BPNT PKH Juli 2024 Mulai Cair, Segera Cek Status KPM di SIKS-NG Sekarang

BPNT PKH Juli 2024 Mulai Cair, Segera Cek Status KPM di SIKS-NG Sekarang

BPNT PKH Juli 2024 Mulai Cair, Segera Cek Status KPM di SIKS-NG Sekarang

Pada bulan Juli 2024, pemerintah Indonesia kembali mengumumkan penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT). Informasi terbaru mengenai alokasi untuk Juli 2024 sudah dapat dilihat melalui akun SIKS-NG, platform resmi yang menyediakan data final closing Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Cara Cek Pencairan dan Verifikasi KPM di SIKS-NG

Pemerintah memastikan bahwa data final closing KPM untuk bantuan BPNT dan PKH periode Juli 2024 telah tersedia di aplikasi SIKS-NG. Ini mencakup informasi berharga seperti nama-nama KPM, jumlah anggota keluarga yang terdaftar, dan besaran dana yang akan diterima setiap KPM melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).


Proses Pencairan

Untuk periode Juli 2024, pencairan bantuan BPNT PKH akan dilakukan melalui PT Pos Indonesia. Sementara itu, untuk bulan Agustus dan September 2024 penyaluran akan dilakukan secara bertahap kepada KPM yang terdaftar dalam sistem.

Cara Memeriksa Status KPM

Untuk memastikan apakah nama KPM terdaftar sebagai penerima bantuan PKH, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:


  1. Buka website cekbansos.kemensos.go.id untuk memulai proses verifikasi.

  2. Masukkan informasi detil seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga desa atau kelurahan tempat tinggal KPM.

  3. Isikan nama KPM sesuai dengan KTP dan Kartu Keluarga (KK) yang dimiliki.

  4. Ketik kode keamanan yang ditampilkan untuk memastikan validitas pencarian data.

  5. Klik “Cari Data” untuk melihat status KPM apakah terdaftar sebagai penerima bantuan PKH atau tidak.


Kriteria Penerima Bantuan BPNT dan PKH

Bantuan dari Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) tidak tersedia untuk semua keluarga. Kriteria utama untuk menjadi penerima antara lain adalah keluarga yang terdaftar sebagai penerima manfaat dalam sistem sosial yang dikelola oleh Kementerian Sosial.

Bantuan ini ditujukan untuk membantu keluarga miskin atau rentan miskin dalam memenuhi kebutuhan dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan pangan. Oleh karena itu, penting bagi setiap KPM yang memenuhi syarat untuk memastikan bahwa mereka terdaftar dengan benar dalam sistem untuk mendapatkan bantuan yang mereka perlukan.

Dengan informasi terbaru mengenai pencairan bantuan BPNT dan PKH untuk Juli 2024, pemerintah berkomitmen untuk menyediakan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Pastikan untuk mengikuti prosedur verifikasi dan pencairan yang telah ditetapkan untuk memastikan kelancaran dan kepastian dalam menerima bantuan ini. Sistem yang transparan seperti SIKS-NG dan website resmi cekbansos.kemensos.go.id menjadi kunci utama untuk memastikan bahwa bantuan sosial disalurkan kepada yang berhak dengan tepat dan efisien.


Pos terkait