Cara Daftar BPJS Kesehatan Bayi Yang Baru Lahir

Cara Daftar BPJS Kesehatan Bayi Yang Baru Lahir

Cara Daftar BPJS Kesehatan Bayi Yang Baru Lahir

BPJS Kesehatan, singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, adalah lembaga yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan program jaminan kesehatan di Indonesia. BPJS Kesehatan didirikan sebagai bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas.

Lembaga ini resmi berdiri pada tahun 2014, menggantikan dua lembaga sebelumnya yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan, yaitu Askes (Asuransi Kesehatan) dan Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat). Tujuan utama BPJS Kesehatan adalah untuk menyediakan perlindungan kesehatan kepada seluruh penduduk Indonesia agar dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang setara dan layak tanpa harus khawatir akan biaya yang tinggi.


Dengan demikian, BPJS Kesehatan diharapkan dapat membantu mengurangi disparitas dalam akses pelayanan kesehatan antara masyarakat berpenghasilan tinggi dan rendah. Keanggotaan BPJS Kesehatan terbuka untuk seluruh penduduk Indonesia, baik pekerja formal, pekerja informal, maupun yang tidak bekerja (seperti pelajar dan pengangguran).

BPJS Kesehatan bekerja sama dengan berbagai penyedia layanan kesehatan, termasuk rumah sakit, klinik, dokter spesialis, dan apotek di seluruh Indonesia. Anggota dapat memilih penyedia layanan kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk menerima pelayanan medis sesuai dengan kebutuhan mereka.

Cara Mendaftarkan Bayi Ke BPJS Kesehatan

  1. Persiapan Dokumen

    • Kartu Keluarga (KK), Pastikan Anda memiliki salinan Kartu Keluarga yang mencantumkan nama bayi.

    • Akte Kelahiran, Dapatkan salinan akte kelahiran bayi dari kantor catatan sipil setempat.

    • Identitas Orang Tua, Persiapkan juga identitas orang tua, seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau dokumen identitas lainnya.

  2. Pilih Program Jaminan Kesehatan

    Tentukan jenis program BPJS Kesehatan yang akan kalian ikuti untuk bayi kalian.

  3. Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan

    Datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa semua dokumen persyaratan yang sudah disiapkan.


  4. Mengisi Formulir Pendaftaran

    Mintalah formulir pendaftaran anggota baru BPJS Kesehatan untuk bayi. Isilah formulir dengan lengkap dan benar sesuai dengan informasi yang diminta. Pastikan untuk mencantumkan data bayi dan orang tua dengan akurat.

  5. Lampirkan Dokumen Pendukung

    Sertakan salinan Kartu Keluarga, akte kelahiran bayi, dan identitas orang tua saat mengajukan pendaftaran.

  6. Proses Verifikasi dan Pembayaran

    Setelah mengisi formulir dan melampirkan dokumen, petugas BPJS Kesehatan akan memverifikasi data yang kalian berikan. Selanjutnya, kalian akan diminta untuk melakukan pembayaran iuran bulanan sesuai dengan kelas pelayanan yang dipilih.


  7. Aktivasi dan Penggunaan Kartu BPJS Kesehatan

    Setelah semua proses pendaftaran dan pembayaran selesai, kartu BPJS Kesehatan bayi kalian akan segera diaktifkan. Kartu ini dapat digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Pos terkait