Apa Itu Verifikasi Meta, Manfaat, dan Tarif Langganan 2023

oleh
Apa Itu Verifikasi Meta, Manfaat, dan Tarif Langganan 2023

Domainjava.com – Perusahaan Meta menghadirkan fitur baru untuk media sosial Instagram dan Facebook bernama Verifikasi Meta. Ketahui apa itu Verifikasi Meta beserta dengan keunggulannya dari fitur yang sudah ada sebelumnya.

Berbagai perusahaan media sosial kini mulai aktif merilis beragam fitur baru. Beberapa waktu lalu, Twitter merilis fitur Twitter Blue. Adapun fitur ini merupakan layanan premium yang difungsikan untuk memperoleh akun terverifikasi atau centang biru.

Selain mendapatkan centang baru, pengguna juga bisa mendapatkan beberapa fasilitas eksklusif dengan fitur tersebut. Hanya saja untuk bisa menggunakannya, setiap pengguna harus membayar uang langganan.

Seakan tidak mau kalah, Meta sebagai perusahaan induk yang menaungi Instagram, Facebook, dan WhatsApp juga meluncurkan fitur serupa. Mereka menamainya dengan Verifikasi Meta. Namun apa itu Verifikasi Meta dan seperti apa manfaatnya? Untuk mengetahuinya, berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Verifikasi Meta

apa itu verifikasi meta

Verifikasi Meta sebenarnya mirip dengan fitur yang ditawarkan oleh Twitter Blue. Fitur ini merupakan salah satu fitur premium yang berbayar dan menghadirkan berbagai keuntungan lain. Diketahui, fitur verifikasi ini sudah rilis pada Februari 2024 lalu.

Seperti namanya, Verifikasi Meta berfungsi sebagai layanan yang menawarkan akun terverifikasi atau centang biru. Sebelumnya, fitur ini tidak dipungut biaya. Setiap pemilik akun yang ingin media sosialnya terverifikasi hanya perlu mengajukan ke pihak Instagram atau Facebook tanpa biaya sepersen pun.

Sayangnya kini setiap pengguna yang ingin memiliki centang biru, harus membayarkan uang langganan dengan jumlah tertentu. Pasalnya, Meta telah membuat dan mengembangkannya menjadi fitur premium.

Akan tetapi keuntungannya bukan hanya akun media sosial yang terverifikasi, melainkan juga mendapatkan sejumlah fitur tambahan dan eksklusif. Selain itu, fitur Verifikasi Meta juga memberikan kesempatan yang lebih banyak bagi orang untuk mendapatkan akses centang biru.

Dalam postingan Facebook pribadi, CEO Meta Mark Zuckerberg menyebut bahwa timnya sedang berusaha mengembangkan fitur terbaru tersebut. Dia juga berjanji untuk merilis Verifikasi Meta secara global sehingga bisa dinikmati oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Pasalnya ketika pertama rilis, fasilitas ini hanya dapat dinikmati di Selandia Baru serta Australia, lalu meluas hingga Amerika Serikat.

Manfaat Pakai Fitur Verifikasi Meta

Setelah mengetahui apa itu Verifikasi Meta, kamu juga perlu mengetahui keunggulan yang ditawarkan olehnya. Hal ini juga yang akan menjadi pembeda dengan versi sebelumnya yang belum memiliki fitur premium tersebut. Berikut ini beberapa keuntungan Verifikasi Meta yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

  • Dapat lencana centang biru
  • Dapat perlindungan dari akun tiruan
  • Dapat stiker eksklusif
  • Visibility serta jangkauan audiens bisa lebih luas
  • Mendapatkan akses layanan pelanggan manusia bukan bot
  • Dapat 100 bintang per bulan untuk dibagikan ke akun kreator yang digemari (khusus Facebook)

Syarat Daftar Verifikasi Meta

Ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan olehmu jika tertarik untuk menggunakan fitur Verifikasi Meta. Ketentuan ini wajib diketahui agar kamu tidak mendapatkan penolakan dari pihak Meta. Pasalnya, mereka masih akan meninjau akun terlebih dahulu sebelum memberikan lencana biru. Adapun syarat Verifikasi Meta sebagai berikut:

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Punya riwayat postingan sebelumnya (akun baru tidak bisa mendaftar Verifikasi Meta)
  • Memberikan tanda pengenal resmi

Namun perlu diketahui saat ini fitur Verifikasi Meta baru berlaku untuk akun perorangan bukan bisnis. Walau begitu akun bisnis yang sebelumnya sudah mendapatkan centang biru tidak akan kehilangan lencana mereka. Mereka hanya tidak mendapatkan beberapa fitur dari Verifikasi Meta.

Biaya Langganan

verifikasi meta

Untuk mendapatkan fitur tersebut, kamu harus rela mengeluarkan uang per bulan sebagai biaya langganan. Hal ini karena Verifikasi Meta merupakan fitur premium. Adapun untuk berlangganan, setiap akun yang mendaftar akan dikenakan biaya yang berbeda, tergantung dengan media yang digunakan.

Jika kamu berlangganan Verifikasi Meta untuk membuka Instagram dan Facebook versi web, maka biaya langganannya akan jauh lebih murah, yakni Rp182 ribu per bulan. Akan tetapi, jika belangganan untuk versi iOS akan dikenakan biaya sebesar Rp227 ribu setiap bulannya.

Cara Konfirmasi Akun Verifikasi Meta di IG dan Facebook

Setelah membeli Verifikasi Meta, pengguna wajib untuk mengirimkan profil terdaftar untuk mengonfirmasi telah memenuhi syarat layak dari Instagram atau Facebook. Proses verifikasi diketahui membutuhkan waktu hingga 48 jam atau lebih.

Setelah proses verifikasi dimulai, pengguna tidak akan dapat mengubah nama, gambar profil, dan tanggal lahir akun yang didaftarkan. Apabila pendaftar kemudian menggunakan informasi palsu atau menyesatkan selama proses verifikasi, proses tersebut dapat dibatalkan lalu Facebook atau Instagram dapat mengambil tindakan lebih lanjut terhadap akun pengguna.

Setelah pengguna menyelesaikan proses verifikasi, Facebook atau Instagram akan mengirimkan notifikasi dalam waktu minimal 48 jam. Pengguna bisa dibekali dengan tautan menuju pusat bantuan terkait platform mereka mengenai keputusan dari Facebook maupun Instagram.

Jika profil pendaftar tidak berhasil terverifikasi pada percobaan pertama dan tidak mencoba lagi, maka uang langganan yang sudah dibayarkan akan dikembalikan oleh pihak Meta. Pengguna pun kemudian bisa mengajukan ulang permohonan verifikasi pada akun media sosial mereka setelah pengembalian dana berhasil.

Jika kamu tertarik untuk mendaftar Verifikasi Meta, maka kamu harus membeli dulu fitur tersebut. Berikutnya, kamu bisa melihat langkah-langkah verifikasi selengkapnya di bagian pengaturan Facebook dan Instagram dengan cara klik Pusat Akun dan pilih Verifikasi Meta

Itulah penjelasan mengenai apa itu Verifikasi Meta beserta dengan syarat daftar dan biaya langganan. Jadi apakah kamu tertarik mencoba?

Baca Juga: