Apa Itu EFIN Pajak Pribadi? Begini Cara Mendapatkannya

Apa Itu EFIN Pajak Pribadi? Begini Cara Mendapatkannya

Apa Itu EFIN Pajak Pribadi? Begini Cara Mendapatkannya

EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah nomor identifikasi yang diperlukan bagi para pemenuh pajak untuk mengirimkan pengembalian pajak mereka secara elektronik. Di Indonesia, EFIN Pajak Pribadi menjadi penting dalam proses pelaporan pajak secara online, mempermudah dan mempercepat proses pengembalian pajak bagi wajib pajak.

Pengertian EFIN Pajak Pribadi

EFIN merupakan nomor unik yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada individu atau wajib pajak yang ingin mengirimkan pengembalian pajak mereka secara elektronik. Penggunaan EFIN ini menjadi standar dalam era digitalisasi administrasi pajak di Indonesia, memungkinkan wajib pajak untuk melakukan pelaporan dengan lebih efisien dan akurat.


Manfaat EFIN Pajak Pribadi

Penggunaan Electronic Filing Identification Number (EFIN) sangat penting dalam proses pelaporan pajak modern. Pertama, EFIN memberikan efisiensi bagi wajib pajak dengan memungkinkan mereka untuk mengirimkan pengembalian pajak secara online tanpa perlu mengunjungi kantor pajak fisik. Hal ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga mengurangi kerumitan administratif yang terkait dengan pelaporan secara konvensional.

Selain itu, aspek keamanan dalam penggunaan EFIN tidak dapat diabaikan. Sistem ini dilengkapi dengan protokol keamanan yang ketat, memastikan bahwa informasi sensitif wajib pajak terlindungi dari akses yang tidak sah. Ini memberikan kepercayaan tambahan bahwa data pajak yang dikirimkan secara elektronik aman dan terjaga privasinya.

Manfaat lainnya dari penggunaan EFIN adalah pengurangan kesalahan dalam pengisian formulir pajak. Dengan proses yang lebih terstruktur dan terotomatisasi, sistem EFIN membantu menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam pelaporan manual. Hal ini berkontribusi pada meningkatkan akurasi dan kepatuhan dalam pengajuan pajak.


Syarat untuk Mendapatkan EFIN

Untuk mendapatkan EFIN Pajak Pribadi, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh wajib pajak:

  1. Status Wajib Pajak

    Wajib pajak harus sudah terdaftar dan memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP).

  2. Memiliki E-Billing

    Wajib pajak harus sudah terdaftar dan aktif menggunakan layanan e-billing di situs resmi DJP atau melalui aplikasi mobile resmi DJP.

  3. Memahami Panduan

    Memahami panduan yang telah ditetapkan oleh DJP terkait dengan penggunaan EFIN.


Cara Mendapatkan EFIN

Berikut ini adalah cara mendapatkan efin pajak pribadi:

  1. Login ke website https://www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-efin kemudian isi formulir registrasi pengajuan EFIN

  2. Foto formulir yang telah terisi lengkap

  3. Kemudian, wajib pajak bisa melakukan swafoto dengan memegang KTP asli serta NPWP asli. Ketika swafoto, NIK KTP dan nomor

  4. NPWP harus terlihat karena nantinya akan di cek oleh petugas

  5. Masukkan nama email permohonan EFIN online serta masukkan juga subjek e-mail “PERMINTAAN NOMOR EFIN”

  6. Di bagian pesan, masukkan nomor NPWP, NIK, Nama lengkap, alamat tinggal, serta alamat email wajib pajak dan nomor handphone



  7. Masukkan foto profil permohonan EFIN serta swafoto wajib pajak yang memegang KTP dan NPWP

  8. Jika sudah selesai registrasi, maka silahkan tunggu sejenak menunggu permohonan EFIN untuk diproses DJP

  9. Wajib pajak dapat menghubungi KPP tempat anda terdaftar untuk menanyakan kabar permohonan nomor EFIN

  10. Jika anda sudah menerima EFIN pajak, silahkan langsung aktivasi EFIN di situs DJP online

  11. Jika EFIN nada sudah aktif, anda sudah bisa meninggalkannya Kembali untuk registrasi pada situs aplikasi DJP online.

Secara keseluruhan, EFIN tidak hanya memberikan kemudahan akses dan efisiensi dalam pengajuan dan pengembalian pajak, tetapi juga memperkuat keamanan dan akurasi dalam proses pelaporan pajak. Penggunaan teknologi ini semakin mendukung transformasi digital dalam bidang perpajakan, memfasilitasi pengalaman pajak yang lebih mudah dan aman bagi para wajib pajak.


EFIN Pajak Pribadi adalah salah satu inovasi dalam administrasi pajak yang memungkinkan wajib pajak untuk melaporkan pengembalian pajak secara elektronik. Dengan proses yang sederhana namun terstruktur, EFIN membawa banyak manfaat dalam mempermudah dan mempercepat proses pelaporan pajak. Dengan demikian, penggunaan EFIN tidak hanya memudahkan wajib pajak, tetapi juga mendukung efisiensi dan keamanan dalam sistem perpajakan Indonesia yang semakin terdigitalisasi.

Pos terkait