Cek Pencairan Bansos BLT Dana Desa 2024

Cek Pencairan Bansos BLT Dana Desa 2024

Cek Pencairan Bansos BLT Dana Desa 2024

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa merupakan program bantuan sosial yang bertujuan untuk membantu masyarakat di desa-desa yang berada dalam kondisi ekonomi kurang mampu. Program ini menggunakan dana desa yang dialokasikan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Dana BLT Dana Desa dialokasikan oleh pemerintah pusat kepada desa-desa melalui APBN. Alokasi dana ini berdasarkan jumlah penduduk miskin dan kondisi ekonomi desa yang dihitung berdasarkan kriteria tertentu. Setiap desa memiliki kewenangan untuk menentukan kriteria penerima BLT sesuai dengan kondisi lokal. Biasanya, kriteria tersebut mencakup pendapatan per kapita, kondisi sosial ekonomi, dan ketersediaan data kependudukan yang valid.


Masyarakat yang memenuhi kriteria diharapkan mendaftar sebagai calon penerima BLT. Verifikasi dilakukan oleh tim dari desa atau pihak yang ditunjuk untuk memastikan keabsahan data dan kelayakan penerima. Setelah verifikasi selesai, dana BLT disalurkan kepada penerima manfaat. Penyaluran bisa dilakukan secara langsung ke rekening bank penerima atau dalam bentuk tunai, tergantung kebijakan yang diterapkan oleh desa.

Pemerintah desa bertanggung jawab untuk memantau penyaluran dan penggunaan dana BLT Dana Desa. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk memastikan efektivitas program dan tepat sasaran. Program BLT Dana Desa menjadi salah satu instrumen penting dalam upaya pemerintah untuk mendukung kesetaraan sosial ekonomi antar wilayah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa di Indonesia.

Cara Cek Pencairan Bansos BLT Dana Desa:

  • Melalui Mesin ATM

    1. Bank yang Terdaftar, pastikan kalian menggunakan mesin ATM dari bank yang terdaftar sebagai penyalur bansos, seperti Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, atau Bank BTN.



    2. Masukkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke mesin ATM.

    3. Masukkan PIN KKS kalian.

    4. Pilih menu “Informasi Saldo” atau “Cek Saldo”.

    5. Saldo BLT Dana Desa kalian akan ditampilkan di layar.

    6. Jika diperlukan, cetak struk untuk menyimpan bukti saldo kalian.

  • Melalui Aplikasi Mobile Banking



    1. Gunakan aplikasi mobile banking dari bank yang mengeluarkan KKS kalian.

    2. Unduh dan instal aplikasi mobile banking dari bank yang sesuai (BNI Mobile Banking, Mandiri Online, BRImo, atau BTN Mobile Banking).

    3. Buka aplikasi dan login menggunakan akun kalian.

    4. Pilih menu “Informasi Saldo” atau “Cek Saldo”.

    5. Saldo BLT Dana Desa kalian akan ditampilkan di layar.

Pos terkait