Cara Mengurus SKTM Online untuk Daftar KIP Kuliah

Cara Mengurus SKTM Online untuk Daftar KIP Kuliah

Cara Mengurus SKTM Online untuk Daftar KIP Kuliah

Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Online merupakan salah satu persyaratan penting dalam pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. SKTM ini dirancang untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu mendapatkan bantuan pendidikan. Dalam era digital saat ini, pengajuan SKTM bisa dilakukan secara online, memudahkan proses verifikasi dan pengajuan dokumen tanpa harus mengunjungi kantor kelurahan atau kecamatan. Dengan adanya SKTM Online, diharapkan akses terhadap bantuan pendidikan semakin mudah dan transparan, sehingga lebih banyak siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu bisa melanjutkan pendidikan tinggi.

Proses pengajuan SKTM Online melibatkan beberapa langkah. Pertama, calon mahasiswa harus mengakses situs resmi pemerintah yang menyediakan layanan SKTM Online. Mereka akan diminta untuk mengisi formulir dengan data pribadi dan informasi keuangan keluarga. Setelah formulir terisi lengkap, dokumen pendukung seperti Kartu Keluarga (KK) dan slip gaji orang tua perlu diunggah. Sistem kemudian akan memverifikasi data yang diberikan, dan jika semua informasi valid, SKTM akan diterbitkan dalam format digital yang bisa diunduh dan dicetak oleh pemohon. Kemudahan ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga mengurangi kemungkinan terjadinya praktik korupsi atau manipulasi data.


Syarat Urus SKTM

Untuk mengurus SKTM, berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi:

  1. Salinan Kartu Keluarga (KK)

    Salinan Kartu Keluarga (KK) merupakan salah satu persyaratan utama dalam mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Kartu Keluarga adalah dokumen resmi yang mencatat seluruh anggota keluarga serta hubungan kekeluargaan di dalamnya. Dokumen ini berfungsi sebagai bukti legal bahwa pemohon adalah bagian dari sebuah keluarga tertentu dan tinggal di alamat yang tertera pada kartu tersebut.

  2. Salinan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP)

    Salinan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) juga menjadi syarat wajib dalam pengurusan SKTM. E-KTP merupakan identitas resmi yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia yang sudah berusia 17 tahun atau telah menikah. Dokumen ini berisi informasi penting seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, agama, status perkawinan, pekerjaan, kewarganegaraan, dan masa berlaku KTP.


  3. Surat keterangan tidak mampu dari RT atau RW

    Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT atau RW adalah dokumen yang dikeluarkan oleh Ketua RT atau RW setempat sebagai pengakuan resmi bahwa pemohon berasal dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi. Surat ini biasanya diperoleh setelah melakukan pengajuan permohonan kepada Ketua RT atau RW dengan membawa dokumen pendukung seperti KK dan E-KTP.

  4. Materai 10.000

    Materai 10.000 diperlukan sebagai salah satu persyaratan administratif dalam pengurusan SKTM. Materai ini digunakan untuk keperluan legalitas dokumen, menjadikan surat permohonan atau pernyataan memiliki kekuatan hukum yang sah. Penggunaan materai merupakan bentuk pemenuhan kewajiban pembayaran pajak atas dokumen tertentu, sehingga dokumen yang dibubuhi materai menjadi sah di mata hukum.

Cara Buat SKTM Secara Online

Berikut ini adalah cara buat SKTM secara online:


  1. Membuat Akun: Pemohon membuat akun di aplikasi SIpraja yang bisa diunduh di ponsel masing-masing.

  2. Verifikasi Akun: Verifikasi akun dilakukan oleh operator desa.

  3. Pengajuan SKTM: Pemohon melakukan pengajuan melalui tipe B SKTM di kecamatan.

  4. Unggah Dokumen: Unggah file KTP, KK, dan surat keterangan yang sudah bermaterai. Sertakan surat keterangan dari RT atau RW.

  5. Verifikasi Informasi: Verifikasi data dilakukan oleh operator kecamatan.

  6. Pengesahan dan Penandatanganan: Jika data sudah sesuai, SKTM akan disahkan oleh camat dan ditandatangani.

  7. Pencetakan SKTM: SKTM dicetak dan diserahkan kepada pemohon, atau dapat juga dicetak secara mandiri.


Proses dan Biaya Pengurusan SKTM

Pengurusan SKTM pada umumnya tidak dikenakan biaya alias gratis. Durasi pengurusannya berkisar antara 15 menit hingga 1 hari kerja, tergantung pada kelengkapan dokumen dan proses verifikasi yang dilakukan oleh petugas.

Dengan adanya SKTM Online, calon penerima KIP Kuliah memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan bantuan pendidikan tepat waktu. KIP Kuliah sendiri adalah program bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu tetapi memiliki potensi akademik yang baik. Melalui SKTM Online, pemerintah berupaya memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran dan diberikan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Program ini diharapkan dapat meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi di Indonesia, mengurangi kesenjangan sosial, dan menciptakan generasi muda yang lebih berdaya saing di masa depan.

Pos terkait