Tips

5 Cara Hide Story IG (Instagram) dari Teman dan Orang Tertentu

Story IG biasanya berisi konten sehari-hari yang diposting sesuai dengan keinginan pemilik akun. Tapi, terkadang tidak semua story cukup “aman” untuk dibagikan. Oleh karenanya, banyak orang mencari cara cover story IG dari orang atau akun tertentu yang dirasa tidak boleh melihatnya.

Bukannya tanpa alasan, ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan seseorang ingin menyembunyikan story. Entah itu ingin menyembunyikan story dari keluarga, teman yang tidak akrab, dan lain sebagainya.

Ada setidaknya 5 cara menyembunyikan story IG baik itu dari orang lain, dari semua followers, teman, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan menyembungikan story orang lain yang mungkin sedang tidak ingin dilihat. Berikut cara melakukannya!

1. Lewat Shut Pal

Menyembunyikan cerita Instagram (IG) dari pengguna tertentu dapat dilakukan dengan menggunakan fitur “Shut Buddies” di Instagram. Fitur ini memungkinkan pemilik story hanya menampilkannya kepada kelompok teman dekat saja. Bagaimana caranya? Coba ikuti petunjuk berikut:

  • Pertama, buka Profil Instagram dan klik ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Shut Buddies” dan tambahkan teman yang ingin diberikan akses eksklusif ke cerita.
  • Setelah menambahkan teman ke dalam daftar “Shut Buddies” kembali ke halaman utama Instagram.
  • Setelahnya, cukup buat story seperti biasa.
  • Saat siap untuk membagikannya, akan ada opsi “Shut Buddies” di bagian bawah layar dengan emblem hijau..
  • Klik opsi tersebut, dan cerita hanya akan terlihat oleh orang-orang dalam daftar “Shut Buddies

Dengan menggunakan cara cover story IG ini, cerita dapat disembunyikan dari pengikut lain yang tidak termasuk dalam daftar “Shut Buddies.” Hal ini memberikan kontrol lebih besar atas siapa yang dapat melihat cerita dan memungkinkan berbagi konten yang lebih pribadi dengan teman-teman terdekat.

2. Lewat Unfollow

Kadang-kadang, mungkin ada keinginan untuk menyembunyikan cerita dari pengikut tertentu tanpa harus memblokir mereka. Fitur “Unfollow” pada Instagram bisa juga dijadikan alternatif lain. Apalagi kalau memang merasa orang tersebut bukan temat dekat atau bahkan tidak dikenal jelas.

Jika ingin cover story IG dengan unfollow, cukup ikuti instruksi berikut ini:

  • Kunjungi profil pengguna yang ingin disembunyikan ceritanya, klik tombol “Diikuti“.
  • Pilih “Berhenti Mengikuti“.
  • Pengguna tersebut kini tidak akan muncul lagi di daftar story yang harus kamu lihat.

Untuk menggunakan fitur “Unfollow” ini, kamu pun tidak perlu memberitahu orang tersebut tentang tindakan yang kamu lakukan. Apalagi jika akun pengguna tersebut sudah diatur menjadi akun publik.

Namun, jika mereka tidak mengikuti akun seseorang dan akun itu adalah akun pribadi, mereka tidak akan dapat melihat cerita. Cara meng cover story IG ini bisa mengontrol siapa yang bisa melihat cerita tanpa harus melakukan tindakan drastis seperti memblokir.

3. Lewat Personal Account

Menjadikan akun Instagram sebagai akun pribadi adalah cara efektif untuk mengontrol siapa yang bisa melihat cerita. Dalam pengaturan profil Instagram, ada bagian yang dikhususkan untuk privasi. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Pergi ke bagian “Pengaturan dan Privasi” di aplikasi Instagram.
  • Kklik “Privasi Akun”, lalu aktifkan hingga berwarna hijau.
  • Akun kamu akan seketika berupa menjadi Personal Account.

Cara ini bisa meningkatkan keamanan dan privasi sekaligus cara cover story IG dari orang lain yang bukan pengikut. Artinya, ketika opsi ini diaktifkan, hanya pengikut yang telah disetujui yang bisa melihat cerita dan postingan. Orang lain yang ingin mengikuti juga harus mengirim permintaan yang harus disetujui.

Opsi ini memberikan kendali lebih besar terhadap audiens dan memastikan bahwa hanya orang yang dipilih yang dapat mengakses cerita. Dalam dunia di mana privasi menjadi semakin penting, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membatasi siapa yang bisa melihat konten story.

4. Lewat Fitur Cover Story

Menyembunyikan cerita Instagram (IG) dari pengguna tertentu dapat dengan mudah dilakukan melalui fitur “Cover Story.” Fitur ini memberikan kontrol lebih lanjut atas siapa yang dapat melihat cerita Instagram yang dibagikan. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka profil Instagram dan klik ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas.
  • Lalu, pilih “Settings”.
  • Navigasikan menuju menu “Privateness” lalu “Story.”
  • Di sini, akan ditemukan opsi “Cover Story From
  • Klik pada opsi tersebut, dan akan muncul daftar semua pengikut.
  • Pilih nama akun yang ingin disembunyikan kehadirannya.

Cari dan pilih nama-nama orang yang ingin kamu batasi agar tidak bisa melihat story, lalu konfirmasi. Dengan menggunakan fitur “Cover Story,” cerita yang dibagikan di Instagram akan tetap terlihat oleh semua pengikut kecuali mereka yang telah dipilih untuk disembunyikan.

Cara cover story IG tanpa shut pal ini adalah cara bagus untuk menjaga privasi dan mengontrol siapa yang dapat melihat konten pribadi atau eksklusif. Fitur ini alat yang berguna untuk memastikan bahwa cerita hanya dapat diakses oleh orang-orang yang dikehendaki saja.

5. Blokir Akun Tertentu

Cara paling ekstrim yang bisa kamu lakukan agar bisa cover story dari orang lain adalah dengan memblokir akun orang itu. Caranya pun cukup sederhana dan tidak perlu melakukan pengaturan serius, yaitu:

  • Buka profil pengguna Instagram yang ingin di-hide.
  • Klik pada tiga titik di pojok kanan atas profil akun tersebut.
  • Lalu pilih opsi “Blokir“.

Langkah ini termasuk cara terakhir yang mungkin bisa kamu pikirkan. Tentu saja, tidak semua orang layak untuk diblokir. Tapi sah-sah saja jika memang ada akun tertentu yang cukup mengganggu dan membuatmu tidak nyaman saat bermain Instagram.

Cara Mengetahui Kita di Cover Story IG

Sayangnya, Instagram tidak menyediakan fitur resmi yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui apakah mereka telah disembunyikan dari melihat cerita seseorang. Namun, ada beberapa cara mengetahui kita di cover story IG atau tidak oleh orang lain.

1. Gunakan Akun Kedua

Selain cara cover story IG, kamu mungkin penasaran apakah orang lain juga menyembunyikan story mereka darimu. Solusinya, bisa dengan menggunakan akun kedua atau akun rahasia.

Jika akun utama tidak bisa melihat story atau konten dari seseorang, maka bisa gunakan akun kedua atau second account. Dengan begitu, akan jelas diketahui apakah story orang tersebut benar-benar di cover dari kamu atau tidak.

2. Periksa Spotlight

Rata-rata pengguna Instagram biasanya menggunakan Spotlight untuk menyimpan story yang sudah pernah di add. Perhatikan saja tanggal dan waktunya, jika di waktu tersebut kamu tidak melihat postingan apapun, maka artinya cerita itu telah disembunyikan.

3. Bertanya Pada Teman

Teman lain mungkin bisa melihat story sementara kamu tidak. Jadi, untuk memastikannya, bisa dengan bertanya pada teman tersebut. Dengan begitu, jawabannya akan sangat jelas apakah hanya kamu yang tidak bisa melihatnya atau tidak.

Tetapi perlu diingat bahwa tanda-tanda ini tidak selalu menunjukkan bahwa kamu telah dibatasi dari melihat story IG mereka. Bisa jadi pengguna tersebut tidak memposting cerita, atau ada alasan lain yang mendasari perbedaan konten.

Selain itu, jangan tersinggung jika seseorang menyembunyikan cerita untuk kamu. Sama halnya dengan kamu yang terkadang ingin menyembunyikan story IG dari orang lain, mereka mungkin juga punya alasan yang sama.

Cara cover story IG ini hanya bertujuan menjaga privasi. Tidak ada hubungannya dengan cara ilegal atau tidak resmi lainnya. Walau bagaimana pun, menggunaka media sosial memang harus dipakai dengan bijak demi kenyamanan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga:

Back to top button