9 Perbedaan Windows 7 dan 10 Lengkap Berbagai Aspek

oleh
9 Perbedaan Windows 7 dan 10 Lengkap Berbagai Aspek

Untuk kamu para pengguna Windows 7 dan berkeinginan untuk melakukan upgrade ke Windows 10, pastinya harus mengetahui letak perbedaan windows 7 dan 10. Seperti yang kita ketahui bahwa Windows 7 memang menjadi sistem operasi lawas dari Microsoft.

Pada tahun 2009, Microsoft telah meluncurkan Windows 7. Sedangkan untuk Windows 10 dirilis sejak tahun 2015. Untuk keduanya mempunyai perbedaan secara signifikan. Baik itu dari fitur yang ditawarkan maupun dari segi tampilan antarmuka.

Peluncuran sistem operasi Windows pada biasanya disertai dengan adanya pengembangan fitur yang bertujuan supaya bisa membantu pengguna dalam mempermudah pekerjaan. Sama seperti antara Windows 7 dengan Windows 10 yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Perbedaan Windows 7 dan 10

Perbedaan-Windows-7-dan-10

Sebelum kamu melakukan upgrade, pastinya harus mengetahui apa saja yang membedakan antara Windows 7 dengan Windows 10. Dengan hal ini, kamu bisa mengetahui versi Windows mana saja yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini informasi selengkapnya:

1. Tampilan Start Menu

Untuk perbedaan pertama yang cukup menonjol yaitu pada bagian tampilan start menu. Untuk start default pada Windows 7 mempunyai dua kolom yaitu kolom kiri yang akan memberikan akses pada seluruh program serta beberapa alat yang lainnya.

Sementara pada kolom kanan, kamu dapat mengakses gambar profile dokumen maupun beberapa menu yang lainnya. Untuk tampilan menu start Windows 10 tentu jauh lebih kompleks karena memiliki tiga bagian. Kolom yang pertama berisi pilihan tombol daya.

Untuk kolom kedua merupakan program maupun aplikasi yang dikategorikan berdasarkan dari abjad supaya lebih mudah dalam proses pencarian. Kolom yang ketiga yaitu pada menu start Windows 10 akan memuat akses lebih banyak alat. Sementara opsi ini tidak dapat kamu jumpai pada Windows 7.

2. Kinerja dan Kecepatan Sistem

Untuk Windows 10 memberikan penawaran berupa peningkatan kinerja yang secara sengaja dibuat oleh Microsoft dibandingkan dengan Windows 7. Untuk Windows 10 tersebut mempunyai navigasi dan waktu boot yang lebih cepat.

Tidak sampai di situ saja, jika dilihat dari segi manajemen daya, pastinya Windows 10 jauh lebih baik dibandingkan dengan Windows 7. Dari sini, pengembang memang melakukan analisa hal apa saja yang perlu diperbaiki. Termasuk dari segi kecepatan maupun sistem kinerja.

3. Update Otomatis

Peluncuran dari Windows 10 dapat dijadikan sebagai media bagi Microsoft supaya bisa menciptakan keamanan lebih serius. Cara ini diwujudkan dengan adanya sistem pembaruan yang dilakukan secara otomatis.

Walaupun demikian, opsi pembaruan dari sistem inilah masih dapat diatur sesuai kebutuhan dari para penggunanya.

4. Control Panel dan Fungsi Windows Setting

Perlu diketahui bahwa perbedaan windows 7 dan 10 selanjutnya yaitu terletak di bagian control panel beserta fungsi Windows setting. Untuk Windows setting ini tidak tersedia pada Windows 7.

Mengingat bahwa sebagian besar tindakan yang berhubungan dengan program maupun aplikasi akan dijalankan oleh sistem dan bisa diakses melalui control panel. Sedangkan fitur control panel ini dapat ditemukan hanya pada Windows 10.

Meskipun pada dasarnya masih tetap bisa ditemukan pada Windows 7, akan tetapi untuk tampilan fitur control panel yang ada pada Windows 10 sudah mengalami perubahan. Untuk tampilan control panel pada Windows 7 memberikan penampilan akun pengguna.

5. Fitur Cortana

Cortana adalah fitur asisten pribadi yang telah diluncurkan oleh Microsoft. Tujuannya supaya lebih mempermudah produktivitas pengguna. Untuk fitur ini sangat disayangkan tidak tersedia pada Windows 7, karena baru diluncurkan di Windows 10 saja.

Untuk Windows 10, Cortana ini telah terintegrasi secara penuh untuk pengalaman desktop. Sehingga secara tidak langsung kamu dapat berinteraksi bersama dengan Cortana. Caranya melalui perintah suara, apabila perangkat PC yang kamu gunakan tersebut mempunyai mikrofon internal.

6. Penambahan Fitur Baru

Kamu bisa melihat perbedaan windows 7 dan 10 di bagian fitur terbaru yang diluncurkan. Pada Windows 7 memiliki asisten digital, fungsinya seperti Google assistant atau siri pada pengguna Apple. Fitur inilah yang bisa dengan mudah kamu jumpai pada taskbar maupun terintegrasi pada start menu.

Untuk pengguna Windows 10 dapat secara langsung mencari informasi melalui internet. Akan tetapi hasil pencariannya memang belum maksimal, karena hanya akan tampil pada mesin pencarian Bing saja.

7. Sinkronisasi

Windows 10 telah menciptakan fitur berupa sinkronisasi antar perangkat. Baik itu perangkat tablet, komputer, laptop atau Xbox. Sedangkan Windows 10 akan memberikan keunggulan berupa sinkronisasi antar perangkat yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Windows sebelumnya.

8. Aplikasi Bawaan dan Update

Aplikasi bawaan yang sudah terinstal bersamaan pada Windows 10 memang jauh lebih banyak dibandingkan dengan Windows 7. Contohnya adanya maps, kalender and mail. Ada juga sejumlah aplikasi bawaan lainnya. Hal ini tidak hanya aplikasi game yang terinstall saja.

Akan tetapi kamu sebagai pengguna juga bisa menemukan versi yang lebih lengkap. Namun sebelumnya harus mendownload pada Windows store apabila berkeinginan untuk memainkannya. Penggunaan Windows 10 sudah memiliki dukungan berupa directx12.

Memang secara otomatis, keberadaan dari Windows 10 sudah melakukan update. Namun sebaiknya berhati-hati apabila kuota terbatas karena untuk update otomatis dapat dinonaktifkan.

9. Keamanan

Jika dilihat dari segi keamanan, Windows 10 pastinya jauh lebih unggul dari Windows 7. Hal ini dikarenakan untuk Windows 10 sudah memperoleh sistem keamanan bawaan yang berupa antivirus yang disebut sebagai Windows defender.

Keberadaan dari antivirus ini secara otomatis sudah terpasang ketika OS dipasang ke PC. Sehingga kamu tidak perlu terproteksi tambahan lainnya, apabila sudah merasa aman dengan penggunaan antivirus bawaan yang diberikan oleh Windows 10.

Berbeda dengan Windows 7 yang memiliki sistem keamanan kurang kuat dibandingkan dengan Windows 10. Artinya ketika kamu ingin menjaga keamanan Windows 7 dari serangan virus, kamu harus melakukan penginstalan aplikasi antivirus dengan sendirinya atau manual.

Banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menjaga perangkat supaya tetap aman dan terbebas dari serangan virus.

Windows 7 dan 10, Mana yang Lebih Produktif?

Windows-7-dan-10,-Mana-yang-Lebih-Produktif?-

Banyak pengguna Windows yang merasa dilema dalam menentukan pilihan antara Windows 7 dan Windows 10. Memang di antara keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna.

Pada intinya, antara Windows 7 dan Windows 10, mana yang lebih efektif, kembali lagi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Jika kamu adalah pengguna perangkat pc yang tidak ingin ribet dan bukan seorang gamer, maka menggunakan Windows 7 dianggap sudah produktif.

Akan tetapi, jika kamu terbiasa bermain game di komputer dan kamu adalah seorang gamers, maka direkomendasikan agar menggunakan Windows 10.

Windows memang menjadi sistem operasi OS yang berasal dari buatan Microsoft. Hal ini bisa secara kompatibel dengan beragam perangkat lebih dari satu. Untuk saat ini memang sudah banyak pihak developer aplikasi yang berusaha untuk membangun aplikasi-aplikasi lain berbasis Windows.

Alasan inilah yang membuat pengembang Microsoft terus menerus berusaha melakukan upgrade agar menciptakan fitur sesuai yang diinginkan. Termasuk keberadaan Windows 7 dan Windows 10.

Mengenai informasi perbedaan windows 7 dan 10 seperti penjelasan di atas, diharapkan kamu bisa melihat versi mana yang produktif untuk kamu gunakan.

Baca Juga: