Cara Klaim Dana Rp 4.2 Juta dari Prakerja Gelombang 70 Tahun 2024

Cara Klaim Dana Rp 4.2 Juta dari Prakerja Gelombang 70 Tahun 2024

Cara Klaim Dana Rp 4.2 Juta dari Prakerja Gelombang 70 Tahun 2024

Program Kartu Prakerja merupakan salah satu inisiatif pemerintah untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan keterampilan dan pengembangan diri. Program Prakerja ini dikususkan untuk mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan atau sedang melakukan peningkata peforma kerja. Prakerja telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Prakerja saat ini telah memasuki gelombang ke 70. Program Prakerja Gelombang 70 ini menyediakan dana sebesar Rp 4.2 juta bagi peserta yang berhasil lolos seleksi. Sungguh sangat besar bukan?

Namun walau tampak mudah, program prakerja gelombang 70 ini memiliki kriteria tertentu dan syarat untuk mendapatkannya. Untuk kalian yang sudah lolos seleksi program prakerja gelombang 70, kalian dapat menyimak bagaimana cara klaim dana prakerja gelombang 70 ini. Berikut adalah panduan lengkap cara klaim dana tersebut:


Cara Klaim Dana Prakerja Gelombang 70

  1. Persiapkan Dokumen Penting

    Sebelum mendaftar, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen dan data berikut:

    • NIK KTP (Nomor Induk Kependudukan dari Kartu Tanda Penduduk)

    • Kartu Keluarga (KK)

    • Alamat email yang aktif

    • Nomor handphone yang aktif

    • Dokumen dan data ini diperlukan saat proses pendaftaran dan verifikasi.



  2. Kunjungi Situs Resmi Kartu Prakerja

    Buka situs resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id. Lakukan pendaftaran dengan mengisi semua data yang diminta secara benar dan lengkap. Setelah pendaftaran, Anda akan diarahkan untuk menonton tiga video mengenai program Kartu Prakerja.

  3. Tonton Video Informasi

    Menonton video informasi adalah langkah wajib dalam proses pendaftaran. Video ini berisi penjelasan tentang program Kartu Prakerja, manfaatnya, dan cara mengklaim insentif yang disediakan. Pastikan Anda menonton semua video hingga selesai untuk memenuhi persyaratan.

  4. Gabung Gelombang

    Langkah selanjutnya adalah bergabung dengan gelombang pendaftaran. Pilih opsi “Gabung Gelombang” untuk mengikuti seleksi Prakerja Gelombang 70. Setelah berhasil bergabung, Anda hanya perlu menunggu pengumuman apakah Anda lolos seleksi atau tidak.


Manfaat Jika Dinyatakan Lolos

Jika Anda dinyatakan lolos seleksi Prakerja Gelombang 70, berikut adalah manfaat yang akan Anda dapatkan:

  1. Saldo Dana Gratis Rp 4.200.000

    Anda akan menerima saldo Dana gratis sebesar Rp 4.200.000 yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan pelatihan dan pengembangan diri. Dana ini bisa dimanfaatkan untuk mengikuti kursus dan pelatihan yang tersedia di platform yang bekerja sama dengan Kartu Prakerja.

  2. Insentif Pelatihan

    Selain saldo Dana, Anda juga akan mendapatkan insentif pelatihan sebesar Rp 700.000. Insentif ini diberikan setelah Anda menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat. Insentif ini adalah sebagai bentuk apresiasi atas komitmen Anda dalam menyelesaikan pelatihan.

  3. Kemudahan dalam Pencairan

    Saldo dan insentif yang Anda terima dapat dicairkan melalui berbagai metode. Anda bisa mencairkannya lewat bank seperti BCA dan BNI. Selain itu, Kartu Prakerja juga menyediakan pilihan pencairan melalui dompet digital seperti OVO, Gopay, DANA, dan LinkAja.


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengklaim dana Rp 4.2 juta dari Prakerja Gelombang 70 dan memanfaatkannya untuk meningkatkan keterampilan serta membuka peluang kerja yang lebih baik. Jangan lewatkan kesempatan ini dan segera daftar untuk mendapatkan manfaatnya!

Pos terkait