Cara Cek Penerima dan Jadwal Pencairan Bansos PIP 2024

Cara Cek Penerima dan Jadwal Pencairan Bansos PIP 2024

Cara Cek Penerima dan Jadwal Pencairan Bansos PIP 2024

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah salah satu program bantuan sosial yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan finansial kepada siswa dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan dengan lebih baik.

Dana bantuan PIP disalurkan secara langsung kepada siswa penerima melalui rekening bank atau melalui kartu debit. Program ini mencakup bantuan berbagai bentuk, seperti biaya pendidikan, seragam sekolah, dan kebutuhan pendidikan lainnya yang diperlukan untuk menunjang proses belajar siswa.

PIP memiliki kriteria penerima yang ditetapkan berdasarkan indikator sosial ekonomi, di mana siswa yang berasal dari keluarga dengan ekonomi rendah memiliki prioritas. Sistem ini memungkinkan para orang tua atau wali murid untuk dengan mudah memeriksa status penerimaan dana PIP dengan memasukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).


Jadwal Pencairan PIP 2024

Pencairan PIP 2024 diatur dalam tiga tahap untuk memastikan siswa-siswa dapat menerima bantuan pendidikan tepat waktu.

  1. Tahap pertama, yang berlangsung dari Februari hingga April 2024, menjadi periode awal di mana siswa-siswa dapat mulai memanfaatkan manfaat dari Program Indonesia Pintar.

  2. Tahap kedua, yang dilaksanakan dari Mei hingga September 2024, memperluas jangkauan pencairan bantuan untuk mencakup lebih banyak siswa, memastikan mereka dapat menjalani setengah tahun ke depan dengan dukungan pendidikan yang cukup.

  3. Tahap terakhir, yaitu tahap ketiga dari Oktober hingga Desember 2024, diarahkan untuk memastikan bahwa siswa-siswa yang memerlukan bantuan tambahan masih dapat mengakses dana pendidikan hingga akhir tahun tersebut.

Dengan demikian, pencairan PIP 2024 dirancang secara bertahap agar dapat mendukung kelancaran dan ketersediaan bantuan pendidikan bagi semua siswa yang membutuhkannya.


Cara Cek Penerima Dana PIP 2024

Untuk mengecek apakah Anda mendapat dana PIP tahun 2024, ikuti petunjuk berikut ini:

  1. Buka halaman SIPINTAR di pip.kemdikbud.go.id atau https://pip.kemdikbud.go.id/session:SIPINTAR, yang merupakan Sistem Informasi Penerima Indonesia Pintar untuk memeriksa status penerimaan dana PIP.

  2. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom “Cari Penerima PIP”. NISN dapat ditemukan di kartu identitas siswa, sedangkan NIK ada di Kartu Keluarga atau KTP.

  3. Isi hasil perhitungan yang muncul di situs sebagai proses verifikasi setelah memasukkan NISN dan NIK.

  4. Klik tombol “Cari Penerima PIP” untuk mencari informasi terkait status penerimaan dana PIP Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memeriksa apakah nama Anda termasuk dalam daftar penerima dana PIP tahun 2024.


Bank Penyalur Dana PIP 2024

Dana PIP disalurkan melalui beberapa bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Berikut adalah bank-bank penyalur dana PIP berdasarkan jenjang pendidikan:

  • Bank BNI: Bertugas menyalurkan dana PIP untuk siswa SD dan SMP sederajat.

  • Bank BRI: Bertugas menyalurkan dana PIP untuk siswa SMA dan SMK sederajat.

  • Bank BSI: Khusus menyalurkan dana PIP untuk siswa di wilayah Aceh.

Dana PIP 2024

Dana Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 disesuaikan dengan jenjang pendidikan masing-masing siswa.


  1. Untuk siswa tingkat SD, SDLB, atau yang mengikuti Paket A, mereka akan menerima bantuan PIP sebesar Rp 450.000 per tahun. Namun, siswa baru atau yang berada di kelas akhir pada tingkat ini akan mendapatkan bantuan lebih sedikit, yakni sebesar Rp 225.000 per tahun. Dana PIP ini bertujuan untuk membantu menutup biaya pendidikan dan mendukung kelancaran proses belajar mereka.

  2. Siswa tingkat SMP, SMPLB, atau yang mengikuti Paket B akan mendapatkan bantuan PIP sebesar Rp 750.000 per tahun. Bagi siswa baru atau yang berada di kelas akhir, bantuan ini sedikit berkurang menjadi Rp 375.000 per tahun. Bantuan PIP ini diharapkan dapat mengurangi beban biaya pendidikan dan membantu meningkatkan akses serta kualitas pendidikan bagi siswa di tingkat menengah.

  3. Sementara itu, siswa tingkat SMA, SMK, atau SMALB yang termasuk dalam Paket C akan menerima dana bantuan PIP sebesar Rp 1.000.000 per tahun. Untuk siswa baru atau yang berada di kelas akhir pada tingkat ini, bantuan yang diterima adalah sebesar Rp 500.000 per tahun. Dana PIP ini direncanakan untuk mendukung siswa dalam menyelesaikan pendidikan mereka tanpa terkendala oleh masalah finansial yang mungkin dihadapi keluarga.

Karena anggaran PIP hanya untuk satu semester, dana bantuan PIP untuk kelas awal (1 SD/7 SMP/10 SMA) dan kelas akhir (6 SD/9 SMP/12-13 SMA/SMK) lebih sedikit.


Program Indonesia Pintar ini merupakan salah satu inisiatif pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu. Selain memberikan bantuan finansial, PIP juga berperan dalam mendorong inklusivitas pendidikan dan mengurangi kesenjangan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, diharapkan lebih banyak anak-anak dapat menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah dengan baik, serta memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan potensi mereka di masa depan.

Pos terkait