Cara Cek Pencairan Bansos BPNT Alokasi Juli 2024 Hingga Rp 600 Ribu

Cara Cek Pencairan Bansos BPNT Alokasi Juli 2024 Hingga Rp 600 Ribu

Cara Cek Pencairan Bansos BPNT Alokasi Juli 2024 Hingga Rp 600 Ribu

Pada bulan Juli 2024, Bansos BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai) akan cair lebih awal dengan jumlah dana hingga Rp600 ribu siap dibagikan kepada penerima manfaat. Selain BPNT, Bansos PKH (Program Keluarga Harapan) juga akan didistribusikan lebih awal di bulan yang sama. Penyaluran kedua bantuan ini sudah dimulai sejak 1 Juli 2024.

Penyaluran Dana BPNT Juli 2024

Penerima bantuan dapat mengakses dana melalui rekening KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) di bank-bank yang ditunjuk, yaitu BNI, BRI, atau BTN. Bagi KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang tidak memiliki rekening bank, pencairan dapat dilakukan melalui kantor pos terdekat. BPNT diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp200.000 per bulan untuk setiap KPM. Dalam beberapa kasus, pencairan dapat dilakukan untuk dua atau tiga bulan sekaligus, sehingga penerima mungkin mendapatkan Rp400.000 atau Rp600.000.


Perkembangan Terbaru Bansos BPNT

Penyaluran Bansos BPNT dan PKH dipastikan cair lebih awal di bulan Juli 2024. Hal ini dikarenakan status “Sudah Perintah Membayar” (SPM) telah muncul di aplikasi SIKS-NG. Penyaluran bantuan ini juga merupakan pencairan susulan bagi KPM yang dinyatakan lolos validasi sebagai penerima baru, dalam upaya penggenapan 10 juta KPM PKH dan 18,8 juta KPM BPNT.

Cara Cek Pencairan Bansos BPNT Secara Online

Untuk memverifikasi status sebagai penerima BPNT, KPM dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs resmi cekbansos.kemensos.go.id Klik DISINI

  2. Masukkan nama dan alamat lengkap sesuai KTP (mulai dari provinsi hingga desa).

  3. Klik tombol ‘Cari Data’.

  4. Jika terdaftar sebagai penerima, akan muncul status pencairan BPNT dengan keterangan ‘sudah proses Bank Himbara/PT Pos’.


Penting untuk Diperhatikan

Jika bantuan belum diterima hingga akhir Juli, KPM tidak perlu khawatir karena pencairan masih dapat dilakukan pada bulan Agustus. Kementerian Sosial menghimbau para KPM untuk selalu memantau informasi terkini melalui saluran resmi pemerintah dan berhati-hati terhadap informasi yang tidak dapat diverifikasi. Bagi KPM yang mengalami kesulitan dalam proses pencairan atau memiliki pertanyaan, disarankan untuk menghubungi layanan pengaduan resmi Kementerian Sosial atau kantor dinas sosial setempat.

Dengan adanya bantuan BPNT ini, pemerintah berharap dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. KPM diharapkan dapat memanfaatkan bantuan ini dengan bijak untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga.


Itulah informasi mengenai Bansos BPNT Juli 2024 yang cair di awal dari sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Pos terkait