5 Contoh Slip Gaji Karyawan dan Link Download Template Terbaru

oleh
5 Contoh Slip Gaji Karyawan dan Link Download Template Terbaru

Domainjava.com – Contoh Slip Gaji yang didapatkan para karyawan dan pegawai-pegawai tentunya akan berbeda tergantung dari perusahaannya masing-masing. Namun penulisan dan inti dari slip gaji ini akan tetap sama.

Paling tidak, perlu kamu ketahui informasi apa saja yang biasanya dimuat dalam slip gaji tiap karyawan perusahaan manapun. Untuk nantinya informasi ini bisa bermanfaat pada hari-hari kedepan untuk kamu dan orang lain.

Simak berikut ini untuk mengetahui bagaimana Contoh Slip Gaji yang dimiliki oleh beberapa perusahaan dan semacamnya. Pastikan untuk membacanya sampai akhir agar tidak ketinggalan informasi-informasi pentingnya, ya!

Apa Itu Contoh Slip Gaji?

Apa Itu Contoh Slip Gaji

Slip gaji merupakan sebuah dokumen yang dimiliki oleh semua perusahaan untuk memberitahukan informasi mengenai nominal gaji karyawannya masing-masing. Tentunya tidak semua perusahaan memiliki format slip gaji yang sama.

Dokumen ini dapat dikeluarkan oleh pihak perusahaan untuk kembali diteruskan kepada karyawan yang berhak terhadap dokumen tersebut. Semua karyawan yang bekerja dalam sebuah perusahaan pasti memiliki yang namanya slip gaji.

Biasanya, kalau perusahaan tidak mengeluarkannya, kamu dapat meminta dokumen tersebut terlebih dahulu. Namun banyak perusahaan yang memiliki prosedur cukup sulit untuk mengeluarkan slip gaji karyawannya.

Pada kenyataannya, slip gaji ini tidak begitu dibutuhkan untuk kamu yang merasa sudah baik terhadap gaji yang diberikan. Juga mengetahui rincian-rincian dari gaji yang kamu dapat.

Tetapi bagi sebagian orang, slip gaji ini penting sebagai informasi serinci-rincinya mengenai hak yang mereka dapatkan. Karena dalam slip gaji, kamu dapat mengetahui secara rinci perhitungan gaji kamu.

Mulai dari gaji kotor, hingga potongan-potongan tunjangan, insentif, bonus, reward, dan sebagainya. Rincian tersebut akan dimuat pada format slip gaji yang harusnya dapat diminta setiap bulannya.

Dengan dokumen ini, kamu juga dapat menggunakannya untuk beberapa keperluan dan kepentingan. Baik hanya digunakan sebagai arsip sendiri, melamar pekerjaan baru, mengajukan dan negosiasi gaji untuk pekerjaan baru dan sebagainya.

Bukan hanya itu, slip gaji juga biasanya diperlukan untuk mengajukan berbagai macam kredit. Seperti kredit rumah, kredit motor, mobil, dan lainnya.

Karena dengan catatan dari slip gaji tersebut, kamu akan dinilai kelayakannya dan kesanggupannya untuk membayar tangguhan kredit tersebut. Oleh karena itulah slip gaji ini adalah dokumen yang penting untuk beberapa urusan jika memang diperlukan.

Namun sebaiknya, untuk berjaga-jaga, akan lebih baik jika kamu memiliki slip gaji ini tiap bulannya. Informasi didalamnya pun akan berguna untuk kamu sendiri yang ingin mengetahui rincian jelas mengenai sistem gaji dalam perusahaan kamu bekerja.

Informasi Yang Dimuat Dalam Contoh Slip Gaji

Informasi Yang Dimuat Dalam Contoh Slip Gaji

Sebelum memberikan Contoh Slip Gaji dari beberapa perusahaan, baiknya untuk mengetahui informasi apa saja yang ada didalamnya. Hingga setelah melihat contohnya nanti, kamu dapat mengetahui apa saja yang berbeda dari contoh-contoh tersebut.

Karena memang setiap perusahaan memiliki format penulisan yang berbeda untuk slip gaji karyawannya. Jadi kamu tidak bisa hanya berpatokan pada satu Contoh Slip Gaji atau satu format saja.

Mulai dari penempatan, desainnya, hingga perhitungannya pun akan berbeda. Tidak mungkin jika setiap perusahaan memiliki format penulisan slip yang sama satu sama lain.

Akan menjadi nilai minusnya tersendiri karena bagi sebagian orang akan dinilai tidak kompeten dan meniru perusahaan lain. Terutama dalam kebijakan perusahaannya masing-masing yang menuntut adanya perbedaan format ini.

Biasanya kamu dapat memintanya melalui leader department kamu masing-masing. Atau kamu dapat menghubungi langsung staf HR dari perusahaan kamu masing-masing.

Yang mana nantinya dari atasan tersebut akan disampaikan kepada staf yang bersangkutan dan menunggu acc hingga dikeluarkan dokumennya. Silahkan coba kamu tanyakan kepada atasan kamu masing-masing untuk selengkapnya.

Secara garis besar, informasi-informasi dibawah ini adalah informasi yang paling sering ditemukan pada Contoh Slip Gaji di banyak perusahaan. Memiliki informasi yang sama, bukan berarti memiliki format yang sama juga, ya.

1. Identitas Perusahaan

Sudah pasti, informasi pertama yang harus ada pada setiap slip gaji adalah informasi mengenai identitas perusahaan. Walaupun tidak menyebutkan identitas secara spesifik dan detail.

Umunya, perusahaan hanya akan menampilkan logo masing-masing dari perusahaan mereka serta nama perusahaannya. Hanya 2 itu saja yang paling sering terlihat di beberapa Contoh Slip Gaji karyawan.

Informasi ini akan selalu kamu temukan pada Contoh Slip Gaji perusahaan manapun. Meskipun memiliki isi dan format yang berbeda, identitas perusahaan ini adalah format wajib yang harus selalu ditampilkan.

2. Informasi Karyawan

Informasi selanjutnya adalah informasi mengenai identitas karyawan. Hal ini memiliki tujuan untuk memudahkan pembukuan perusahaannya masing-masing.

Sebab banyak dari para karyawan yang memiliki slip gaji yang berbeda tiap orangnya. Sehingga dibutuhkan identitas karyawan untuk mempermudah pembuatan slip gaji ini.

Umumnya, identitas karyawan yang dimuat dalam slip gaji adalah seputar pekerjaan yang dikerjakan. Misalnya seperti NIK/NIP, department, jabatan, dan status pekerjaan.

Status pekerjaan yang dimaksud adalah seperti karyawan tetap, karyawan kontrak, magang, paruh waktu, dan sebagainya. Sebab tiap tingkatan status memiliki jumlah atau range gaji pokok yang biasanya berbeda.

Ini kembali lagi untuk memudahkan perusahaan ketika menginput jumlah gaji pokok ke dalam slip gaji karyawannya masing-masing. Untuk menghindari adanya salah input mengenai gaji pokok dan perhitungan-perhitungan lainnya.

3. Keterangan Tunjangan Dan Potongan

Dalam setiap perusahaan-perusahaan besar maupun kecil, pasti terdapat beberapa potongan yang ditangguhkan kepada gaji karyawannya. Informasi ini akan dimuat juga dalam Contoh Slip Gaji kamu nantinya.

Setiap karyawan berhak mengetahui tunjangan apa saja yang didapat dan potongan apa saja yang menjadi tanggungannya. Semakin lama karyawan bekerja, biasanya mereka akan melupakan tunjangan-tunjangan dan potongan tersebut karena menganggapnya hal biasa.

Karena informasi mengenai tunjangan dan potongan biasanya disampaikan pada saat kamu pertama kali melakukan tahapan wawancara. Itulah mengapa pentingnya mengingat semua informasi detail dan mencatat perhitungan gaji bilamana suatu saat diperlukan.

Serta hal tersebut juga dapat menjadi alasan mengapa dibuat slip gaji karyawan tiap bulannya. Penting juga untuk kamu memiliki slip gaji tersebut, untuk mencegah adanya keteledoran perusahaan untuk hak para karyawannya.

Dengan informasi tunjangan-tunjangan dan potongan ini, kamu akan mendapat perhitungannya sendiri terkait gaji bersih yang didapat. Walau pada akhirnya pun akan tetap diinformasikan mengenai hal tersebut.

4. Gaji Pokok Dan Bersih

Yang satu ini sangat-sangat dilarang terlewat untuk disampaikan dalam slip gaji. Sebab mau bagaimanapun, tujuan dari slip gaji ini adalah menginformasikan gaji yang didapat oleh karyawan setiap bulannya.

Karena terdapat tunjangan dan potongan seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka gaji pokok dan bersih biasanya akan berbeda. Mengapa begitu, karena untuk membayar tunjangan dan potongan tersebut diambil dari gaji pokok kamu.

Sehingga, wajar jika adanya perbedaan mengenai gaji pokok yang seharusnya menjadi hak kamu tetapi berbeda dengan gaji yang didapat. Jadi kamu jangan sampai salah paham dan komplain hanya karena adanya perbedaan ini.

Dalam Contoh Slip Gaji karyawan, kamu juga akan diberikan bagaimana perhitungan yang digunakan oleh perusahaan untuk membayar karyawannya. Jangan takut terjadinya kecurangan karena dengan slip gaji tersebut dapat memuat informasi rinci terhadap hal itu.

5. Periode Pembayaran

Informasi terakhir yang biasanya ditemukan adalah periode pembayaran untuk slip gaji yang ingin dikeluarkan. Periode ini biasanya dituliskan dalam kurun waktu satu bulan.

Yang mana menjadi keharusan tiap karyawan menerima gaji dari perusahaannya setiap satu bulan sekali sesuai dengan perjanjian. Jarang sekali perusahaan yang menggaji karyawannya di luar dari kurun waktu tersebut.

Biasanya kamu dapat memintanya melalui leader department kamu masing-masing. Atau kamu dapat menghubungi langsung staf HR dari perusahaan kamu masing-masing.

Yang mana nantinya dari atasan tersebut akan disampaikan kepada staf yang bersangkutan dan menunggu acc hingga dikeluarkan dokumennya. Silahkan coba kamu tanyakan kepada atasan kamu masing-masing untuk selengkapnya.

Sehingga tidak akan ada yang jauh berbeda dari format penulisan Contoh Slip Gaji pada periode ini. Sebab akan sama-sama menampilkan periode yang sama yaitu satu bulan.

Biasanya hanya akan ditemukan perbedaan dari penulisan detail periodenya. Ada beberapa perusahaan yang hanya menuliskan tahun dan bulannya saja, ada juga yang menuliskan lengkap dengan tanggalnya.

Manfaat Contoh Slip Gaji Karyawan

Manfaat Contoh Slip Gaji Karyawan

Memiliki berbagai macam manfaat yang dapat digunakan oleh para karyawannya, inilah beberapa manfaat dari slip gaji yang dapat kamu gunakan.

Biasanya kamu dapat memintanya melalui leader department kamu masing-masing. Atau kamu dapat menghubungi langsung staf HR dari perusahaan kamu masing-masing.

Yang mana nantinya dari atasan tersebut akan disampaikan kepada staf yang bersangkutan dan menunggu acc hingga dikeluarkan dokumennya. Silahkan coba kamu tanyakan kepada atasan kamu masing-masing untuk selengkapnya.

Yang namanya manfaat, sudah pasti dapat kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan dan kepentingan yang dibutuhkan. Selain itu, manfaat ini mampu memberikan dampak dan pengaruh yang besar jika kamu menggunakannya dengan baik.

Beberapa manfaat ini kurang lebih sudah kami sebutkan pada pembahasan diatas mengenai apa saja kegunaannya. Kami akan kembali menjelaskannya lebih detail mengenai manfaat tersebut.

1. Pemahaman Mengenai Gaji Masing-Masing

Kalau suatu saat orang terdekat menanyakan bagaimana perhitungan gaji yang diterapkan dalam perusahaan kamu, pastikan kamu dapat menjawabnya dengan baik. Terlebih lagi jika yang menanyakannya adalah orang tua kamu dan keluarga kamu yang lainnya.

Bukan semata-sama hanya ingin memamerkan nominal gaji yang kamu dapat saja, tetapi pamerkanlah pemahaman kamu mengenai hal tersebut. Mengenai bagaimana kamu paham terhadap perhitungannya hingga semuanya jelas.

Orang-orang terdekat kamu pun akan mengetahui apa saya yang kamu dapatkan, tunjangan apa, potongan apa, bonus berasal dari mana dll. Untuk menjadi backup kamu jika suatu saat terjadi hal yang kurang baik.

Selain itu, dengan pemahaman mengenai gaji ini, akan menambah kepercayaan kamu terhadap perusahaan lebih besar lagi. Sebab perusahaan sudah berusaha menerapkan sistem yang transparan kepada karyawan-karyawannya.

2. Mengajukan Berbagai Kredit

Penjelasan untuk yang satu ini juga sudah kami jelaskan pada pembahasan diatas yaitu sebagai persyaratan untuk mengajukan beberapa kredit. Yang dimungkinkan sebagai dasar apakah pemohon mampu membayar kredit dan cicilannya sampai perjanjian tersebut habis.

Apa yang dilihat dari Contoh Slip Gaji ini adalah besaran nominal gaji yang kamu dapatkan tiap bulannya. Sehingga akan lebih mudah bernegosiasi dan berdiskusi terhadap nominal cicilan perbulannya agar tidak memberatkan.

Jika dirasa belum mampu mengambil cicilan atau kredit, baiknya kumpulkan uang tersebut sampai terbeli apa yang diinginkan. Menurunkan sedikit ambisi dan keinginan sedikit lebih lama lagi pun tidak ada salahnya.

3. Bernegosiasi Gaji

Umumnya akan sering ditanyakan mengenai berapakah range gaji yang ingin kamu dapatkan pada perusahaan baru ketika melamar pekerjaan. Contoh Slip Gaji ini bisa dijadikan dasar untuk menentukan range gaji yang ingin kamu dapatkan pada perusahaan yang baru.

Biasanya kamu dapat memintanya melalui leader department kamu masing-masing. Atau kamu dapat menghubungi langsung staf HR dari perusahaan kamu masing-masing.

Yang mana nantinya dari atasan tersebut akan disampaikan kepada staf yang bersangkutan dan menunggu acc hingga dikeluarkan dokumennya. Silahkan coba kamu tanyakan kepada atasan kamu masing-masing untuk selengkapnya.

Selama masih pada posisi pekerjaan yang sama, maka wajar saja jika kamu mengajukan jumlah gaji yang mendekati dengan sebelumnya. Yang tentunya dapat ditentukan juga dari kemampuan dan skill yang kamu miliki pada posisi tersebut.

Jadi, gunakanlah Contoh Slip Gaji yang kamu miliki dari perusahaan sebelumnya untuk mengambil range gaji pada perusahaan selanjutnya. Tim recruiter pun nantinya akan mengerti setelah melihat rincian upah dari slip gaji tersebut.

Beberapa Contoh Slip Gaji Karyawan

Beberapa Contoh Slip Gaji Karyawan

Untuk memudahkan kamu lebih mengerti bagaimana slip gaji yang baik dan benar dari berbagai perusahaan. Berikut ini akan kami tampilkan beberapa contoh yang dapat kamu amati dan cermati.

Contoh Slip Gaji CEODisini
Contoh Slip Gaji Karyawan SwastaDisini
Contoh Slip Gaji BUMN/BUMDDisini
Contoh Slip Gaji Guru/DosenDisini
Contoh Slip Gaji Pegawai TokoDisini

Silahkan klik pada link diatas yang berwarna biru untuk menampilkan gambaran contoh dari slip gaji berbagai kategori. Langsung saja klik pada contoh yang ingin kamu lihat dan kamu perhatikan.

FAQ About Contoh Slip Gaji

Apakah Rinciannya Dipastikan Lengkap?

Dipastikan lengkap, karena yang membuatnya adalah pihak perusahaan itu sendiri. Sehingga tidak perlu lagi merasa ragu akan perhitungan yang sudah ditampilkan.

Kemanakah Meminta Slip Gaji?

Biasanya kamu dapat memintanya melalui leader department kamu masing-masing. Atau kamu dapat menghubungi langsung staf HR dari perusahaan kamu masing-masing.

Yang mana nantinya dari atasan tersebut akan disampaikan kepada staf yang bersangkutan dan menunggu acc hingga dikeluarkan dokumennya. Silahkan coba kamu tanyakan kepada atasan kamu masing-masing untuk selengkapnya.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Contoh Slip Gaji yang dapat kami sampaikan pada artikel ini. Semoga bermanfaat dan tetap semangat dalam mengerjakan pekerjaan kamu!

Simak ulasan berikut mengenai artikel – artikel seputar dunia kerja yang bisa kamu simak disini :