Tips

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp Yang Hilang di Perangkat

Saat ini Whatsaap merupakan salah satu aplikasi penyampai pesan, yang masih sangat banyak digunakan dan juga pupuler hingga saat ini. Tak heran kalau para penggunany menyiman berbagai kontak yang terdapat didalamnya. Namun terkadang sering terjadi kendala hilang kontak tiba-tiba, sehingga banyak yang mencari Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang tersebut.

Walaupun begitu, kamu harus tetap tenang dan tidak usah merasa panik dengan hal tersebut. Untuk mengetahui berbagai cara yang dapat dilakukan, maka kamu bisa melihat berbagai informasi yang telah domainjava.com/blog rangkum untuk kalian dibawah ini. Jadi bisa mengatasi persoalan yang sedang kamu hadapi dengan segera.

Beberapa Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp Yang Hilang Tiba-Tiba Dengan Cepat

Ketika hal tersebut terjadi kepadamu, maka untuk langkah awalnya kalian tidak perlu khawatir maupun merasa panik berlebihan. Sebab kamu bisa mengatasi semuanya dengan melakukan Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp Yang Hilang secara tiba-tiba tersebut.

Adapun beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengembalikannya seperti semula. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah ataupin suggestions yang diberikan domainjava.com/blog ini, untuk bisa memulihkan kontak yang terdapat di Whatsapp tersebut. Inilah bebrapa suggestions yang bisa kamu ikuti dibawah ini:

Coba Untuk Membersihkan Chace pada Whatsapp

Hal pertama yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu yaitu, membersihkan chace yang telah menumpuk didalam apliksi Whatsapp milikmu. Hal tersebut terjadi karena lamanya kamu menggunakan suatu aplikasi, maka sudah pasti chace yang terdapat didalamnya akan bertambah terus dan akhirnya jadi menumpuk.

Kemudian ketika kamu mengirip pesan secara on-line melalui aplikasi whatsapp, maka sudah pasti akan menimbulkan Chace yang menumpuk. Sehingga akan menyebabkan terjadinya berbagai kendala yang akan mengambat jalannya suatu aplikasi.

Untuk itu, kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu pada menu pengaturan yang terdapat diperangkat. Jika kamu lupa ataupun belum mengetahu cara membersihkan chace pada aplikasi Whatsapp, kalian bisa melihat caranya dibawah ini:

  • Pertama kamu masuk kedapam menu Pengaturan terlebih dahulu yang terdapat didalam perangkat
  • Kemudian ada pilih menu di perangkat tersebut lalu kemudian klik saja Aplikasi, lalu pilih saja Whatsapp
  • Setelah tampilan dari aplikasi keluar, kamu bisa pilih menu Storage
  • Nanti akan tampil pilihan selanjutnya, klik saja Clear Chace pada aplikasi yang dipilih tersebut
  • Jika sudah selesai, maka kamu bisa memulai ulang terlebih dahulu perangkatmu atau merefresh perangkat sebelum membuka kembali Whatsapp pribadimu.
  • Dan selesai, kamu bisa mencobanya sendiri ketika mengalami hal serupa pada aplikasi Whatsapp pribadimu

Periksa Tampilan Pengaturan Kontak Whatsapp

Adapun penyebab lainnya yang membuat kontak pada aplikasi whatsapp tiba-tiba hilang. Kamu harus melihat terlebih dahulu tampilan pada menu pengaturan kontak yang terdapat didalamnya.

Dengan demikian, kamu bisa memunculkan kembali kontak whatsapp yang tiba-tiba hilang tersebut, kalau memang sebelumnya kamu memiliki banyak nomor kontak di aplikasi WA.

Kamu hanya perlu memperbaharui kontak yang terdapat didalam aplikasi Whatsapp. Pilih saja gambar pesan yang terdapat didalamnya, kemudian akan keluar informasi kontak disana. Kamu perbaharui kembali kontak tersebut agar bisa memunculkan nomor yang sudah tersimpan sebelumnya.

Maka otomatis, nanti akan keluar semua kontak yang telah hilang tiba-tiba. Jadi kamu bisa memakai Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp dengan mudah, melalui cara tersebut. Silahkan untuk mencobanya, apabila terjadi kepada kalian semua.

Aktifkan Menu Izin Pada Aplikasi Whatsapp

Selain itu, kamu perlu melihat izin aplikasi dari Whatsapp tersebut. Kamu perlu memastikan kembali bahwa izin aplikasi telah dibuka, sehingga semua kontak bisa ditampilkan didalamnya.

Jika tidak, maka otomatis kontak pada whatsapp milikmu tidak akan terlihat, dan muncul pada aplikasi. Untuk itu kamu perlu memastikannya sekali lagi didalam menu pengaturan. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai berikut :

  • Pertama kamu pergi ke menu Pengaturan yang terdapat didalam perangkatmu
  • Kemudian, scroll dan pilih opsi Aplikasi didalamnya
  • Setelah itu, akan tampil seluruh aplikasi didalamnya, dan kamu bisa teruskan pencarian sampai ketemu dengan Whatsapp, klik jika sudah menemukannya
  • Pada tampilan informasi Whatsapp tersebut, kamu bisa langsung memilih opsi Izin Aplikasi
  • Nanti akan muncul berbagai fitur didalamnya, dan pilih saja Kontak
  • Jika sudah, pastikan bahwa kamu sudah mencentang Izin aplikasi kontak yang terdapat didalamnya
  • Dengan begitu, otomatis kontak yang terdapat pada Whatsapp milikmu akan segera pulih dan kembali seperti semula
  • Kamu bisa mengecek kembali pada Whatsapp, bahwa kontak tersebut sudah pulih dan kembali lagi

Singkronkan Kontak Pada Akun Gmail

Bagi kamu yang sering mengalami maslah kehilangan kontak secara tiba-tiba. Maka sangat disarankan untuk melakukan singkronisasi kontak kedalam akun Gmail pribadimu. Hal tersebut bertujuan agar, ketika terjadi hal seperti ini lagi kamu bisa dengan cepat memulihkannya lagi.

Untuk itu, kamu bisa mencobanya dulu melalui singkronisasi dari akun Gmail, untuk Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp yang hilang tiba-tiba. Kamu hanya perlu mengekspor seluruh kontak kedalam akun gmail.

Setelah itu, sudah pasti jarang sekali akan terjadi hilang kontang secara tiba-tiba. Sebab nomor kontak tersebut sudah tersalin secara otomatis dan permanen kedalam akun gmail milikmu. Sehingga sedikit sekali kemungkinan akan terjadi lagi hal terkait.

Lakukan Set up Ulang Kembali Pada Aplikasi Whatsapp

Jika seluruh cara tidak juga membuahkan hasil, maka jalan terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan Set up ulang kembali pada aplikasi Whatsapp tersebut. Sehingga akan keluar tampilan baru dan pengaturan baru lagi saat ingin masuk ulang kedalam aplikasi tersebut.

Hanya saja, sebelum kamu akan melakukan set up ulang. Ada baiknya mencadangkan terlebih dahulu seluruh isi yang terdapat didalam Whatsapp pribadimu. Agar menghindarai kehilangan knowledge maupun chat yang sudah berjalan.

Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu masuk kedalam menu pengaturan yang terdapat di Whatsapp. Kemudian pilih Penyimpanan, lalu Cadangkan File. Setelah itu kamu tinggal tunggu saja pencadangan selesai.

Barulah kemudian kamu bisa set up ulang aplikasi Whatsappnya. Adapun cara-cara yang bisa kamu ikuti melalui arahan dari domainjava.com/blog dibawah ini. Jadi kamu tidak merasa bingung dan kesusahan, hanya tinggal mengikutinya saja.

  • Yang perlu dilakukan pertama kali yaitu, kamu hanya perlu menekan simbol Whatsapp tersebut beberapa detik saja
  • Kemudian nanti akan muncul pilihan, pilih saja Uninstall
  • Tunggu beberapa saat, aplikasi tersebut sudah pasti akan hilang dari dalam perangkatmu
  • Selanjutnya, hal yang perlu kamu lakukan yaitu buka Playstore ataupun App retailer yang sudah ada didalam perangkatmu terlebih dahulu
  • Lalu cari Whatsapp pada kolom pencarian yang terdapat didalamnya
  • Jika sudah ketemu, maka kamu bisa langsung mengklik Set up pada pilihan yang tertera dilayar
  • Tunggu hingga proses set up selesai, dan terpasang otomatis didalam perangkatmu
  • Setelah aplikasi sudah terpasang, kamu bisa memulai untuk masuk kembali kedalam aplikasi Whatsapp tersebut. Dengan dimulai memasukan No Hp yang sudah terdaftar, dan kemudian lanjutkan untuk masuk kedalam aplikasinya
  • Jika sudah selesai, maka kamu bisa melihat bahwa kontak yang sudah tersimpan akan kembali lagi dengan semula.
  • Kamu bisa mencoba cara ini, ketika sedang mengalami hal serupa.

Faktor Penyebab Kontak Whatsapp Yang Hilang Tiba-Tiba

Mungkin saja memang hal kehilangan kontak secara tiba-tiba pernah kalian rasakan sesekali. Sudah pasti akan membuat siapapun yang memakai aplikasinya akan merasa sangat kesal dan juga sedih.

Untuk itu, banyak sekali yang mecaritahu, Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp yang hilang misterius tersebut dari berbagai rekomendasi di web. Tanpa menyadari sebelumnya bahwa mungkin ada penyebab lain, yang membuat hal tersebut terjadi.

Bisa jadi ada beberapa kesalahan yang pernah kamu buat atau lupa pernah melakukannya. Sehingga akan terjadi hal kontak yang hilang secara tiba-tiba tersebut. Untuk itu kamu perlu mengetahui juga beberapa penyebab yang menimbulkan kejadian seperti itu, didalam aplikasi Whatsapp milikmu.

Yang pertama mungkin kamu sering lupa untuk melakukan pembersihan Chace yang sudah menumpuk, terdapat didalam perangkatmu. Hal ini sangat sekali sering terjadi, sebab memang murni karena kelupaan dan kelalaian yang pernah kamu lakukan.

Sudah pasti kamu akan mengalami hal tersebut, jika dirasa produksi Chace yang terdapat didalam perangkatmu terlalu banyak dan menumpuk. Untuk itu, kamu perlu rajin melakukan pembersihan, agar tidak terjadi lagi hal seperti demikian.

Kemudian kamu juga seringkali lupa untuk mengaktifkan Izin kontak aplikasi Whatsapp di menu pengaturan. Sehingga kontak yang akan masuk hanya sementara, dan kemudian akan hilang secara tiba-tiba.

Untuk itu, saat kamu mulai memsauki aplikasi Whatsapp saat pertama kali. Maka jangan lupanuntuk mengaktifkan Izin kontak didalamnya. Sehingga seluruh kontak yang tersimpan dapat terlihat dan terbuka di aplikasi Whatsappmu.

Yang terakhir sering sekali terjadi, dan banyak sekali yang menyepelekannya. Bahwa kamu tidak mencadangkan Kontak yang dimiliki dalam akun Gmail pribadimu. Karena hal tersebut sangat penting, kalau kalian kehilangan HP ataupun berganti perangkat.

Sebab, seluruh kontak yang tersimpan bisa dipulihkan kembali melalui akun Gmail tersebut. Dan tidak mungkin hilang, ataupun berkurang. Sehingga kamu perlu melakukan pencadangan terlebih dahulu kedalam gmail, agar tidak mengalami hal yang serupa. Bahkan kamu tidak akan pernah merasakan kehilangan kontak, walaupun berganti perangkat apapun.

Alternatif Lain Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp Melalui Aplikasi

Ada juga alternatif lainnya, yang bisa coba kamu lakukan untuk mengmbalikan Kontak Whatsapp yang tiba-tiba hilang tersebut. Kamu bisa memakai aplikasi yang terdapat didalam Toko Ap[likasi On-line didalam perangkatmu.

Nama aplikasi tersebut yaitu Get better Deleted All Contacts. Adapun tata cara menggunakan aplikasinya bisa kamu simak sebagai berikut:

  • Pertama buka menu Play retailer maupun App retailer yang terdapat diperangkatmu
  • Kemudian cari dan pilih Get better Deleted All Contacts, lalu mulai untuk Set up
  • Tunggu sampai hasil instal selesai dan terpasang otomatis didalam perangkat milikmu
  • Setelah terpasang, kamu buka aplikasi tersebut. Kemudian pilih menu Deleted yang terdapat pada menu disamping All
  • Didalam menu tersebut, nantinya kamu akan melihat kontak-kontak Whatsapp yang hilang ataupun terhapus
  • Kamu tinggal menekan nama dari kontak tersebut, untuk dapat mengembalikannya seperti semula
  • Otomatis, kontak Whatsapp milikmu akan kembali lagi
  • Untuk itu, kamu bisa mencobanya, ketika memamng memerlukan aplikasi satu ini sebagai solusi persoalanmu.

Itulah tadi beberapa informasi yang dapat domainjava.com/blog sampaikan. Sekiranya dapat membantu kamu dalam menemukan solusi dari masalah yang sedang dihadapi.

Baca juga artikel terkait lainnya :

Back to top button