4 Cara Isi Voucher IM3 Melalui Scan Barcode, Aplikasi, Telepon

oleh
4 Cara Isi Voucher IM3 Melalui Scan Barcode, Aplikasi, Telepon

Pembelian pulsa IM3 kini menjadi lebih praktis dilakukan secara online, baik melalui aplikasi MyIM3 maupun dengan e-wallet. Meskipun demikian, cara isi voucher IM3 pun masih banyak dipilih dalam kondisi tertentu, misalnya sedang kehabisan kuota maupun saldo di rekening serta e-wallet.

Oleh karena itu, pengguna kartu Indosat IM3 juga wajib untuk memahami bagaimana cara mengisi voucher. Dengan begitu, saat terjadi kondisi darurat, cara ini bisa menjadi pilihan efektif agar kamu tetap bisa mengakses internet atau menggunakan layanan dari kartu IM3.

Umumnya, harga yang ditawarkan oleh voucer IM3 cenderung lebih tinggi dari pembelian online. Hal ini disebabkan karena voucher dalam bentuk fisik dan sangat jarang menawarkan promo. Berbeda dengan sistem online melalui situs atau aplikasi yang seringkali menawarkan diskon harga.

Cara Isi Voucher IM3

Voucher untuk isi ulang bisa didapatkan dengan membeli langsung ke konter. Dalam hal ini, pengguna harus datang ke tempat penjualan tersebut untuk membeli dan mengambil voucher dalam bentuk kartu. Voucher biasanya memiliki bagian yang tertutupi dan bisa digosok untuk mendapatkan kodenya.

Kode tersebut kemudian dimasukkan melalui aplikasi, SMS, kode USSD, call center, hingga QR Code. Voucher yang dijual terdiri dari isi ulang pulsa maupun isi ulang kuota internet. Kamu bisa memilih jenis voucher sesuai dengan keinginan lalu mengikuti salah satu cara berikut untuk menggunakannya.

1. Melalui USSD

Melalui-USSD

Dial panggilan atau USSD adalah cara memasukkan voucher yang sangat cocok untuk pengguna yang sedang tidak terhubung dengan internet. Cara ini banyak digunakan saat seseorang tiba-tiba kehabisan kuota sekaligus pulsa dan tidak bisa mengakses internet untuk membeli secara online.

Oleh karena itu, kamu harus mencari cara bagaimana mengisi ulang dengan voucher tanpa internet. Nah, solusi yang paling efektif untuk mengatasi kondisi yang tidak menguntungkan tersebut adalah melalui USSD atau memasukkan kode di menu panggilan dengan cara seperti di bawah ini.

  • Gosok bagian kode voucher IM3 hingga terlihat secara jelas 14 digit angka di baliknya
  • Buka menu “Panggilan (Dial)
  • Ketik *556*Kode Voucher#. Contoh: *556*56237467473474
  • Klik “Ok” atau “Panggil
  • Tunggu notifikasi yang berisi informasi bahwa voucher sukses dimasukkan

Jangan khawatir, petunjuk pengisian dengan USSD ini biasanya tertulis di bagian kartu voucher agar pengguna tidak kebingungan untuk memasukkannya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir jika saat membeli voucher lupa kode apa yang harus dimasukkan di menu panggilan.

2. Melalui Aplikasi MyIM3

Melalui-Aplikasi-MyIM3

Sama halnya dengan provider-provider lainnya, IM3 juga menghadirkan aplikasi yang bisa memenuhi semua kebutuhan pengguna yang berhubungan dengan kartunya. Aplikasi MyIM3 juga bisa digunakan untuk menginput atau memasukkan voucher yang sudah dibeli sebelumnya.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu terlebih dahulu harus mengunduhnya melalui AppStore maupun PlayStore. Aplikasi ini tidak berbayar atau gratis dengan ukuran yang cukup kecil sehingga tidak akan memberatkan smartphone. Cara isi voucher untuk kartu Indosat IM3 diantaranya sebagai berikut.

  • Buka aplikasi MyIM3
  • Masuk menggunakan nomor IM3 serta password milik kamu
  • Pada halaman beranda, pilih menu “Isi Ulang
  • Masukkan “Nomor Telepon IM3” yang aktif
  • Ketik voucher yang terdiri dari 14 digit tersebut
  • Klik “Lanjutkan
  • Jika proses tersebut benar, maka pengguna akan menerima notifikasi bahwa voucher sudah dapat digunakan

Selain cepat, menggunakan aplikasi MyIM3 untuk melakukan isi ulang voucher juga bisa dilakukan kapan pun dengan bebas. Notifikasi juga akan muncul secepat mungkin setelah semua data dimasukkan. Dengan begitu, pengguna tidak perlu menunggu lama untuk menggunakannya.

3. Melalui Scan Barcode

Cara isi voucher IM3 selanjutnya adalah melalui scan barcode. Cara ini juga membutuhkan aplikasi MyIM3 untuk melakukan pemindaian barcode yang ada di voucher. Akan tetapi, pengguna tidak perlu repot mengetik ulang semua angka yang muncul setelah barcode tersebut digosok.

Secara umum, scan atau pemindaian barcode bisa dilakukan dengan cara mengarahkan kamera smartphone ke kode yang tertera voucher. Pastikan posisinya tepat agar kamera bisa melakukan pemindaian dengan benar. Agar lebih jelas, kamu bisa mengikuti cara scan barcode voucher berikut.

  • Buka aplikasi MyIM3 dan login
  • Pilih menu “Isi Ulang
  • Masukkan “Nomor IM3
  • Klik opsi “Pindai
  • Arahkan kamera smartphone pada kode yang tertulis di voucher
  • Tunggu proses pemindaian selesai
  • Cek notifikasi

Scan barcode voucher dapat mempercepat proses pengisian pulsa atau kuota internet. Selain itu, juga menghindari kegagalan input akibat salah memasukkan nomor voucher yang ada. Jadi, bagi kamu yang tidak ingin repot mengetik 14 angka kode voucher, bisa langsung melakukan scan barcode saja.

4. Bantuan Call Center

Sebagai provider yang menaungi IM3, Indosat menyediakan layanan call center yang bisa dihubungi pengguna untuk melakukan pengaduan atau mengajukan pertanyaan tertentu. Salah satunya dengan meminta bantuan untuk melakukan pengisian ulang menggunakan voucher yang sudah dibeli.

Cara ini biasanya menjadi alternatif jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil. Dengan menghubungi call center, kamu jika bisa bertanya penyebab kode voucher tersebut tidak bisa digunakan dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. Cara meminta bantuan call center Indosat yaitu:

  • Buka aplikasi “Panggilan
  • Ketik “185
  • Pilih “Ikon Panggil (Telepon)
  • Jelaskan pada CS bahwa kamu ingin melakukan isi ulang dengan voucher
  • Sebut kode voucher yang ada
  • Tunggu hingga CS memasukkan kode tersebut
  • Jika prosesnya berhasil, kamu akan mendapatkan SMS pemberitahuan

Sebagai catatan, menelepon call center Indosat akan dikenakan biaya panggilan minimal Rp400 rupiah. Jadi, pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup sebelum akhirnya menghubungi call center. Jika tidak, maka panggilan tidak bisa dilakukan dan voucher kamu tidak bisa digunakan.

Cara Mengatasi Voucher IM3 Tidak Bisa Masuk

Dalam kondisi tertentu, kode voucher yang didapatkan tidak bisa digunakan untuk melakukan isi ulang. Hal ini tentu merugikan pengguna karena sudah membeli dan tidak bisa menukar voucher karena sudah digosok. Jika terjadi demikian, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Cek Masa Berlaku Voucher

Saat kode voucher yang dimasukkan tidak berhasil, kamu bisa mengecek masa berlakunya. Jika masa berlaku voucher sudah lewat, maka solusi untuk mengatasi kegagalan pengisian tersebut adalah dengan membeli voucher baru yang masa aktifnya masih berlaku.

2. Memasukkan Ulang Kode

Kode voucher terdiri dari 14 angka acak yang seringkali membuat pengguna keliru dalam menuliskannya. Hal inilah yang membuat voucher menjadi gagal masuk sehingga harus dimasukkan ulang setiap kode dengan teliti tanpa adanya kesalahan sedikit pun.

3. Mengecek Format Untuk Memasukkan Kode

Setiap cara untuk mengisi voucher IM3 sebelumnya memiliki format yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu wajib untuk teliti dalam menuliskan format sesuai dengan cara yang sudah dipilih. Alasannya adalah agar tidak terjadi kekeliruan yang menyebabkan gagalnya isi voucher.

Selain cara online yang dianggap praktis, voucher juga masih banyak dipilih pengguna untuk melakukan isi ulang. Cara isi voucher IM3 yaitu dengan menggosok bagian kode lalu memasukkan kode tersebut menggunakan aplikasi, bantuan call center, dial USSD, dan scan barcode.

Baca Juga: