Scroll untuk baca artikel
Wawasan

Arti Buah Tangan Menurut KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia

7
×

Arti Buah Tangan Menurut KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sebarkan artikel ini

Arti Buah Tangan Menurut KBBI – Istilah “buah tangan” merupakan salah satu kata yang memiliki makna yang kaya dan beragam dalam Bahasa Indonesia, seperti yang tercatat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Makna-makna yang terdapat dalam istilahBuah Tangan mencerminkan berbagai konteks penggunaan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam situasi formal maupun informal. Artikel ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang tiga makna utama dari “buah tangan” sesuai dengan KBBI serta bagaimana penggunaannya dalam berbagai situasi.

Iklan
Baca Lanjutan Artikel

Pentingnya Memahami Makna “Buah Tangan”

“Buah tangan” bukan hanya sekadar kata-kata, tetapi juga mencerminkan budaya penghargaan, keramahan, dan perhatian dalam berbagai interaksi sosial. Dengan memahami secara mendalam tentang tiga aspek penggunaan kata ini, pembaca dapat mengeksplorasi cara-cara di mana konsep ini memperkaya komunikasi dan hubungan antarmanusia.

Baca Artikel Lainnya  Karakteristik Orang yang Lahir di Hari Minggu Wage

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan dengan jelas setiap arti “buah tangan” dan memberikan contoh konkret untuk mengilustrasikan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembaca akan dapat lebih menghargai dan menggunakan istilah ini dengan tepat dalam berbagai konteks sosial dan budaya.

Mengenal Makna “Buah Tangan” Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah “buah tangan” memiliki tiga arti yang berbeda, masing-masing mencerminkan konteks dan penggunaan yang beragam dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang makna-makna tersebut serta bagaimana istilah ini digunakan dalam berbagai konteks.

Arti Buah Tangan Pertama: Hasil Pekerjaan yang Telah Dilakukan

Arti pertama dari “buah tangan” adalah sebagai hasil pekerjaan yang telah dilakukan. Istilah ini sering kali digunakan dalam konteks pekerjaan atau proyek yang selesai dan menghasilkan suatu produk atau layanan. Contoh penggunaan:

Baca Artikel Lainnya  Bagaimana Anda Selama Ini Melihat dan Merasakan Peran Supervisi Akademik dalam Proses Pengembangan Diri Anda
  • Contoh: “Dia memberikan buah tangan berupa laporan yang sudah disiapkan untuk rapat besok.”

Arti Buah Tangan Kedua: Barang yang Dibawa dari Suatu Tempat ke Tempat Lain

Arti kedua dari “buah tangan” adalah barang atau benda yang dibawa dari suatu tempat ke tempat lain, biasanya untuk diberikan kepada orang lain sebagai hadiah atau tanda perhatian. Contoh penggunaan:

  • Contoh: “Ketika berlibur ke luar negeri, dia membawa buah tangan berupa cokelat untuk keluarga di rumah.”

Arti Buah Tangan Ketiga: Oleh-oleh atau Suvenir

Arti ketiga dari “buah tangan” adalah oleh-oleh atau suvenir, yaitu barang khas dari suatu tempat yang dibawa pulang sebagai kenang-kenangan atau untuk diberikan kepada orang lain. Contoh penggunaan:

Baca Artikel Lainnya  Arti Tobrut Adalah? Makna dan Penggunannya
  • Contoh: “Dari perjalanan bisnisnya ke Bali, dia membawa buah tangan berupa kerajinan tangan untuk koleganya di kantor.”

Kesimpulan

Dengan memahami tiga arti yang berbeda dari istilah “buah tangan” sesuai dengan KBBI, kita dapat melihat bagaimana kata ini memiliki fleksibilitas dalam penggunaannya dalam berbagai situasi. Dari hasil pekerjaan yang telah dilakukan, barang bawaan dari suatu tempat ke tempat lain, hingga oleh-oleh atau suvenir, “buah tangan” mencerminkan nilai penghargaan, perhatian, dan keramahan dalam budaya dan interaksi sosial kita sehari-hari.

Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News