Cek Jadwal Pencairan PKH Tahap 3 Juli 2024

Cek Jadwal Pencairan PKH Tahap 3 Juli 2024

Cek Jadwal Pencairan PKH Tahap 3 Juli 2024

Bansos PKH (Program Keluarga Harapan) merupakan salah satu program bantuan sosial yang dikelola oleh pemerintah Indonesia. Program ini bertujuan untuk membantu keluarga miskin dan rentan di Indonesia dalam upaya mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan, serta memberikan akses lebih baik terhadap layanan pendidikan dan kesehatan.

PKH ditujukan kepada keluarga miskin dan rentan di seluruh Indonesia. Penerima program ini dipilih berdasarkan kriteria tertentu, seperti pendapatan rendah dan kebutuhan khusus. PKH memberikan bantuan tunai secara berkala kepada keluarga penerima manfaat. Besar bantuannya yang diterima bervariasi tergantung pada kondisi ekonomi dan jumlah anggota penerima nya.


Program PKH sangat dilengkapi dengan sistem monitoring dan evaluasi yang sangat ketat agar memastikan bahwa bantuan yang diberikan dapat sasaran dan efektif untuk meningkatkan kesejahteraan penerima manfaat. Penyaluran bansos PKH dilakukan dengan cara transfer langsung ke rekening bank atau lewat sistem keuangan digital.

Untuk memastikan proses transfer yang efisien dan transparan, administrasi program ini diawasi oleh Kementerian sosial dan instansi terkait lainnya. Pemerintah daerah memiliki peran penting dalam implementasi PKH, termasuk dalam identifikasi calon penerima, pendampingan, dan pengawasan terhadap pelaksanaan program di Tingkat local.

Cara Cek Pencairan PKH Tahap 3

Berikut adalah cara cek pencairan PKH tahap 3:

  1. Kunjungi Situs Resmi PKH

    Buka browser dan kunjungi situs resmi Program Keluarga Harapan (PKH) yang dikelola oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia. Situs ini biasanya adalah pkh.kemsos.go.id atau pkh.bri.co.id.

  2. Pilih Menu Cek Pencairan

    Di halaman utama situs PKH, cari menu atau bagian yang menyediakan layanan untuk mengecek pencairan atau penyaluran bantuan PKH.

  3. Masukkan Informasi yang Dibutuhkan

    Biasanya untuk mengecek pencairan kalian perlu memasukkan informasi seperti:


    • Nomor Identitas Kepala Keluarga (NIK KK).

       

    • Nomor Kependudukan (NIK) dari anggota keluarga penerima PKH.

  4. Klik Tombol Cari atau Cek

    Setelah memasukkan informasi yang diminta, klik tombol “Cari” atau “Cek” untuk melanjutkan proses pencarian.

  5. Lihat Hasil Pencarian

    Setelah proses pencarian selesai sistem akan menampilkan informasi mengenai status pencairan atau penyaluran bantuan PKH Tahap 3 untuk keluarga kalian. Informasi yang biasanya ditampilkan meliputi tanggal pencairan, jumlah bantuan yang diterima, dan status lainnya terkait dengan proses pencairan.

  6. Verifikasi dan Konfirmasi

    Pastikan untuk memverifikasi informasi yang ditampilkan dengan benar. Jika ada ketidaksesuaian atau pertanyaan lebih lanjut kalian dapat menghubungi nomor layanan yang disediakan atau mengunjungi kantor PKH terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.


Pos terkait