7 Wisata di Medan Terbaru dan Lagi Hits, Kaya Akan Sejarah

oleh
7 Wisata di Medan Terbaru dan Lagi Hits, Kaya Akan Sejarah

Medan, ibu kota Sumatera Utara ini merupakan salah satu kota terbesar di pulau Sumatera. Tidak heran kalau ada banyak objek wisata yang dapat anda kunjungi di sini. Penasaran pilihan apa saja wisata di Medan?

Kebanyakan wisata yang berada di kota Medan memiliki nilai sejarah yang kental. Jadi, Anda tidak hanya berwisata, tapi juga bisa sekaligus belajar sejarah di setiap tempatnya. Langsung saja simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui informasi wisata menarik yang ada di ibukota Sumatera Utara ini.

Rekomendasi Wisata di Medan Terbaru

1. Museum Tjong A Fie Mansion

Museum-Tjong-A-Fie-Mansion

Tjong A Fie merupakan salah seorang pedagang sukses di Medan pada akhir 1800-an hingga awal 1900-an. Karena kesuksesannya, Tjong A Fie menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di Medan pada saat itu.

Saat masa jayanya, Tjong A Fie mendirikan sebuah mansion dengan gaya campuran antara Eropa dan Cina. Sepeninggalnya, mansion tersebut dijadikan sebagai museum dan dibuka untuk umum. Pengelola memberinya nama Museum Tjong A Fie Mansion.

Museum ini berada di Jln. Ahmad Yani Nomor 105, Kesawan, Medan Barat. Anda bisa berkunjung ke sini pada hari apa saja karena memang buka setiap hari, dari pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Berapakah harga tiket masuk ke Museum Tjong A Fie Mansion? Per orangnya dikenakan biaya sebesar Rp35.000, baik anak-anak maupun orang dewasa.

2. Istana Maimun

Istana-Maimun

Kalau sedang mencari tempat wisata di Medan, sulit rasanya jika tidak merekomendasikan Istana Maimun. Bagaimana tidak, tempat wisata sejarah ini sudah menjadi ikon kebanggaan bagi Kota Medan itu sendiri.

Istana ini dulunya digunakan sebagai singgasana Sultan Deli. Menariknya, desain istana ini justru dibuat oleh tentara Kerajaan Belanda. Hal inilah yang membuat Istana Maimun memiliki desain yang unik dan indah.

Arsitekturnya sendiri menggabungkan unsur dari beberapa negara termasuk Belanda, India, Melayu, Spanyol, dan Italia. Unsur-unsur Islam juga sangat ditonjolkan di sini. Sekarang Istana Maimun difungsikan sebagai museum dan bisa Anda kunjungi setiap hari.

Namun perlu Anda catat bahwa jam bukanya di hari Jumat terbagi menjadi 2. Di pagi hari, buka dari pukul 8 hingga 12 siang. Istana Maimun ditutup selama 2 jam dan dibuka lagi pada jam 2 hingga 5 sore. Selain Jumat, jam operasionalnya mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Istana Maimun beralamat di Jln. Brigjen Katamso Nomor 66, Medan Maimun. Harga tiketnya adalah Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 untuk orang dewasa.

3. Tjong Yong Hian Gallery

Tidak hanya Tjong A Fie, Kota Medan juga punya pedagang sukses lainnya di abad 19, yaitu Tjong Yong Hian, yang merupakan kakak dari A Fie. Jika sang adik membangun sebuah mansion, kakaknya membangun taman yang kini juga difungsikan sebagai galeri.

Taman ini diberi nama Taman Kebun Bunga, tapi masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Taman Tjong Yong Hian. Awalnya, area taman ini hanyalah bagian dari rumah tinggal Yong Hian. Kemudian pada 2011, ahli warisnya meresmikan Tjong Yong Hian Gallery dan membukanya untuk umum.

Di galeri ini, Anda diajak untuk napak tilas jasa-jasa Tjong Yong Hian dalam membangun dan memajukan Kota Medan. Galeri yang ada di Jalan Kejaksaan, Medan Petisah ini buka setiap hari dari 08.00 hingga 17.00.

4. Masjid Raya Al-Mashun

Untuk Anda yang beragama Islam dan ingin berwisata religi, Kota Medan juga punya tempatnya. Namanya adalah Masjid Raya Al Mashun yang berada di Jln. Sisingamangaraja Nomor 61, Medan Kota.

Arsitektur masjid ini dirancang oleh Van Erp, salah satu tentara dari Kerajaan Belanda. Ini adalah orang yang juga merancang desain Istana Maimun.

Di Masjid Raya Al Mashun ini, Anda tidak hanya bisa beribadah, tapi juga bisa mengagumi arsitektur bangunannya. Masjid ini punya tampilan yang begitu elegan dan tampak mewah. Meski sudah berdiri lebih dari 1 abad yang lalu, Masjid Raya Al Mashun masih tampak gagah.

5. Maha Vihara Maitreya Cemara Asri

Kalau di atas sudah ada masjid, kali ini ada vihara yang juga meurpakan objek wisaya keagamaan. Namanya adalah Maha Vihara Maitreya Cemara Asri. Tempat ini terbilang cukup baru karena baru diresmikan pada 2008.

Vihara ini termasuk salah satu yang terbesar di Indonesia karena berdiri di atas tanah seluas 4,5 hektar. Bahkan pembangunannya pun memakan waktu hingga 17 tahun lamanya, lebih tepatnya sejak 1991. Dengan area yang begitu luas, vihara ini mampu menampung jemaat hingga 6.000 orang.

Selain digunakan untuk sarana beribadah, Maha Vihara Maitreya Cemara Asri ini juga dijadikan objek wisata karena punya arsitektur yang indah. Di dalamnya juga terdapat tempat bermain anak, Taman Avalokitesvara, danau, dan toko souvenir.

Lokasinya ada di Kompleks Perumahan Cemara Asri Nomor 8, Medan Estate, Deli Serdang. Meski tidak berada di Kota Medan, jaraknya hanya 8 km dan bisa ditempuh dengan berkendara kurang lebih 20 menit.

6. Wonders Water World

Wisata di Medan tidak selalu identik dengan unsur keagamaan dan sejarah. Jika Anda ingin menghabiskan liburan hanya dengan bersenang-senang, Medan juga punya Wonders Water World. Seperti namanya, tempat ini menawarkan wisata air atau waterpark.

Di dalamnya terdapat beberapa kolam yang bisa digunakan untuk berenang sekaligus bermain air. Untuk Anda yang suka menantang nyali, cobalah seluncuran raksasa yang terdapat di Wonders Water World ini.

Ada berbagai seluncuran dengan sensasi berbeda yang bisa Anda coba secara langsung. Jika ingin lebih santai, Anda bisa berkeliling kolam arus menggunakan ban yang sudah disediakan. Wonders Water World ada di Jalan Padang Golf, Medan Polonia.

Jam bukanya sendiri mulai dari 9 pagi hingga 6 sore setiap hari. Harga tiket untuk weekend ada di angka Rp60.000 per orang, sementara untuk weekdays Rp50.000. Jika Anda membeli tiket secara online, harganya lebih murah, bahkan selisihnya sampai Rp10.000.

7. Upside Down World

Kalau Anda gemar berfoto-foto, Upside Down World menjadi salah satu destinasi wisata Medan yang wajib dikunjungi. Upside Down World ini merupakan sebuah wahana dunia terbalik. Di dalamnya ada ruangan-ruangan seperti dapur, kamar tidur, dan sebagainya dengan desain yang serba terbalik.

Perabotan yang seharusnya menempel di lantai, sengaja ditempelkan ke bagian langit-langit ruangan. Sementara benda yang seharusnya berada di atas seperti lampu, panjangan, dan sebagainya justru berada di bawah ruangan.

Jika berfoto di tempat ini, seolah-olah Anda sedang berada di dunia yang terbalik. Anak-anak dan orang dewasa pasti sangat senang jika diajak ke sini. Upside Down World ada di Jalan K.H. Wakhid Hasyim Nomor 29, Medan Baru.

Untuk anak-anak, tiket masuknya adalah Rp40.000. Sementara untuk orang dewasa, harga tiket masuknya Rp80.000.

Jika Anda sekarang sedang berada di Medan atau wilayah Sumatera Utara lainnya, jangan bingung lagi jika ingin berlibur. Pilih saja salah satu tempat wisata di Medan yang sudah direkomendasikan di atas.

Baca Juga: