki fitur seperti Accelerometer, Barometer, Gyroscope, Proximity, Heart Rate, Pedometer, GPS, Step Counter, Sleep Monitor, Ambient Light, Bluetooth 4.2, dan waterproof.

5. Samsung Galaxy Watch Active

Samsung Galaxy Watch Active adalah sebuah smartwatch yang diluncurkan pada tahun 2019, dengan kelebihannya yang utama terletak pada desain yang sangat elegan. Perangkat dilengkapi layar bundar 1,1 inci. Teknologi yang digunakan panel Super AMOLED dan dilindungi oleh kaca Corning Gorilla Glass 3.

Selain itu, terdapat fitur Always-On Display yang membantu menghemat daya baterai dengan kapasitas 230 mAh. Gadget ini cocok bagi kaum wanita karena lebih menonjolkan sisi fashion.

Kemudian, ada juga fitur lengkap seperti sertifikat MIL-STD-810G dan tahan air hingga kedalaman 50 meter sehingga cocok untuk pengguna yang suka berenang. Harganya sekitar Rp2.690.000 dan dapat digunakan dengan sistem operasi Android maupun iOS.

6. Samsung Galaxy Watch Active 2

Samsung Galaxy Watch Active 2 dirancang untuk kamu yang gemar berolahraga dengan tampilan yang terlihat lebih sporty. Fitur heart rate yang terdapat pada smartwatch ini akan memonitor keadaan detak jantung penggunanya pada saat melakukan aktivitas olahraga seperti jogging dan berenang.

Smartwatch ini punya layar Super AMOLED 1.2 inchi, resolusi 360 x 360 pixels dan memori 4 GB. Kemudian, juga dilengkapi dengan konektivitas bluetooth yang dapat Anda sambungkan ke headphone untuk mendengarkan musik saat berolahraga.

Tak hanya di sisi penampilan saja, dengan fitur fitness tracking adalah salah satu yang paling bagus. Terdapat 7 profil olahraga serta fitur automatic tracking. Kemudian, perangkat ini juga mempunyai sensor NFC dalam mempermudah mengecek maupun mengisi saldo e-toll.

Spesifikasi yang ditawarkan juga cukup mumpuni, mulai dari prosesor dual core 1,15 GHz, rom 4 GB dan juga baterai dengan kapasitas 340 mah. Dengan kapasitas tersebut, bisa bertahan hingga 60 jam Jika penggunaannya normal.

Samsung Galaxy Watch Active 2 siap menemani dalam berolahraga.Harganya adalah sekitar Rp1.945.000 dan dapat digunakan dengan sistem operasi Android maupun iOS.

7. Samsung Gear Sport

Samsung Gear Sport memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan dengan smartwatch pada umumnya, khususnya dalam hal sistem navigasi layarnya yang cukup besar dan mudah untuk dikontrol. Selain itu, kontrol musik juga dapat diatur dengan mudah pada saat mendengarkan lagu.

Dengan spesifikasi layar tipe Super Amoled berukuran 1.2 inchi serta prosesor dual-core 1Ghz dan media penyimpanan sebesar 4 GB, Samsung Gear Sport memiliki kinerja yang lebih cepat dalam menjalankan berbagai software. Sistem operasi terbaru Tizen juga memberikan dukungan yang lebih baik pada smartwatch ini.

Untuk harga sekitar Rp5.000.000. Samsung Gear Sport dilengkapi dengan berbagai fitur seperti sensor akselerometer, barometer, giroskop, detak jantung, serta daya tahan baterai yang cukup lama hingga 96 jam.

8. Samsung Gear S3 Frontier

Smartwatch Samsung Gear S3 Frontier memiliki desain yang mirip dengan jam tangan konvensional dan dilengkapi dengan layar Super Amoled berukuran 1.3 inchi dengan bezel yang dapat diputar sebagai navigasi.

Layar tersebut dilindungi dengan proteksi Corning Gorilla Glass SR+ sehingga tahan terhadap benturan dan goresan ringan. Fitur utama yang terdapat pada smartwatch ini adalah Samsung Pay, S Health app, dan GPS.

Selain itu, terdapat pula berbagai sensor seperti accelerometer, barometer, gyroscope, dan heart rate monitor. Dengan kapasitas baterai sebesar 380 mAh, Samsung Gear S3 Frontier mampu bertahan hingga 72 jam saat digunakan secara normal.

9. Samsung Gear S3 Classic

Samsung Gear S3 classic hadir dengan desain elegan yang mirip dengan jam tangan analog Swiss Army atau Cassio 5. Namun, layarnya menggunakan Super Amoled berukuran 1,3 inci dengan resolusi 360 x 360 pixel, dan dilengkapi rotating bezel yang menjadi pembeda antara smartwatch Samsung dengan smartwatch merek lainnya.

Meskipun umurnya sudah cukup tua, Samsung Gear S3 classic masih menawarkan spesifikasi yang layak dengan prosesor Dual Core, RAM 768 MB dan memori internal 4GB. Selain itu, baterainya berkapasitas 380 mAh yang dapat diisi secara wireless charging. Harga Samsung Gear S3 classic saat ini sekitar Rp 2.565.000

10. Samsung Gear Fit 2 Pro

Smartwatch Samsung Gear Fit 2 Pro memang dirancang khusus untuk pengguna yang aktif di bidang olahraga dan kebugaran. Gadget ini memiliki banyak sekali fitur fitness lengkap. Misalnya, Map My Run dan My Fitness Pal. Tersedia juga fitur Heart Rate yang secara akurat bisa memantau detak jantung.

Selain itu, Samsung Gear Fit 2 Pro memiliki desain yang lebih ramping dan ringan dibandingkan dengan produk Samsung Gear S3. Layarnya berbentuk persegi panjang dan memiliki tampilan yang mirip dengan smartwatch merk Fitbit. Dengan ketahanan air hingga kedalaman 50 meter, Samsung Gear Fit 2 Pro cocok untuk kamu yang sering berolahraga di air atau terkena keringat.

11. Samsung Gear S2

Samsung Gear S2 adalah smartwatch yang diluncurkan oleh Samsung pada tahun 2015. Meskipun telah berumur 8 tahun, tetapi Smartwatch Samsung ini masih bisa digunakan dan masih memiliki performa yang cukup baik.

Dengan harga yang lebih murah, Anda bisa mendapatkan fitur-fitur menarik. Misalnya, layar Super Amoled berukuran 1,2 inci dengan resolusi 360 x 360 pixels, sensor Accelerometer, Gyroscope, Heart Rate, dan Barometer.

Namun, sayangnya jam tangan pintar ini tidak tahan air. Jadi kamu harus tetap berhati-hati saat menggunakannya. Overall, Samsung Gear S2 masih merupakan opsi yang baik untuk Smartwatch dengan harga terjangkau.

Samsung-Galaxy-Watch-3-45mm

Berbagai Smartwatch Samsung yang telah dijelaskan, tentu punya sisi keunggulan tersendiri dan bisa anda jadikan gadget favorit. Dengan berbagai fungsinya akan mempermudah aktivitas yang Anda lakukan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: