Cara Mengurus Kartu BPJS yang Telah Hilang

Cara Mengurus Kartu BPJS yang Telah Hilang

Cara Mengurus Kartu BPJS yang Telah Hilang

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) merupakan lembaga yang mengelola program jaminan sosial di Indonesia, yang mencakup berbagai jenis perlindungan sosial seperti kesehatan, ketenagakerjaan, dan program jaminan sosial lainnya. Kartu BPJS adalah kartu identitas atau kartu peserta yang diterbitkan oleh BPJS untuk peserta yang telah terdaftar dalam program-program jaminan sosial yang mereka kelola.

Kartu BPJS berfungsi sebagai identitas resmi bagi peserta program jaminan sosial yang dikelola oleh BPJS. Setiap peserta akan diberikan kartu BPJS sesuai dengan jenis program yang diikutinya seperti, Kartu BPJS Kesehatan atau Kartu BPJS Ketenagakerjaan. Kartu BPJS memberikan akses peserta untuk mendapatkan layanan Kesehatan atau manfaat lain yang mereka ikuti misalnya, dengan kartu BPJS Kesehatan, peserta dapat mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS.


Kartu BPJS sangat berperan penting dalam menyediakan perlindungan sosial kepada peserta termasuk akses terhadap layanan Kesehatan yang diperlukan, dengan memiliki kartu BPJS peserta memiliki kepastian bahwa mereka telah terdaftar dan berhak atas manfaat yang disediakan oleh program jaminan sosial yang dikelola oleh BPJS.

Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang

  1. Melaporkan Kehilangan

    Segera laporkan kehilangan kartu BPJS Anda kepada BPJS Kesehatan. Kalian bisa melakukannya dengan menghubungi Call Center BPJS Kesehatan di nomor 1500400 atau langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Berikan informasi yang akurat mengenai kehilangan kartu.

  2. Siapkan Dokumen

    1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) asli dan fotokopi.

    2. Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi.

    3. Surat keterangan kehilangan yang dikeluarkan oleh kepolisian (SKCK) atau surat pernyataan kehilangan yang ditandatangani di atas materai.



  3. Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan

    Setelah kalian melaporkan kehilangan dan menyiapkan dokumen yang diperlukan, kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Pastikan untuk membawa semua dokumen yang telah kalian persiapkan.

  4. Proses Administrasi

    Di kantor BPJS Kesehatan, kalian akan diminta untuk mengisi formulir permohonan penggantian kartu BPJS. Formulir ini berisi informasi pribadi dan keterangan terkait kehilangan kartu.

  5. Verifikasi dan Validasi

    Petugas BPJS Kesehatan akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang kalian ajukan dan memproses penggantian kartu BPJS yang hilang berdasarkan informasi yang kalian berikan.


  6. Pembuatan Kartu Baru

    Setelah proses administrasi selesai dan semua dokumen diverifikasi kartu BPJS yang baru akan diproses. Biasanya, waktu penggantian kartu bisa berbeda-beda tergantung pada kebijakan dan prosedur masing-masing kantor BPJS Kesehatan.

Pos terkait