5 Cara Cek Masa Aktif Telkomsel Nomor Sendiri (Praktis)

oleh
5 Cara Cek Masa Aktif Telkomsel Nomor Sendiri (Praktis)

Kartu atau operator yang digunakan dalam ponsel memiliki masa berlaku atau yang dikenal dengan masa aktif. Sama halnya dengan Telkomsel, setiap kartunya juga memiliki masa berlaku yang wajib diketahui pengguna. Nah, cara cek masa aktif Telkomsel bisa dilakukan dengan banyak cara.

Telkomsel merupakan salah satu provider yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Jangkauan jaringannya yang luas serta kecepatan internetnya yang mumpuni membuat operator ini menjadi pilihan utama. Meskipun demikian, harga yang ditawarkan Telkomsel pun sepadan.

Kartu Telkomsel terbagi atas Kartu AS, Telkomsel Halo, Loop, by.U, dan SimPATI. Akan tetapi, Loop Kartu AS, dan SimPATI sudah digabung ke dalam satu produk yang dikenal sebagai Telkomsel Prabayar. Setiap pembelian kartu Telkomsel akan memiliki masa aktif yang terbatas.

Cara Cek Masa Aktif Telkomsel

Mengetahui masa aktif sebuah kartu adalah hal yang penting agar kamu tetap bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang. Jika mendekati masa aktif habis, pengguna wajib melakukan isi ulang untuk memperpanjang waktunya. Cara untuk mengecek masa aktif Telkomsel, diantaranya:

1. Via USSD

Via-USSD

Bagi kamu yang pertama kali menggunakan kartu Telkomsel, cara pertama yang paling umum diinformasikan untuk mengecek masa aktif adalah melalui USSD. Cara ini dapat digunakan untuk semua jenis ponsel, bahkan yang tidak memiliki layanan internet sekalipun (bukan smartphone).

Mengecek masa aktif dengan USSD tergolong cukup mudah karena hanya menekan beberapa kode di layar ponsel. Setelah itu, informasi terkait jumlah pulsa dan masa aktif atau tenggang kartu akan muncul di layar. Nah, untuk melakukan pengecekan tersebut, silakan ikuti cara-cara berikut ini.

  • Aktifkan ponsel dan buka menu “Panggilan
  • Ketik *8888#
  • Tunggu hingga informasi terkait kartu muncul
  • Lihat batas masa aktif kartu

Kelebihan dari pengecekan via USSD adalah layanannya yang cepat dan gratis. Pengguna bahkan tidak harus tersambung dengan jaringan internet untuk menggunakan layanan tersebut. Cukup pastikan ponsel kamu menggunakan kartu Telkomsel dan memiliki sinyal yang stabil.

Selain masa aktif, pengguna juga bisa mendapatkan banyak informasi lain terkait kartu tersebut. Telkomsel biasanya juga menampilkan halaman promo paket telepon, internet, maupun SMS. Saat menekan kode tersebut, kartu juga akan menampilkan informasi dalam waktu yang cepat.

2. MyTelkomsel

MyTelkomsel

Dengan mengikuti perkembangan teknologi, Telkomsel menawarkan berbagai layanan untuk memudahkan para penggunanya. MyTelkomsel hadir sebagai aplikasi yang bisa diunduh secara gratis untuk digunakan pada smartphone. Aplikasi ini memiliki banyak informasi seputar kartu Telkomsel.

Mula dari nomor telepon pengguna, jumlah pulsa, paket-paket menarik, dan lain sebagainya. Aplikasi MyTelkomsel dapat diunduh melalui PlayStore dan AppStore secara gratis dengan kapasitas yang cukup kecil. Bagi pengguna yang ingin mengetahui masa aktif kartu miliknya, perhatikan cara berikut.

  • Buka aplikasi MyTelkomsel
  • Login menggunakan nomor Telkomsel milik kamu
  • Klik “OK
  • Halaman utama MyTelkomsel akan menampilkan masa aktif kartu

Aplikasi MyTelkomsel yang terbaru memiliki 5 menu, yaitu Beranda, Belanja, Menu, Riwayat, dan Jelajah. Setiap menu tersebut menawarkan layanan yang berbeda-beda, tetapi untuk melihat masa aktif kartu ada pada Beranda. Jadi, kamu hanya perlu membuka aplikasi MyTelkomsel saja.

Halaman yang akan dilihat oleh pengguna pertama kali adalah Beranda yang menampilkan nomor telepon, sisa pulsa, voucher, kuota (SMS, telepon, dan internet) serta masa aktif. Jika kamu melihat masa aktif kartu tinggal beberapa hari, maka sebaiknya lakukan isi ulang pulsa.

3. Asisten Virtual Telkomsel

Selain aplikasi, Telkomsel juga menyediakan layanan asisten virtual yang dapat diakses melalui platform media sosial. Mulai dari Telegram, LINE, Messenger, hingga Facebook. Asisten Virtual Telkomsel dapat membantu para pelanggan untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait kartunya.

Oleh karena itu, kamu juga bisa bertanya terkait masa aktif kartu Telkomsel yang sedang digunakan. Akan tetapi, pengguna harus menghubungi akun media sosial yang resmi atau memiliki tanda verifikasi. Setelah itu, bisa mengikuti beberapa cara cek masa aktif Telkomsel seperti di bawah ini.

  • Buka aplikasi media sosial yang kamu miliki, LINE, Mesenger, Telegram, atau LINE
  • Cari akun resmi Telkomsel (bercentang biru) atau terverifikasi
  • Ketik “Hai atau Halo
  • Kirim ke admin atau akun tersebut
  • Ketik “Cek Pulsa” dan kirim
  • Tulis “Nomor Telkomsel” yang kamu gunakan
  • Tunggu respon admin Telkomsel
  • Cek pesan dari Telkomsel yang berisi kode verifikasi
  • Masukkan kode verifikasi (OTP) tersebut
  • Tunggu pesan dari asisten virtual Telkomsel yang menginformasikan tentang masa tenggang kartu kamu

Saat menggunakan cara ini, kamu harus benar-benar memilih akun Telkomsel yang resmi. Seperti yang diketahui, banyak akun-akun palsu yang menggunakan nama Telkomsel untuk melakukan tindak kejahatan. Jika kamu salah akun, maka mereka bisa menyalahgunakan data yang didapatkan.

4. Veronika

Veronika merupakan asisten virtual yang dimiliki oleh Telkomsel yang dapat membantu pengguna melalui chat. Berbeda dengan cara sebelumnya melalui sosial media, menghubungi Veronika dapat dilakukan secara langsung melalui link yang sudah disediakan oleh Telkomsel.

Beberapa informasi yang bisa diberikan Veronika adalah jumlah kuota, membantu mengecek tagihan Halo, membeli paket dan pulsa, tukar Telkomsel Poin, mencari lokasi GraPARI, dan lain sebagainya. Nah, untuk meminta bantuan asisten virtual Veronika, kamu bisa menggunakan cara berikut.

  • Kunjungi link https://veronika.telkomsel.com/veronika
  • Tulis “Nomor Telepon” kamu
  • Cek kode verifikasi yang dikirimkan Telkomsel melalui pesan
  • Ketik “Kode OTP” tersebut dan kirim ke Veronika
  • Lanjutkan dengan mengetik “Cek Pulsa
  • Veronika akan menunjukkan berapa jumlah pulsa kamu dan masa aktifnya

Jangan khawatir, menghubungi Veronika tidak akan mengurangi pulsa yang ada di kartu Telkomsel. Akan tetapi, chat tersebut dilakukan secara online sehingga perangkat kamu harus terhubung dengan jaringan internet yang lancar. Selain itu, kamu juga bisa mengisi pulsa melalui Veronika.

Jika melihat masa aktif kartu kamu sudah cukup dekat, maka terima bantuan asisten virtual tersebut yang sudah menawarkan bantuan untuk membeli pulsa. Cukup dengan melanjutkan komunikasi dan menyampaikan segala hal yang berhubungan dengan akses kartu Telkomsel.

5. Telegram

Cara cek masa aktif Telkomsel yang terakhir adalah melalui Telegram. Aplikasi perpesanan tersebut juga bisa membantu pengguna untuk mendapatkan informasi terkait kapan masa aktif kartu Telkomsel miliknya akan berakhir. Untuk menggunakan cara ini, kamu tentu harus memiliki aplikasi Telegram.

Saat ini, Telegram juga banyak digunakan untuk bertukar pesan maupun bergabung dalam grup-grup tertentu. Secara umum, aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan WhatsApp dan juga bisa didapatkan secara gratis melalui PlayStore. Adapun cara mengecek masa aktif kartu yaitu:

  • Buka aplikasi Telegram
  • Klik “Ikon Pencarian
  • Ketik “Telkomsel Care” dan cari
  • Klik “Start” untuk memulai percakapan dengan bot Telkomsel
  • Ikuti instruksi dari bot tersebut dengan memasukkan “Nomor Telepon”
  • Lanjutkan cara yang sama dengan menghubungi veronika secara langsung

Masa aktif Telkomsel menunjukkan bahwa kartu tersebut hanya bisa digunakan hingga tanggal yang sudah tertulis. Jika tidak diperpanjang selama 30 hari, maka akan dinonaktifkan atau diblokir. Oleh karena itu, para pengguna wajib untuk mengetahui cara cek masa aktif Telkomsel.

Baca Juga: