13 Aplikasi Nonton Anime Gratis di PC dan HP Sub Indo, Lengkap

oleh
13 Aplikasi Nonton Anime Gratis di PC dan HP Sub Indo, Lengkap

Apakah kamu suka menonton anime? Well, ada banyak platform untuk menonton anime, bisa di televisi misalnya. Kalau di televisi terbatas, kamu bisa menontonnya di aplikasi nonton anime, yang mana sangat banyak, variatif pula tontonannya.

Siapa sih yang tidak suka dengan anime? Anime memang salah satu tontonan yang paling disukai, ada banyak judul anime populer seperti Attact on Titan. Nah, kamu bisa menonton anime tersebut secara online sekarang, yaitu lewat aplikasi.

Artikel ini akan membahas khusus apa saja aplikasi nonton anime yang bisa kamu gunakan. Sebagian aplikasi tersedia di Google Play, namun jika tidak, kamu bisa download di sumber pihak ketiga. Tenang saja, kebanyakan aplikasi tonton anime gratis, kamu tidak perlu berlangganan bulanan.

Aplikasi Nonton Anime Terbaik 2023

Sekarang, kamu bisa menonton anime sepuasmu, berkat aplikasi nonton anime terbaik di bawah ini. Mereka menyediakan link untuk streaming ratusan bahkan ribuan judul anime, yang baru-baru saja terbit maupun yang sudah lama.

Ada anime yang sudah tamat, ada pula  anime yang masih on going alias berlangsung. Kebanyakan telah menerjemahkan anime tersebut ke dalam Bahasa Indonesia, jadi kamu bisa memahaminya  dengan sangat  baik.

1. Anime Lovers

Anime-Lovers

Pertama, ada Anime Lovers, aplikasi untuk menonton anime yang super lengkap. Memang, kamu bisa menemukan judul anime apa saja di sini, seperti One Piece, Naruto, Boruto, Bleach dan masih banyak lagi. Ada genre anime yang lengkap, bisa kamu cari sesuai dengan selera.

Pastinya, anime yang tersedia di Anime Lovers sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia ya. Jadi, ketika kamu menontonnya, akan ada subtitle Bahasa Indonesia, memudahkanmu untuk memahami dialog dan jalan cerita dari anime tersebut.

Tersedia beberapa opsi resolusi pemutaran, mulai dari 144p sampai 4K, tergantung kemampuan dan spesifikasi HP. Kamu bisa menontonnya langsung, atau download videonya ke memori internal/eksternal untuk menontonnya secara offline.

Agar lebih hemat, memang disarankan untuk download videonya, terutama ketika tersambung dengan WiFi. Anime Lovers memang bisa memakan banyak data seluler, apalagi jika kamu menonton atau download video dalam kualitas yang bagus.

2. Crunchyroll

Crunchyroll

Berikutnya ada Crunchyroll, aplikasi nonton anime yang sangat populer di kalangan pecinta anime secara global. Melalui aplikasi ini, hasratmu untuk menonton anime akan terpuaskan, karena ada sekitar 25 ribu episode anime dari berbagai judul.

Bahkan mungkin saja bisa bertambah lebih banyak, karena aplikasi ini rutin memperbarui anime yang sedang on going alias berlangsung. Selain anime lama seperti One Piece, yang memang memiliki episode panjang, akan selalu ada anime terbaru setiap tahunnya.

Menariknya, kamu bisa menikmati semua konten di dalam aplikasi ini dengan gratis, tanpa harus berlangganan terlebih dahulu. Padahal, banyak aplikasi sejenis, yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan agar bisa mengakses konten di dalamnya.

Sayangnya, aplikasi ini belum tersedia di platform resmi, alias Google Play. Namun kamu tetap bisa download aplikasinya kok, banyak yang membagikan link download-nya di internet. Namun, pastikan kamu telah menggunakan Android 4.0 atau di atasnya untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

3. Anime TV

Berikutnya ada Anime TV, aplikasi nonton anime terlengkap yang juga kami rekomendasikan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menonton anime sub Indonesia. Jadi, kamu bisa memahami jalan cerita serta dialog antar tokoh di anime tersebut.

Pastinya, Anime TV juga menyediakan link streaming anime yang lengkap. Kamu bahkan bisa mengunduh setiap episode dari anime tersebut dan menyimpannya memori internal/eksternal. Tersedia berbagai format dan resolusi video, yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi ini dikembangkan oleh KIKU Group, dan bisa kamu nikmati secara gratis, tidak perlu berlangganan bulanan. Semua judul anime di dalamnya bisa kamu akses, tidak ada yang terkunci, bisa kamu tonton kapan dan di mana saja.

Agar kuota internet tidak tekor, disarankan untuk menonton atau download anime ketika tersambung dengan WiFi. Anime TV belum tersedia di Google Play, namun kamu bisa download langsung di website resmi mereka, yang butuh minimal Android 5.0 atau di atasnya.

4. Netflix

Sekarang kita akan membahas aplikasi nonton video, namun berbayar, namanya adalah Netflix. Ini adalah layanan video on demand, yang tidak hanya menayangkan film dan serial saja, namun juga anime terbaru maupun lama.

Aplikasi ini memang berbayar, namun layanan yang akan kamu dapatkan akan sangat worth it. Kamu bisa berlangganan bulanan dengan membayar sekitar Rp65.000. Dengan uang tersebut, kamu bisa mengakses semua konten di dalamnya sepuasnya.

Netflix menayangkan anime yang berasal dari Jepang, termasuk anime orisinal. Di sini, kamu juga bisa  menonton ratusan judul dan serial televisi menarik dari berbagai negara. Bahkan, banyak pula film dan serial televisi orisinal yang diproduksi oleh Netflix sendiri.

Jangan khawatir, Netflix telah menyediakan subtitle dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Karena itu, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa memahami alur cerita maupun dialog antar tokoh, karena sudah tersedia subtitle di layar bagian bawah.

5. Funanime

Bicara tentang aplikasi nonton anime terbaik, salah satunya jelas Funanime. Pasalnya, aplikasi ini memang menyediakan daftar anime super lengkap untuk kamu tonton dengan gratis. Mereka juga sering update anime keluaran terbaru, jadi kamu tidak akan ketinggalan.

Sebenarnya, anime adalah konten berbayar, jika kamu mengaksesnya dari aplikasi legal. Namun, Funanime bukan salah satunya, karena ini memang termasuk aplikasi yang ilegal. Karena ilegal, tentu konten yang awalnya berbayar bisa menjadi gratis.

Tentunya, aplikasi ini akan sangat cocok untukmu, yang tidak memiliki dana untuk berlangganan bulanan. Sekarang, meski sedang tidak punya uang, kamu tetap bisa menonton anime favorit nan lengkap dengan gratis sampai kapan pun.

Aplikasi ini tidak tersedia di Google Play tentu saja, namun kamu masih tetap bisa mengunduhnya. Caranya sangat mudah, kamu tinggal mencari link download-nya di Google. Sudah banyak yang membagikan link download Funanime, pilih platform di urutan teratas.

6. Wakanim

Kemudian ada Wakanim, aplikasi nonton anime yang populer di kalangan pecinta anime, Indonesia maupun global. Bukan tanpa alasan, karena Wakanim memiliki daftar anime yang sangat lengkap, dan sudah dilengkapi pula dengan subtitle Bahasa Indonesia.

Berkat subtitle tersebut, kamu bisa memahami anime tanpa masalah, meski mereka menggunakan Bahasa Jepang. Kamu pun bisa menonton anime yang sudah di-dubbing, entah ke dalam Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia. Terserah ingin menonton yang mana, meski banyak yang suka anime dengan sub.

Ini termasuk aplikasi nonton anime yang cocok untuk penggemar anime pemula. Biasanya, mereka belum memiliki anime favorit untuk diikuti. Namun, mereka bisa mencari anime sesuai dengan genre yang mereka favoritkan, seperti romansa, petualangan, harem dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini memiliki ukuran download yang kecil, hanya 7.8MB, pastinya ringan dan tidak akan membebani RAM. Untuk bisa download dan memasangnya, kamu harus memiliki Android 4.4 atau di atasnya. Jika tertarik dengan Wakanim, kamu bisa download langsung di Google Play ya.

7. Animeindo

Aplikasi nonton anime gratis yang wajib kamu coba berikutnya adalah Animeindo. Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, Animeindo juga memiliki koleksi anime terlengkap. Kamu bebas mencari anime berdasarkan judul, atau genre yang kamu gemari.

Menonton anime di aplikasi ini termasuk menguntungkan, karena kamu tidak harus berlangganan bulanan. Konten-konten di dalamnya memang bisa kamu akses secara gratis, bahkan sampai selamanya. Jadi, kamu tidak akan kehabisan tontonan anime sampai kapan pun.

Animeindo memiliki tampilan segar dan ramah pengguna, tidak akan membingungkan siapa pun, bahkan pengguna pemula. Menariknya, pengguna bisa memilih warna tema sesuai dengan selera mereka, alias kustomisasi tampilan dengan bebas.

Ada fitur bookmark yang memudahkan pengguna untuk menyimpan anime yang akan ditonton di masa depan. Pastinya, banyak opsi resolusi yang bisa dipilih, yang paling bagus adalah Full HD, membuat acara menonton anime terasa semakin memuaskan.

8. Bilibili

Aplikasi ini juga termasuk aplikasi nonton anime yang tidak kalah menarik dan populer. Bilibili memang sangat terkenal dan banyak digunakan jutaan pecinta anime. Alasan utamanya tentu daftar animenya yang super lengkap, mulai dari One Piece, Boruto, Jujutsu Kaisen, Kimetsu no Yaiba dan lain sebagainya.

Jika kamu tidak menemukan anime yang kamu sukai di halaman utama, kamu bisa mencarinya berdasarkan judul anime tersebut. Jika sedang buntu dan tidak tahu anime apa yang ingin ditonton, kamu bisa mencarinya berdasarkan genre.

Selain daftar animenya yang lengkap, semua anime sudah diterjemahkan sehingga memiliki subtitle Bahasa Indonesia yang mudah dipahami. Kamu pun bisa mengganti subtitle ke Bahasa Inggris, terserah sesuai kebutuhan.

Sayangnya, Bilibili bukanlah aplikasi legal, alias tidak berasal dari Google Play. Karena itu, risikonya tinggi untuk download dan menggunakan aplikasi ini. Meski tidak ada kejadian yang tidak mengenakkan, namun kamu tetap harus hati-hati dan waspada.

9. Vunime

Vunime adalah aplikasi nonton anime legal, karena jelas-jelas aplikasi ini tersedia di sumber resminya, yakni Google Play. Karena itu, kamu tidak perlu khawatir ketika menggunakan aplikasi ini, karena asal-usulnya yang jelas dan legal.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa menonton anime lawas maupun terbaru dengan gratis. Ada ratusan sampai ribuan judul anime yang bisa kamu temukan di sini, semaunya sudah tersedia dalam subtitle Bahasa Indonesia yang mudah dipahami.

Kamu bisa menyortir anime berdasarkan tahun rilis, genre, rating sampai alfabet. Pencarian yang kamu lakukan pun akan akurat dan relevan sesuai dengan kata kuncinya. Jadi, kamu akan menemukan anime yang kamu cari dengan cepat dan mudah.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur download. Maksudnya, kamu bisa download anime dari Vunime dan menyimpannya ke perangkat. Ini sangat bagus untuk menghemat kuota, karena kamu bisa menonton anime tersebut secara offline, tidak perlu menggunakan koneksi internet.

10. Youtube

Jangan salah, kamu pun bisa menonton anime di Youtube. Youtube memang platform terbaik untuk menonton video yang lengkap. Kamu bisa menonton video apa saja di sini, mulai dari game, musik, edukasi, trailer film sampai anime.

Ya, banyak Youtuber yang membagikan anime di Youtube, ada yang seluruhnya atau sebagian saja. Sebenarnya, ini menyalahi aturan Youtube, namun siapa yang peduli, karena tetap banyak yang melakukan hal ilegal seperti ini.

Yang diuntungkan tentu penonton, seperti kamu, karena bisa menonton anime dengan gratis. Namun ingat, tidak semua anime bisa kamu temukan di sini, terutama yang full. Jika pun ada, pasti hanya potongan-potongan alias tidak utuh.

Apa pun itu, tentu lebih baik daripada tidak menonton anime  sama sekali, karena hanya dengan Youtube, anime pun tetap bisa ditonton. Cara ini cocok untukmu yang tidak bisa menambah aplikasi lagi, karena keterbatasan device yang kamu miliki.

11. iQIYI

Apakah kamu suka menonton Drama Korea sekaligus anime? Jika iya, aplikasi yang paling cocok kamu gunakan adalah iQIYI. Sejak lama, iQIYI dikenal sebagai platform untuk menonton Drama Korea yang lengkap dan legal.

Selain itu, kamu pun bisa menonton anime di sini, yang tidak kalah lengkap. Beberapa judul anime yang bisa kamu tonton di iQIYI adalah Demon Slayer, Attack on Titan, My Hero Academia, Jujutsu Kaisen dan masih banyak lagi.

Namun, kamu harus berlangganan untuk bisa menikmati konten di iQIYI dengan lengkap. Sebenarnya, tidak langganan pun tidak masalah, karena ada konten gratis, namun tentu tidak memuaskan seperti pengguna premium.

Jangan khawatir, biaya langganan iQIYI setiap bulannya pun cukup terjangkau, hanya sekitar Rp30.000 saja. Kamu pun bisa cancel langganan kapan pun kamu mau, tidak ada ikatan sama sekali. Jika tertarik, kamu bisa download iQIYI dengan gratis, sudah tersedia di Google Play maupun App Store.

12. Vidio

Berikutnya ada Vidio, aplikasi yang menayangkan video on demand, berisi film, serial televisi orisinal sampai anime. Vidio memang bukan aplikasi yang khusus menayangkan anime. Namun jangan salah, karena daftar anime di dalamnya cukup lengkap dan up to date.

Kamu bisa menonton Naruto, Demon Slayer, One Piece, My Hero Academia, Chainsaw Man dan masih banyak lagi. Sayangnya, kamu harus berlangganan untuk mengakses semua fitur di Vidio tanpa terkecuali. Harganya sebenarnya terjangkau, hanya sekitar Rp30.000 setiap bulan.

Aplikasi nonton anime juga menayangkan acara olahraga secara live, mulai dari sepak bola, basket, voli, F1, MotoGP dan lain sebagainya. Aplikasi ini sudah tersedia di multiplatform, mulai dari Android, iOS, komputer sampai SmartTV.

13. Disney Hotstar

Terakhir, ada Disney Hotstar, aplikasi nonton anime yang juga sangat direkomendasikan. Aplikasi ini mirip dengan Netflix atau Vidio, yakni aplikasi berbayar. Memang ada konten yang gratis, namun kamu harus berlangganan bulanan untuk menikmati konten secara full.

Kamu tidak hanya bisa menonton anime di sini, namun juga film, serial bahkan dokumentasi. Kalau kamu pecinta anime, kamu bisa menonton anime terkenal seperti Attack on Titan, The Faraway Paladin dan lain sebagainya.

Lalu, berapa biaya langganan Disney Hotstar? Sebenarnya, biasa langganan aplikasi ini tidak semahal yang kamu bayangkan, yakni hanya Rp39.000. Dengan uang tersebut, kamu bisa mendapatkan hiburan unlimited yang selalu update.

Menonton anime menjadi hiburan bagi banyak orang, beruntungnya ada banyak aplikasi nonton anime yang tersedia. Aplikasi-aplikasi di atas adalah beberapa yang terbaik, meski ada juga aplikasi nonton anime yang lainnya.

Ada aplikasi yang legal, ilegal, gratis maupun berbayar, pilih saja sesuai dengan kebutuhanmu. Disarankan untuk menggunakan aplikasi yang legal meski berbayar, karena selain aman, kamu tidak akan merugikan pencipta anime tersebut.

Baca Juga: