Tips

Cara Ganti Nama TikTok dan Username Tanpa Tunggu 30 Hari

Ada kalanya pengguna TikTok ingin mengganti nama akun agar terlihat lebih keren dari nama sebelumnya. Apalagi bagi konten kreator yang membutuhkan nama unik agar lebih mudah diingat dan dikenali. Lantas, bagaimana cara ganti nama TikTok?

Seperti yang diketahui, nama TikTok memiliki fungsi yang cukup penting sebagai identitas sehingga dalam menentukan nama harus direncanakan dengan baik. Pasalnya, perubahan nama tidak bisa dilakukan semaunya. Dari TikTok sendiri sudah ada ketentuan yang mengatur perubahan nama akun.

Kebijakan Terkait Nama TikTok

Sebelum mengganti nama TikTok, ada baiknya ketahui dulu apa saja kebijakan yang telah ditetapkan TikTok bagi penggunanya, terutama yang berkaitan dengan nama TikTok. Pada dasarnya, pengguna bisa dengan mudah mengganti nama TikTok.

Dalam hal ini perlu dibedakan antara username dan title pada akun TikTok. Sebagai informasi, yang disebut sebagai username adalah nama pengguna yang dijadikan identitas unik pada jejaring sosial Tiktok. Sedangkan title biasanya merujuk pada nama akun pengguna.

Selain itu perlu diketahui bahwa dalam melakukan perubahan nama TikTok ada beberapa aturan yang harus dipahami. Salah satunya adalah tidak ada batasan bagi pengguna dalam mengganti nama TikTok. Namun dengan catatan nama tersebut hanya bisa diubah setiap 30 hari.

Bagi yang ingin kembali menggunakan username lama maka harus menunggu sampai 30 hari. Adapun jumlah karakter untuk username TikTok tidak boleh melebihi 24 karakter. Karakter tersebut bisa terdiri dari huruf (a sampai z), angka (0-9), titik (.), serta garis bawah (_).

Perlu diketahui bahwa nama yang diubah pada akun TikTok bukan hanya berlaku untuk akun pribadi saja tetapi juga akun TikTok Vendor. Dengan demikian bagi pengguna TikTok yang membuka toko di TikTok Store bisa dengan mudah mengganti nama toko sesuai kebutuhan.

Cara Ganti Nama TikTok di iPhone dan Android

Meskipun sudah memiliki nama TikTok yang sebelumnya dianggap menarik, tidak jarang pengguna berubah pikiran sehingga ingin mengubah nama yang telah digunakan. Tidak perlu khawatir, karena TikTok memberikan kebebasan bagi pengguna untuk mengganti namanya sesuai keinginan.

Namun satu hal yang harus diperhatikan sebelum mengganti nama TikTok dengan nama baru, pastikan nama yang dipilih merupakan nama unik dan tidak sama dengan pengguna lainnya. Buat kamu yang ingin mengganti nama TikTok, ada beberapa cara yang bisa dicoba.

1. Cara Ganti Nama TikTok (Username)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, username atau nama pengguna TikTok bisa terdiri dari karakter huruf, titik, angka serta garis bawah. Jika ingin mengganti nama pengguna, maka cara mengganti nama person TikTok di bawah ini bisa dicoba:

  • Pertama masuk ke akun TikTok dan memilih menu Profil yang letaknya ada di bagian bawah sebelah kiri.
  • Kemudian klik pada menu Edit Profil dan pilih opsi Nama Pengguna.
  • Ganti dengan username yang baru sesuai keinginan.
  • Harus dipastikan ada tanda centang hijau di samping username yang menunjukkan bahwa nama tersebut masih tersedia dan bisa digunakan.
  • Jika sudah klik pada opsi Simpan.
  • Lakukan konfirmasi perubahan nama dengan memilih opsi Tetapkan Nama Pengguna.
  • Selesai, username TikTok berhasil diubah.

Meskipun username berubah, namun pengguna tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak akan berpengaruh pada jumlah followers. Adapun yang mengalami perubahan adalah URL profile sesuai dengan username baru yang telah digunakan.

2. Cara Ganti Nama TikTok (Nama Akun TikTok)

Selain mengganti username, pengguna juga bisa mengganti nama akun TikTok sesuai keinginan. Dalam hal ini ada beberapa ketentuan yang perlu diketahui terkait perubahan nama akun TikTok.

Yang pertama, jumlah karakter pada akun TikTok tidak boleh melebihi 30 karakter. Selain itu, dalam penulisan nama akun TikTok bisa ditambahkan dengan karakter emoticon. Adapun cara mengganti nama TikTok adalah seperti berikut:

  • Pertama masuk ke TikTok dan buka menu Profile.
  • Selanjutnya klik pada opsi Edit Profile.
  • Jika sudah, klik pada Nama.
  • Tuliskan nama akun baru sesuai keinginan.
  • Klik pada tombol Simpan untuk menyimpan perubahan nama.
  • Selesai, akun TikTok sudah diganti dengan nama yang baru.

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa dalam ketentuan TikTok perubahan nama hanya bisa dilakukan setelah 30 hari. Sehingga bagi pengguna yang ingin mengganti nama TikTok harus menunggu sampai batas waktu tersebut. Namun apakah bisa mengganti nama TikTok sebelum 30 hari?

Tidak perlu khawatir karena ada trik dan cara mengganti nama TikTok tanpa menunggu 30 hari. Yang perlu dilakukan hanyalah melakukan pengaturan waktu dan tanggal yang ada di perangkat HP. Adapun caranya adalah:

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan di perangkat ponsel.
  • Pilih opsi Umum dan dilanjutkan dengan memilih menu Tanggal dan Waktu. Masing-masing perangkat bisa memiliki opsi yang bervariasi.
  • Langkah berikutnya adalah menonaktifkan opsi Atur Otomatis pada menu Tanggal dan Waktu.
  • Kemudian tetapkan tanggal di perangkat setidaknya dalam waktu 30 hari sebelumnya secara handbook.
  • Simpan pengaturan tersebut untuk melewati batas 30 hari seperti yang telah ditetapkan oleh TikTok.
  • Setelah selesai, masuk ke aplikasi TikTok dan ikuti langkah-langkah untuk mengganti username seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Cara Ganti Nama TikTok Store

Selain terkenal sebagai jejaring sosial dan pemutar video pendek yang menghibur, TikTok juga menyediakan platform khusus bagi pengguna yang ingin membuka usaha toko on-line melalui TikTok Store. Sama seperti akun pribadi, pengguna juga bisa mengganti nama toko sesuai kebutuhan.

Bagi pengguna TikTok Store yang ingin mengganti nama tokonya dengan nama baru, berikut ini cara ganti nama toko TikTok Vendor yang bisa dicoba:

1. Mengganti Nama Toko Melalui HP

Cara pertama bisa dilakukan melalui perangkat HP sehingga lebih praktis. Pertama pengguna harus membuka aplikasi TikTok Store yang sudah terinstal. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa langkah berikut:

  • Klik Setting dan lanjutkan dengan memilih menu Store Data.
  • Untuk keperluan ganti nama toko maka bisa  memilih opsi Store Identify.
  • Jika sudah bisa langsung diganti dengan nama toko baru yang diinginkan.
  • Kemudian klik Save untuk menyimpan perubahan nama.
  • Tunggu selama beberapa saat sampai mendapat persetujuan ganti nama toko di TikTok Store.

2. Mengganti Nama Toko Melalui Web site

Cara ganti nama toko di TikTok Store juga bisa dilakukan melalui web site. Yang perlu dilakukan pengguna adalah mengunjung situs https://seller-id.tiktok.com/hompage melalui browser di laptop computer atau PC. Selanjutnya lakukan penggantian nama TikTok dengan cara berikut ini:

  • Login menggunakan akun TikTok Store dan pilih menu My Account.
  • Selanjutnya pilih Vendor Profile yang terletak di bagian kiri.
  • Jika sudah klik pada opsi Vendor Data.
  • Untuk mengganti nama toko, langsung saja pilih opsi Change.
  • Kemudian pilih menu Save untuk menyimpan nama toko yang baru.

Cara ganti nama TikTok yang telah dijelaskan diatas bisa dijadikan solusi terbaik bagi pengguna yang ingin mengubah username maupun akun TikTok. Selain mengubah nama akun TikTok pribadi, pengguna juga bisa mengubah nama akun di TikTok Store. Bagaimana, sudah siap ganti nama?

Baca Juga:

Back to top button