Cara Cek Penerima KJMU Tahap 1 Tahun 2024

Cara Cek Penerima KJMU Tahap 1 Tahun 2024

Cara Cek Penerima KJMU Tahap 1 Tahun 2024

KJMU atau Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul merupakan program kebijakan dari Pemerintah DKI Jakarta berupa bantuan peningkatan mutu pendidikan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu yang telah memenuhi kriteria. Beasiswa ini berlaku untuk jenjang pendidikan program D3, D4, dan S1.

Program bansos KJMU merupakan salah satu upaya dari pemerintah DKI Jakarta untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik. Program bansos KJMU bekerja sama dengan 124 perguruan tinggi dari 45 provinsi dan 67 kabupaten/kota dan saat ini terdapat 110 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 14 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang telah terdaftar dalam program KJMU.


Nantinya dana KJMU akan digunakan untuk dua alokasi pembiayaan yaitu biaya penyelenggara pendidikan yang dikelola oleh PTN atau PTS sebagai pelunasan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan bantuan biaya hidup mahasiswa.

Untuk saat ini dana bantuan KJMU tahap 1 tahun 2024 sudah mulai cair secara bertahap pada 27 Juni 2024 dan diterima oleh 15.649 mahasiswa. Dikutip dari laman resmi akun Instagram Dinas Pendidikan DKI Jakarta, penerima KJMU tahap 1 tahun 2024 akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 9 juta per semester.

Cara Cek Penerima KJMU Tahun 2024

Bagi Anda yang ingin melihat apakah Anda termasuk dari daftar penerima KJMU atau tidak, Anda dapat mengeceknya dengan cara berikut:

  1. Kunjungi lama resmi https://kjp.jakarta.go.id/public/cekStatusPenerimaKJMU.php

  2. Lengkapi Nomor Induk Kependudukan (NIK)

  3. Pilih tahun dan tahap pencairan

  4. Klik “Cek”

  5. Setelah itu akan muncul status kepesertaan Anda

  6. Bagi penerima KJMU baru, proses pencairan akan dilakukan setelah terselesaikannya proses pembukaan rekening, cetak buku Tabungan dan ATM, penyerahan buku Tabungan dan ATM, serta pemindah bukuan dana ke rekening penerima oleh Bank DKI.

Syarat Pendaftaran KJMU

Bagi Anda yang ingin mendapatkan dana bantuan dari program KJMU, Anda harus mengikuti beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Adapun syarat dalam melakukan pendaftaran KJMU yaitu diantaranya:


Syarat Umum Pendaftaran KJMU

  1. Menetap dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta Kartu Keluarga (KK) DKI Jakarta

  2. Telah terdaftar di DTKS, DTKS Daerah dan/atau warga binaan sosial pada panti sosial Dinas Sosial

  3. Tidak sedang menerima beasiswa lain yang bersumber dari APBN dan/atau APBD

Syarat Khusus Pendaftaran KJMU

  1. Berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

  2. Berkuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang telah terakreditasi A/Unggul dan program studi A/Unggul di DKI Jakarta pada bidang prioritas sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun berjalan melalui jalur regular.

  3. Bagi pendaftar yang telah berstatus sebagai mahasiswa, terdapat ketentuan tambahan persyaratan khusus yaitu pengajuan sebagai calon penerima baru KJMU maksimal saat semester 4.


Syarat Dokumen Mendaftar KJMU

  1. Surat permohonan yang ditujukan kepada Gubernur.

  2. Scan kartu mahasiswa dari perguruan tinggi asal.

  3. Scan KTP.

  4. Scan KK.

  5. Scan kartu hasil studi (khusus bagi pendaftar lanjutan KJMU).

  6. Surat pernyataan di atas materai yang menyatakan warga DKI Jakarta dan anggota keluarga dalam 1 KK tidak berstatus sebagai PNS/PPPK, TNI/Polri, anggota MPR RI, anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD Kabupaten/Provinsi, anggota DPR RI, anggota DPD RI, pegawai tetap BUMN, atau pegawai tetap BUMD.

  7. Surat pernyataan di atas materai bahwa orang tua/wali tidak memiliki kendaraan roda empat seperti mobil, dan tidak memiliki aset tanah bangunan dengan nilai NJOP di atas Rp 1 miliar, serta tidak mengonsumsi air kemasan bermerek paling sedikit 19 liter.

  8. Surat pernyataan di atas materai bahwa tidak sedang menerima beasiswa/bantuan pendidikan lain yang bersumber dari APBN dan/atau APBD.


Dengan adanya bantuan sosial melalui program KJMU, diharapkan mampu membantu banyak masyarakat di daerah DKI Jakarta dalam menciptakan kesetaraan untuk dapat mengakses pendidikan.

Pos terkait