Bansos Ibu Hamil Cair Sebesar 750 Ribu: Segera Cek Penerimaannya

Bansos Ibu Hamil Cair Sebesar 750 Ribu: Segera Cek Penerimaannya

Bansos Ibu Hamil Cair Sebesar 750 Ribu: Segera Cek Penerimaannya

Pemerintah Indonesia terus berupaya memberikan dukungan kepada masyarakat, terutama kepada kelompok rentan seperti ibu hamil. Pada tahun 2024, bansos (bantuan sosial) untuk ibu hamil akan cair sebesar Rp 750.000 per tahap, dengan total bantuan senilai Rp 3.000.000 per tahun yang dibagi menjadi empat termin pencairan. Bansos Ibu Hamil ini bertujuan untuk membantu perekonomian ibu-ibu yang sedang hamil. Program ini dibuat karena ibu hamil memiliki kebutuhan yang memerlukan biaya lebih banyak.

Selain itu, ibu hamil tidak bisa beraktivitas seperti ibu-ibu lainnya. Hal ini dikarenakan ibu hamil harus banyak beristirahat untuk menjaga kesehatan diri dan janinnya. Kondisi fisik yang lebih lemah dan pembatasan aktivitas fisik membuat mereka memerlukan dukungan tambahan. Bagi ibu hamil yang terdaftar, segera cek NIK, e-KTP, dan KK untuk memastikan apakah Anda termasuk dalam daftar penerima bansos ini.


Cara Cek Bansos Ibu Hamil

Untuk mempermudah pengecekan, pemerintah telah menyediakan website khusus yang dapat diakses secara online. Berikut langkah-langkah untuk mengecek status penerimaan bansos ibu hamil tahun 2024:

  1. Login ke Website

    Buka link cekbansos.kemensos.go.id.

  2. Masukkan Data Wilayah

    Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan sesuai dengan domisili Anda.

  3. Masukkan Nama

    Ketik nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan yang tertera di KTP.

  4. Verifikasi Kode

    Ketikkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode. Jika kode kurang jelas, klik ikon putar untuk mendapatkan kode baru.

  5. Cari Data

    Klik tombol “CARI DATA” untuk melihat status penerimaan bansos.


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mengetahui apakah Anda terdaftar sebagai penerima bansos ibu hamil. Penyaluran bantuan sosial ini akan dilakukan secara bertahap, dan setiap tahap pencairannya sebesar Rp 750.000.

Bansos Lainnya yang Cair di Bulan Juli 2024

Selain bansos untuk ibu hamil, pemerintah juga menyediakan berbagai jenis bantuan sosial lainnya untuk bulan Juli 2024. Berikut adalah rincian nominal bantuan dan kategori penerima Program Keluarga Harapan (PKH):

  1. Ibu Hamil/Nifas

    Rp 750.000 per tahap atau Rp 3 juta per tahun.

  2. Anak Usia Dini/Balita

    Rp 750.000 per tahap atau Rp 3 juta per tahun.

  3. Lansia

    Rp 600.000 per tahap atau Rp 2,4 juta per tahun.

  4. Penyandang Disabilitas

    Rp 600.000 per tahap atau Rp 2,4 juta per tahun.



  5. Anak Sekolah SD

    Rp 225.000 per tahap atau Rp 900.000 per tahun.

  6. Anak Sekolah SMP

    Rp 375.000 per tahap atau Rp 1,5 juta per tahun.

  7. Anak Sekolah SMA

    Rp 500.000 per tahap atau Rp 2 juta per tahun.

  8. Bantuan Tetap untuk Setiap Keluarga Penerima PKH

    • Reguler: Rp 550.000 per keluarga per tahun.

    • PKH Akses: Rp 1.000.000 per keluarga per tahun.


Cara Daftar DTKS

Untuk memastikan bahwa Anda terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan memenuhi syarat untuk menerima bantuan sosial, Anda bisa melakukan pendaftaran melalui dua cara:

  1. Melalui Aplikasi Cekbansos Kemensos

    • Aplikasi ini bisa diunduh di PlayStore.

  2. Daftar Langsung ke Kantor Kelurahan

    • Bawa persyaratan seperti KTP dan KK ke Kantor Kelurahan setempat.

Pemerintah berharap bahwa pencairan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang kurang mampu, terutama dalam menghadapi kondisi ekonomi yang masih menantang pasca-pandemi. Bantuan ini juga merupakan upaya pemerintah untuk memastikan kebutuhan dasar pangan masyarakat terpenuhi.

Pemanfaatan Dana Bantuan

Dana bantuan yang diberikan dalam bentuk kartu elektronik ini dapat digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan pokok seperti beras, telur, dan bahan makanan lainnya di e-warong atau agen-agen penyalur yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Program BPNT ini merupakan salah satu langkah pemerintah Indonesia untuk membantu keluarga miskin dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka.


Segera cek status penerimaan bansos Anda dan manfaatkan bantuan yang diberikan untuk kesejahteraan keluarga. Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id untuk informasi lebih lanjut.

Pos terkait