Tips

Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp (File APK) dengan Mudah

Saat ini aplikasi WhatsApp memang menjadi salah satu aplikasi obrolan (chat) yang amat banyak penggunanya. Apalagi dengan tersedianya berbagai fitur yang makin beragam sangat mendukung aktivitas. Termasuk cara mengirim aplikasi lewat WhatsApp yang merupakan kemampuannya juga.

Selama ini kemampuan WhatsApp memang terus dikembangkan. Sehingga bisa berfungsi sebagai sarana membantu pekerjaan. Karena bisa digunakan untuk mengirim beragam knowledge, baik dalam bentuk teks, foto, hingga mengirimkan tautan (hyperlink) dan aplikasi.

Untuk mengirimkan aplikasi melalui WA bisa dilakukan dengan beberapa cara. Baik dengan aplikasi tambahan atau tanpa aplikasi. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Menggunakan cara ini berarti pengguna hanya memanfaatkan beragam fitur yang ada pada perangkat saja. Jadi tidak menggunakan aplikasi tambahan lain. Berikut ini adalah langkah untuk melakukan pengiriman aplikasi lewat WA dari perangkat Android:

  • Bukalah menu “File Supervisor” di perangkat yang digunakan.
  • Pilih folder “APKs” dan nanti akan ditampilkan daftar aplikasi yang memiliki format APK yang sudah ada pada perangkat.
  • Temukan file APK yang ingin dikirimkan, biasanya ada kotak atau lingkaran di bagian kanan untuk diberi tanda.
  • Lalu pilih “Ship” (kirim) lanjutkan dengan opsi melalui “WhatsApp
  • Kemudian pilih kontak WA yang ingin dikirimkan aplikasi dan akhiri dengan menekan ikon “Ship”. Selesai.

Perlu diberitahukan bahwa pengaturan setiap jenis atau merek perangkat mungkin bisa sedikit berbeda. Sesuaikan saja dengan menu pengaturan pada perangkat masing-masing. Namun pada prinsipnya dapat mengikuti langka yang disebutkan di atas.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp Lewat WhatsApp Internet

Selain melakukan pengiriman melalui WA langsung pada perangkat, cara lainnya adalah melalui WhatsApp Internet. Menggunakan cara ini berarti menghubungkan perangkat ke laptop computer atau komputer. Jadi mengoperasikan WA dari laptop computer. Bukan dari perangkat secara langsung. Begini caranya:

  • Pilih kontak yang ingin dikirimkan aplikasi tersebut
  • Lalu pilih ikon berbentuk klip “Connect
  • Lanjutkan dengan memiliki jenis file dengan opsi “Connect Doc”. Kemudian pilih file APK yang ingin dikirimkan.
  • Klik opsi “Open” lalu kirimkan dengan menekan tombol “Ship” (ikon pesawat).

Bagi mereka yang menggunakan aplikasi WhatsApp untuk bekerja sehari-hari memang sering kali lebih memilih mengoperasikan WA melalui “hyperlink units” (menghubungkan perangkat”. Sehingga bisa mengirimkan berbagai file pekerjaan yang tersimpan pada laptop computer atau komputer. Bentuk file yang dikirimkan lebih beragam dan terkadang besaran file-nya juga bisa lebih berat. Cara menghubungkan smartphone dengan

Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp Lewat Bluetooth

Menggunakan cara ini juga dapat dilakukan tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Namun perlu diingat bahwa mengirimkan file melalui Bluetooth berarti harus mempertimbangkan jarak jangkauannya. Secara umum jangkauan Bluetooth adalah sekitar 10 meter.

Namun ini berarti pengiriman langsung tanpa melalui aplikasi WhatsApp. Karena aplikasi WA memiliki jangkauan yang amat luas. Jadi Bluetooth yang dimaksud bukanlah layanan Bluetooth yang ada di perangkat melainkan aplikasi tambahan yang disebut “Sender Bluetooth”.

Aplikasi “Sender Bluetooth” adalah aplikasi tambahan atau pihak ketiga yang perlu diunduh (obtain) melalui Google Play Retailer atau App Retailer. Kemudian dipasang (set up) di perangkat yang akan digunakan. Setelah itu baru bisa digunakan untuk mengirim file aplikasi dengan mengikuti langkah berikut:

  • Buka daftar aplikasi yang ada pada perangkat dan pilih aplikasi yang ingin dikirimkan
  • Pada bagian bawah layar tekan ikon “Share” kemudian pilih ikon hijau WhatsApp
  • Pilih kontak yang akan menjadi penerima kiriman aplikasi lalu tekan “Ship” (ikon pesawat)
  • File akan dikirimkan ke penerimanya.

Jadi sekali lagi ditegaskan bahwa yang dimaksud dengan pengiriman file melalui Bluetooth adalah menggunakan aplikasi tambahan “Sender Bluetooth”. Karena jika menggunakan layanan Bluetooth di perangkat, maka pengiriman langsung tanpa melewati WA. Namun memang jangkauannya terbatas.

Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp Menggunakan Aplikasi

Setelah dua cara di atas dilakukan hanya dengan memanfaatkan fitur WhatsApp, kini akan dibahas cara pengiriman aplikasi dengan bantuan aplikasi tambahan. Ada beberapa aplikasi yang umum digunakan, namun tentunya pengguna harus mengunduhnya dulu.

1. Melalui ShareCloud

Sebelum menggunakan aplikasi ini, pengguna harus mengunduhnya melalui Google Play Retailer (untuk perangkat Android) atau App Retailer (untuk perangkat iOS). Setelah mengunduh dan memasangnya di perangkat, baru bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengirim berbagai file, termasuk juga aplikasi.

  • Bukalah aplikasi ShareCloud dan masuk ke bagian “Pengaturan” (setting) lalu pilih menu “Apps
  • Nanti akan ditampilkan berbagai aplikasi yang ada pada perangkat. Pilihlah aplikasi mana yang ingin dikirimkan.
  • Setelah memilih lanjutkan dengan menekan ikon “Share” (berbagi)
  • Baru kemudian pilih ikon WhatsApp yang berbentuk kotak berwarna hijau.
  • Pilih kontak yang akan dikirimkan aplikasinya dari daftar yang tertera
  • Klik tombol “Ship” (ikon pesawat) dan proses pengiriman akan segera dilakukan.

2. Melalui ES File Explorer

Sama seperti pada aplikasi ShareCloud, menggunakan aplikasi tambahan ini juga berarti perlu mengunduhnya terlebih dulu. Hal ini bisa dilakukan melalui Google Play Retailer atau App Retailer. Selesai mengunduh langsung pasang (set up) di perangkat, baru lakukan langkah berikut:

  • Masuk ke aplikasi ES File Explorer lalu pilih “Pengaturan” (setting) dan lanjutkan memilih menu “Apps
  • Pilih aplikasi mana yang akan dikirimkan dari daftar aplikasi. Lalu tekan ikon “Share
  • Dari berbagai media yang ada, pilih ikon WhatsApp yang berwarna hijau
  • Nanti akan diarahkan ke daftar kontak WA yang dimiliki oleh pengguna. Pilih kontak yang akan dikirimkan file tersebut.
  • Tekan tombol “Ship” dan file aplikasi akan dikirimkan.

3. Melalui APK Extractor

Seperti cara mengirim aplikasi lewat WhatsApp menggunakan bantuan aplikasi tambahan atau pihak ketiga lainnya. Jadi pengguna perlu mengunduh dan memasangnya dulu di perangkat yang akan digunakan untuk mengirimkan file aplikasi.

  • Buka aplikasi APK Extractor yang telah diunduh tadi lalu masuk ke menu “Pengaturan”.
  • Temukan file yang akan dikirimkan pada daftar aplikasi pada perangkat.
  • Klik ikon “Share” lanjutkan dengan klik ikon WhatsApp
  • Pilih kontak WA yang akan menjadi penerima lalu tekan “Ship

Cara kerja aplikasi APK Extractor pada prinsipnya serupa dengan ES File Explorer. File APK yang dikirimkan harus sudah berada atau terpasang pada perangkat lebih dulu. Biasa disebut file mentahan. Jika tidak tersimpan di penyimpanan inside atau pada kartu SD.

Penutup

Ada berbagai cara mengirim aplikasi lewat WhatsApp. Baik langsung dari pengaturan perangkat atau dengan memanfaatkan berbagai aplikasi pihak ketiga yang tersedia. Namun ini berarti pengguna harus mengunduhnya dan memasangnya dulu di perangkat yang akan digunakan.

Seperti pada pengiriman file dalam berbagai bentuk, selalu perlu kehati-hatian agar file tidak terkirim ke penerima yang bukan tujuan. Juga berhati-hatilah agar saat mengunduh aplikasi pihak ketiga, file tersebut aman dari virus atau malware.

Baca Juga:

Back to top button