Cara Cek Subsidi Listrik dari PLN. Apakah Anda Termasuk?

Cara Cek Subsidi Listrik dari PLN. Apakah Anda Termasuk?

Cara Cek Subsidi Listrik dari PLN. Apakah Anda Termasuk?

Subsidi listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengurangi beban biaya listrik. Program ini ditujukan khusus untuk masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah yang memenuhi kriteria tertentu. Jika Anda ingin mengetahui apakah Anda termasuk dalam penerima subsidi listrik, berikut adalah panduan lengkap untuk mengeceknya melalui aplikasi PLN Mobile.


Tata Cara Cek Subsidi Listrik dari PLN

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengecek apakah Anda mendapatkan subsidi listrik dari PLN:

  1. Unduh Aplikasi PLN Mobile

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android dan di App Store untuk pengguna iOS. Cari aplikasi dengan nama “PLN Mobile” dan pastikan Anda mengunduh aplikasi resmi dari PLN.

  2. Login ke Aplikasi

    Setelah aplikasi berhasil diunduh dan diinstal, buka aplikasi PLN Mobile. Anda akan diminta untuk login menggunakan akun PLN Anda. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu dengan mengikuti petunjuk pendaftaran yang ada di aplikasi.

  3. Tekan Opsi “Sambung Baru LSP Plus” dan Scroll Layar ke Bawah, Kemudian Tekan Opsi “Mulai”

    Setelah berhasil login, di halaman utama aplikasi, cari dan tekan opsi “Sambung Baru LSP Plus”. Setelah itu, scroll layar ke bawah hingga Anda menemukan tombol “Mulai”, lalu tekan tombol tersebut.

  4. Klik Opsi “Mengerti” untuk Menyetujui Persyaratan

    Pada halaman berikutnya, Anda akan melihat kolom persyaratan yang harus Anda setujui. Silakan baca persyaratan dengan seksama, kemudian klik opsi “Mengerti” untuk menyetujui persyaratan tersebut.

  5. Pilih Titik Lokasi Rumah/Bangunan dengan Menggunakan NIK KTP Anda

    Pada langkah ini, Anda diminta untuk memilih titik lokasi rumah atau bangunan Anda. Gunakan NIK KTP Anda untuk mengintal listriknya. Setelah memilih titik lokasi, tekan “Konfirmasi” dan klik “Ya” untuk melanjutkan.


  6. Masukkan Alamat Lokasi Sesuai dengan Titik yang Sudah Anda Pilih

    Masukkan alamat lokasi rumah atau bangunan sesuai dengan titik yang sudah Anda pilih sebelumnya. Pastikan alamat yang Anda masukkan sudah benar dan lengkap. Setelah itu, pilih opsi “Lanjutkan”.

  7. Masukkan Pilihan Daya yang Anda Perlukan (400 atau 900)

    Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan pilihan daya listrik yang Anda perlukan. Anda dapat memilih antara daya 400 atau 900 watt sesuai kebutuhan Anda.

  8. Pilih Jenis Produk (Prabayar atau Pascabayar)

    Setelah memilih daya, Anda juga harus memilih jenis produk listrik yang Anda inginkan, apakah prabayar atau pascabayar. Pilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

  9. Pilih Koneksi untuk Rumah Tangga dan Tekan “Rumah Pribadi”

    Pada langkah ini, pilih jenis koneksi untuk rumah tangga dan tekan opsi “Rumah Pribadi”. Pastikan pilihan ini sesuai dengan kondisi rumah atau bangunan Anda.

  10. Masukkan NIK KTP dan Tekan “Periksa”

    Selanjutnya, masukkan NIK KTP Anda di kolom yang tersedia. Tekan tombol “Periksa” dan tunggu hingga muncul tanda centang hijau yang menandakan bahwa NIK KTP Anda sudah valid. Setelah itu, tekan tombol “Lanjutkan”.

  11. Cek Notifikasi Apakah NIK Anda Sudah Terdaftar sebagai Penerima Subsidi Listrik atau Tidak

    Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, aplikasi akan memproses data Anda dan memberikan notifikasi apakah NIK Anda sudah terdaftar sebagai penerima subsidi listrik atau tidak. Jika NIK Anda terdaftar, Anda akan menerima informasi detail mengenai subsidi listrik yang Anda terima.


Manfaat dan Keuntungan Subsidi Listrik

Subsidi listrik dari PLN memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang berada dalam golongan ekonomi menengah ke bawah. Beberapa manfaat dan keuntungan dari subsidi listrik ini antara lain:

  1. Penghematan Biaya

    Subsidi listrik membantu mengurangi beban biaya listrik bulanan, sehingga masyarakat dapat mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan lainnya.

  2. Meningkatkan Kualitas Hidup

    Dengan adanya subsidi listrik, masyarakat dapat menikmati layanan listrik yang lebih terjangkau dan stabil, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

  3. Mendorong Penggunaan Energi yang Lebih Efisien

    Program subsidi listrik juga bertujuan untuk mendorong penggunaan energi yang lebih efisien dan hemat, sehingga dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan.

  4. Dukungan Pemerintah bagi Masyarakat Kurang Mampu

    subsidi listrik merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah bagi masyarakat kurang mampu, yang menunjukkan perhatian dan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.


Mengecek apakah Anda termasuk penerima subsidi listrik dari PLN sangatlah mudah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan cepat mengetahui status subsidi listrik Anda. Program subsidi listrik ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, termasuk penghematan biaya, peningkatan kualitas hidup, dan dukungan dari pemerintah. Jadi, pastikan Anda memanfaatkan aplikasi PLN Mobile untuk mengecek subsidi listrik Anda dan nikmati manfaatnya.

Pos terkait