Tips

4 Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok dengan Cepat

Ada kalanya pengguna TikTok mengunggah konten orang lain atau postingan ulang di TikTok. Namun sayangnya tidak sedikit yang belum mengetahui bagaimana cara menghapus postingan ulang di TikTok. Dalam hal ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Karena pada dasarnya setiap postingan ulang yang diunggah pengguna TikTok bisa dihapus kapan saja. Namun tentunya diperlukan cara yang tepat agar postingan ulang bisa dihapus. Untuk lebih jelasnya, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Fitur Repost TikTok

Repost merupakan salah satu fitur terbaru yang disediakan TikTok bagi penggunanya. Sesuai dengan namanya, fitur tersebut berfungsi untuk membagikan video yang diposting orang lain. Fitur repost berada di menu Share yang biasa digunakan untuk berbagi video secara langsung ke pengguna lain.

Sekilas fungsi repost pada TikTok mirip dengan Retweet yang ada di Twitter. Namun pada fitur ini video yang direpost tidak akan ditampilkan pada profil pengguna dan hanya ditampilkan di feed For You followers pengguna.

Bukan hanya itu saja, tombol Repost TikTok juga hanya ditampilkan pada video yang ada di feed For You. Dengan demikian tombol tersebut tidak akan terlihat pada video yang dikirimkan melalui pesan atau di halaman Uncover.

Repost video di TikTok akan memudahkan pengguna dalam berbagi konten kepada para followers tanpa perlu membuat konten sendiri. Karena konten video yang direpost hanya akan ditampilkan di feed pengguna TikTok lainnya yang sudah berteman dengan pengguna yang repost.

Cara Repost Video di TikTok

Sebelum membahas tentang cara menghapus postingan ulang di TikTok, ada baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana sebenarnya cara repost di TikTok. Karena selain memungkinkan untuk berbagi video dengan followers, fitur tersebut juga efektif untuk meningkatkan jumlah viewers.

Dalam hal ini pengguna TikTok bisa membagikan konten milik orang lain dengan tetap menampilkan pemilik asli dari konten yang di repost. Adapun cara repost video di TikTok adalah:

  • Buka aplikasi TikTok dan temukan konten video yang akan diposting ulang.
  • Klik ikon Share atau bagikan yang berada di bawah layar.
  • Kemudian klik Repost yang ditampilkan dengan warna kuning.
  • Nantinya akan muncul pop up yang menginformasikan bahwa repost berhasil.

Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghapus postingan ulang di TikTok. Jadi bagi pengguna yang ingin membatalkan repost atau menghapus postingan ulang yang terlanjur diunggah bisa mencoba salah satu cara di bawah ini:

1. Menghapus Postingan Ulang Menggunakan Pengaturan Privasi

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghapus postingan ulang di TikTok adalah dengan Pengaturan Privasi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menghapus video postingan ulang di TikTok yang perlu dilakukan:

  • Buka aplikasi TikTok di perangkat smartphone dan login menggunakan akun masing-masing.
  • Pada halaman awal bisa klik pada menu Profil, kemudian pilih opsi Privasi.
  • temukan fitur Siapa yang dapat duet dengan saya dan fitur Siapa yang bisa obtain video saya.
  • Silakan nonaktifkan kedua fitur tersebut untuk membatalkan atau menghapus postingan ulang di TikTok.

2. Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok melalui Opsi Unduh

Cara yang kedua bisa melalui menu Unduh yang tersedia di aplikasi TikTok. Tidak berbeda jauh dengan cara sebelumnya, cara yang satu ini juga cukup mudah dan bisa langsung dicoba untuk menghapus dan membatalkan postingan ulang di TikTok. Berikut ini langkahnya:

  • Buka aplikasi TikTok dan masuk menggunakan akun yang dimiliki.
  • Kemudian klik pada ikon titik tiga yang terletak di bagian kanan layar.
  • Nantinya akan muncul beberapa menu, silakan pilih opsi Unduh.
  • Langkah selanjutnya adalah menonaktifkan fitur Unduh tersebut.

3. Menghapus Postingan Ulang Secara Langsung

Cara hapus video postingan ulang di TikTok berikutnya yang bisa dilakukan untuk membatalkan dan menghapus postingan ulang di TikTok adalah secara langsung. Cara ini cukup efektif dan mudah sehingga bisa langsung dicoba dengan beberapa langkah berikut:

  • Buka TikTok dan login ke aplikasi menggunakan akun masing-masing.
  • Kemudian klik pada menu Profil dan temukan video yang akan dihapus.
  • Klik video dan klik ikon titik tiga yang ada di kanan bawah.
  • Terakhir klik opsi Hapus untuk menghapus konten yang direpost.

4. Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok Melalui Fitur Share

Cara terakhir yang sangat efektif untuk membatalkan atau menghapus konten yang di repost di TikTok adalah melalui fitur Share. Untuk lebih jelasnya, ikuti cara hapus postingan ulang di TikTok berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok dan lakukan login dengan akun yang dimiliki.
  • Kemudian pada video yang diposting ulang bisa klik ikon Share atau Bagikan.
  • Langkah selanjutnya adalah mengetuk ikon warna kuning dengan tulisan Take away Repost atau Hapus Postingan Ulang.
  • Selesai, video yang diposting ulang secara otomatis akan dihapus.

Cara Menyembunyikan Postingan Ulang di TikTok

Selain menghapus postingan ulang di TikTok, pengguna juga bisa menyembunyikan video yang direpost sehingga pengguna lain tidak bisa membagikannya kembali. Berikut ini adalah cara menyembunyikan postingan ulang yang bisa dilakukan:

  • Buka TikTok di perangkat masing-masing.
  • Kemudian pada beranda langsung menuju ke menu Profil yang berada di bagian bawah.
  • Selanjutnya klik ikon titik tiga pada Profil.
  • Pilih menu Pengaturan dan Privasi.
  • Langkah berikutnya adalah memilih opsi Privasi dan gulir ke bawah sampai menemukan opsi Repost atau Posting Ulang.
  • Geser toggle pada opsi tersebut sehingga menjadi non aktif dan warnanya berubah menjadi abu-abu.
  • Selesai, dengan cara tersebut fitur Repost di TikTok menjadi tidak aktif.

Informasi Penting Terkait Fitur Repost TikTok

Setelah mengetahui cara repost, cara menghapus postingan ulang di TikTon serta cara menyembunyikan postingan ulang di TikTok, sebaiknya ketahui pula beberapa informasi penting terkait fitur tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

1. Repost Atas Nama Konten Kreator

Setiap video yang berhasil di repost akan disertai keterangan berupa nama konten kreator yang telah mengunggah video serta keterangan lainnya. Seperti opsi menambahkan komentar yang berada di bagian komentar video.

2. Video Repost Hanya Ditampilkan di For You

Konten repost tidak akan ditampilkan di profil seperti halnya video yang telah kamu buat, melainkan hanya akan ditampilkan pada feed For You saja. Dengan demikian maka yang bisa melihat video adalah followers pengguna.

3. Tidak Bisa Melihat Video yang Direpost

Setelah video berhasil  di repost, pengguna tidak akan bisa melihat video kembali kecuali dengan cara menekan ikon lencana atau Favourite. Ikon ini letaknya di atas opsi Bagikan atau Share.

4. Cara Membatalkan Video Repost

Jika video repost belum hilang dari For You, maka bisa dibatalkan dengan cara menekan ikon Repost seperti ketika membagikannya. Namun jika video sudah menghilang, temukan video di folder Favourite untuk membatalkannya.

Cara menghapus postingan ulang di TikTok cukup mudah untuk diterapkan. Jika ternyata pengguna salah memposting ulang sebuah konten di TikTok, maka bisa memilih salah satu cara yang telah dijelaskan diatas untuk mengatasinya.

Baca Juga:

Back to top button