Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Terbaru Juli 2024

Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Terbaru Juli 2024

Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Terbaru Juli 2024

BPJS Kesehatan adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan yang merupakan lembaga pemerintah di Indonesia yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. BPJS Kesehatan didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Tujuan pendirian BPJS Kesehatan adalah untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada seluruh penduduk Indonesia, termasuk masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi, melalui penyelenggaraan program jaminan kesehatan yang terjangkau dan bermutu. BPJS Kesehatan menyelenggarakan program jaminan kesehatan yang wajib bagi seluruh penduduk Indonesia, baik yang bekerja di sektor formal maupun informal.


BPJS Kesehatan bekerja sama dengan berbagai fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia, termasuk rumah sakit pemerintah dan swasta, klinik, dan dokter praktek mandiri yang telah terdaftar. Peserta dapat memilih fasilitas kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Peserta BPJS Kesehatan wajib membayar iuran bulanan sesuai dengan kategori mereka. Besaran iuran ini ditetapkan oleh pemerintah dan dapat berubah dari waktu ke waktu tergantung pada kebijakan yang berlaku.

Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan

  1. Akses Situs Resmi BPJS Kesehatan

    Buka browser web dan kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan di https://bpjs-kesehatan.go.id

  2. Login atau Daftar Akun

    Jika kalian sudah memiliki akun, masukkan username dan password kalian untuk login ke akun BPJS Kesehatan. Jika belum memiliki akun kalian perlu mendaftar terlebih dahulu.


  3. Menu Informasi

    Setelah login, cari dan pilih menu atau link yang berisi informasi mengenai iuran BPJS Kesehatan. Biasanya, ini bisa ditemukan di bagian layanan atau informasi peserta.

  4. Cek Iuran

    Di dalam menu tersebut kalian akan melihat opsi untuk memeriksa iuran. Pilih opsi tersebut untuk melihat iuran terbaru yang berlaku.

  5. Nominal Iuran

    Pada halaman yang ditampilkan, kalian akan melihat nominal iuran BPJS Kesehatan terbaru untuk kategori peserta yang sesuai dengan status kalian (Pekerja Penerima Upah atau Pekerja Bukan Penerima Upah).


  6. Informasi Tambahan

    Selain nominal iuran, biasanya juga disertakan informasi lain seperti tanggal jatuh tempo pembayaran, cara pembayaran, dan keterangan mengenai tagihan bulan sebelumnya jika ada tunggakan.

Pos terkait