Cara Mengubah Data BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi 2024

Cara Mengubah Data BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi 2024

Cara Mengubah Data BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi 2024

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Lembaga yang mengelola program jaminan Kesehatan nasional di Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan Kesehatan yang komprehensif bagi seluruh warga Indonesia. BPJS Kesehatan didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Program ini mulai beroperasi pada 1 Januari 2014 dan menggantikan berbagai skema jaminan kesehatan yang ada sebelumnya, seperti akses dan jamsostek. Pembentukan BPJS Kesehatan juga bertujuan untuk mewujudkan jaminan Kesehatan yang merata dan inklusif bagi seluruh penduduk Indonesia.


Besaran iuran BPJS Kesehatan berbeda tergantung pada kategori kepesertaan. Untuk PPU, iuran dibayarkan oleh pemberi kerja dan pekerja dengan persentase tertentu dari gaji. BPJS Kesehatan menerapkan sistem pembayaran berbasis kapitasi untuk pelayanan kesehatan tingkat pertama dan sistem INA-CBG’s (Indonesia Case-Based Groups) untuk pelayanan kesehatan tingkat lanjut.

Cara Mengubah Data BPJS Kesehatan

Berikut ini adalah cara mengubah data BPJS kesehatan:

  1. Unduh dan Instal Aplikasi Mobile JKN

    Buka Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). cari aplikasi “Mobile JKN” dan unduh aplikasi tersebut lalu instal aplikasi di perangkat kalian

  2. Login ke Aplikasi Mobile JKN

    Buka aplikasi Mobile JKN yang telah diinstal. Masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) atau Nomor Kartu BPJS Kesehatan serta kata sandi kalian, Jika kalian belum memiliki akun pilih opsi “Daftar” untuk membuat akun baru


  3. Pilih Menu “Ubah Data Peserta”

    Setelah berhasil masuk pada halaman utama aplikasi pilih menu “Ubah Data Peserta”. Menu ini biasanya berada di bagian bawah atau dapat diakses melalui ikon menu di sudut kanan atas.

  4. Pilih Data yang Ingin Diubah

    Pada halaman “Ubah Data Peserta”, kalian akan melihat berbagai pilihan data yang dapat diubah, seperti:

    • Nama lengkap

    • Tanggal lahir

    • Alamat

    • Nomor telepon

    • Fasilitas kesehatan tingkat pertama (Faskes)

    • Pilih data yang ingin Anda ubah dengan mengetuk opsi yang sesuai.



  5. Masukkan Perubahan Data

    Setelah memilih data yang ingin diubah, masukkan informasi yang baru pada kolom yang disediakan. Pastikan informasi yang dimasukkan sudah benar dan sesuai dengan dokumen resmi yang dimiliki.

  6. Unggah Dokumen Pendukung

    Untuk beberapa jenis perubahan data, seperti perubahan nama atau tanggal lahir, kalian mungkin perlu mengunggah dokumen pendukung, seperti KTP atau akta kelahiran. Unggah dokumen yang diminta dengan memilih file dari perangkat kalian.

  7. Simpan Perubahan

    Setelah semua data baru telah dimasukkan dan dokumen pendukung telah diunggah (jika diperlukan), pilih tombol “Simpan” atau “Submit” untuk mengirim perubahan data. Aplikasi akan memproses permintaan perubahan data kalian

  8. Konfirmasi Perubahan

    Kalian akan menerima notifikasi melalui aplikasi atau email yang terdaftar setelah perubahan data berhasil diproses. Pastikan untuk memeriksa kembali data yang telah diubah untuk memastikan bahwa semuanya sudah benar.


Pos terkait