Cara Cek Penerima Bansos Disabilitas Rp2,4 Juta

Cara Cek Penerima Bansos Disabilitas Rp2,4 Juta

Cara Cek Penerima Bansos Disabilitas Rp2,4 Juta

Penerima Bantuan Sosial (Bansos) Disabilitas merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan dukungan finansial dan aksesibilitas yang lebih baik kepada penyandang disabilitas. Bansos ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka dan mengurangi beban ekonomi yang sering kali lebih tinggi dibandingkan dengan individu non-disabilitas. Melalui program ini, pemerintah berusaha memastikan bahwa setiap warga negara, termasuk penyandang disabilitas, mendapatkan hak dan kesempatan yang setara dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Penerima Bansos Disabilitas biasanya dipilih melalui proses seleksi yang ketat untuk memastikan bantuan tepat sasaran. Data penerima diambil dari berbagai sumber, termasuk Kementerian Sosial, dinas sosial di daerah, dan berbagai lembaga yang berfokus pada isu disabilitas. Proses verifikasi ini penting untuk menghindari penyaluran bantuan yang tidak tepat serta memastikan bahwa bantuan benar-benar diterima oleh mereka yang membutuhkan. Selain bantuan finansial, program ini juga sering kali mencakup pelatihan keterampilan dan dukungan lain yang bertujuan untuk memberdayakan penyandang disabilitas agar lebih mandiri.


Cara Mengecek Penerimaan Bansos Bagi Disabilitas

Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ingin mengetahui apakah mereka termasuk penerima bansos bagi penyandang disabilitas dapat melakukan langkah-langkah mudah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs https://cekbansos.kemensos.go.id/

  2. Masukkan wilayah daerah penerima bantuan dengan mengisi kolom provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.

  3. Masukkan nama Penerima Manfaat (PM) dengan benar sesuai KTP.

  4. Isi empat huruf kode Captcha yang tertera dalam kotak.

  5. Tekan menu “Cari Data”.

Dengan langkah-langkah sederhana ini, KPM dapat memastikan status mereka sebagai penerima bansos dengan lebih pasti.


Syarat Dapatkan Bansos Bagi Disabilitas

Terdapat beberapa kriteria masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan PKH, adapun di antaranya ialah lansia dan penyandang disabilitas berat yang dinyatakan tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, disisi lain terdapat persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan PKH (Program Keluarga Harapan), di antaranya sebagai berikut:

  1. WNI (Warga Negara Indonesia) dibuktikan dengan e-KTP

  2. Terdaftar dalam sistem DTKS

  3. Tidak penerima bantuan lain seperti subsidi gaji atau kartu prakerja, BLT, dan UMKM

  4. Tidak termasuk ke dalam anggota ASN, TNI, Polri, karyawan BUMD dan BUMN

  5. Memiliki data kategori masyarakat yang membutuhkan, yang diakui oleh kelurahan setempat.

Dana Bansos Bagi Disabilitas

Terdapat beberapa nominal berbeda – beda yang diberikan kepada masyarakat, sesuai kriteria yang ada. Berikut Penjelasannya :


  1. Lansia dan penyandang disabilitas berat akan mendapatkan Rp 2,4 juta per tahun melalui empat tahap pencairan, sehingga satu kali pencairan mendapatkan Rp 600 ribu

  2. Ibu hamil akan mendapatkan Rp 3 juta per tahun melalui empat tahap pencairan, sehingga satu kali pencairan mendapatkan Rp 750 ribu

  3. Bayi dan anak usia dini akan mendapatkan Rp 3 juta per tahun melalui empat tahap pencairan, sehingga satu kali pencairan mendapatkan Rp 750 ribu.

Manfaat dari Bansos Disabilitas tidak hanya dirasakan oleh individu penerima, tetapi juga berdampak positif pada keluarga dan masyarakat sekitar. Dengan adanya bantuan ini, keluarga yang merawat penyandang disabilitas dapat sedikit terbantu dalam mengatasi beban finansial dan fokus pada aspek lain seperti kesehatan dan pendidikan.


Di sisi lain, masyarakat diharapkan menjadi lebih inklusif dan peka terhadap kebutuhan penyandang disabilitas, sehingga tercipta lingkungan yang lebih ramah bagi semua. Dengan dukungan yang berkelanjutan, Bansos Disabilitas diharapkan mampu memberikan perubahan yang signifikan dalam kualitas hidup penyandang disabilitas di Indonesia.

Pos terkait