Cara AKtivasi Rekening Penerima PIP Juli 2024 Melalui Link pip.kemendikbud.go.id

Cara AKtivasi Rekening Penerima PIP Juli 2024 Melalui Link pip.kemendikbud.go.id

Cara AKtivasi Rekening Penerima PIP Juli 2024 Melalui Link pip.kemendikbud.go.id

Pada tahun 2024, Program Indonesia Pintar (PIP) terus dilanjutkan untuk memberikan bantuan kepada siswa-siswi di seluruh Indonesia. PIP bertujuan untuk meringankan beban biaya pendidikan bagi peserta didik dari keluarga kurang mampu agar mereka tetap dapat melanjutkan pendidikan hingga jenjang tertinggi. Berikut adalah panduan lengkap mengenai cara aktivasi rekening penerima PIP Juli 2024 melalui link pip.kemendikbud.go.id.

Bank Penyalur Dana PIP 2024

Dana PIP disalurkan melalui beberapa bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Berikut adalah bank-bank penyalur dana PIP berdasarkan jenjang pendidikan:

  • Bank BNI: Bertugas menyalurkan dana PIP untuk siswa SD dan SMP sederajat.

  • Bank BRI: Bertugas menyalurkan dana PIP untuk siswa SMA dan SMK sederajat.

  • Bank BSI: Khusus menyalurkan dana PIP untuk siswa di wilayah Aceh.


Cara Cek Status Penerimaan Dana PIP 2024

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerima dana PIP tahun 2024, ikuti cara berikut:

  1. Kunjungi laman SIPINTAR di pip.kemdikbud.go.id atau https://pip.kemdikbud.go.id/session:SIPINTAR adalah Sistem Informasi Penerima Indonesia Pintar yang digunakan untuk memeriksa status penerimaan dana PIP.

  2. Masukkan NISN dan NIK pada kolom “Cari Penerima PIP”: NISN adalah Nomor Induk Siswa Nasional, sedangkan NIK adalah Nomor Induk Kependudukan yang terdapat pada Kartu Keluarga atau KTP.

  3. Isi hasil perhitungan yang muncul di situs: Setelah memasukkan NISN dan NIK, Anda akan diminta untuk mengisi hasil perhitungan sederhana sebagai verifikasi.

  4. Klik tombol “Cari Penerima PIP”: Setelah mengisi hasil perhitungan, klik tombol untuk mencari data penerima PIP.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengetahui apakah nama Anda terdaftar sebagai penerima dana PIP tahun 2024.


Kriteria Penerima PIP

Jika Anda belum terdaftar sebagai penerima PIP, pastikan Anda memenuhi kriteria berikut:

  1. Peserta didik pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP): Siswa yang telah memiliki KIP secara otomatis berhak menjadi calon penerima PIP.

  2. Peserta didik dari keluarga miskin/rentan miskin dengan pertimbangan khusus, seperti:

    • Peserta didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

    • Peserta didik dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

    • Peserta didik yatim/piatu/yatim piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan.

    • Peserta didik yang terkena dampak bencana alam.

    • Peserta didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah.

    • Peserta didik yang mengalami gangguan fisik, korban musibah, dari keluarga yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, atau memiliki lebih dari tiga saudara yang tinggal serumah.

    • Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya.


Cara Daftar PIP

Bagi Anda yang memenuhi syarat sebagai penerima PIP, berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar:

  1. Persiapkan berkas pendaftaran PIP yang dibutuhkan, seperti:

    • Kartu Keluarga (KK)

    • Akta Kelahiran

    • Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

    • Rapor

    • Surat pemberitahuan penerima Bantuan Siswa Miskin (BSM) dari sekolah

  2. Siswa mendaftar ke lembaga pendidikan terdekat: Bawalah berkas-berkas yang telah dipersiapkan dan daftarkan diri ke sekolah atau lembaga pendidikan terdekat.

  3. Sekolah akan mencatat data siswa calon penerima: Data siswa yang telah mendaftar akan dicatat oleh sekolah.

  4. Sekolah akan mendaftarkan calon penerima ke aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik): Data siswa calon penerima PIP akan dimasukkan ke dalam aplikasi Dapodik oleh pihak sekolah untuk diverifikasi lebih lanjut oleh pemerintah.


Nominal Bansos PIP 2024

Besaran bantuan yang diberikan melalui Program Indonesia Pintar (PIP) bervariasi tergantung pada jenjang pendidikan siswa. Berikut adalah rincian nominal bantuan PIP tahun 2024:

  • SD/SDLB/Paket A: Siswa akan mendapatkan dana sebesar Rp 450.000 per tahun, sedangkan untuk siswa baru atau kelas akhir, dana yang diberikan sebesar Rp 225.000.

  • SMP/SMPLB/Paket B: Siswa akan mendapatkan dana sebesar Rp 750.000 per tahun, sedangkan untuk siswa baru atau kelas akhir, dana yang diberikan sebesar Rp 375.000.

  • SMA/SMK/SMALB/Paket C: Siswa akan mendapatkan dana sebesar Rp 1.000.000 per tahun, sedangkan untuk siswa baru atau kelas akhir, dana yang diberikan sebesar Rp 500.000.

Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan Anda dapat melakukan aktivasi rekening penerima PIP dan memanfaatkan dana bantuan pendidikan yang diberikan. Program Indonesia Pintar merupakan upaya pemerintah untuk mendukung pendidikan bagi seluruh anak bangsa, sehingga mereka dapat terus belajar dan meraih cita-cita tanpa terhalang oleh keterbatasan ekonomi.

Pos terkait