Cek Pencairan Bansos PKH Alokasi Juli 2024, Begini Panduan Lengkapnya

Cek Pencairan Bansos PKH Alokasi Juli 2024, Begini Panduan Lengkapnya

Cek Pencairan Bansos PKH Alokasi Juli 2024, Begini Panduan Lengkapnya

Pemerintah Indonesia terus melanjutkan program penyaluran bantuan sosial berupa Program Keluarga Harapan (PKH) yang bertujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu. Pada bulan Juli 2024 ini, penyaluran PKH memasuki tahap ketiga dari total empat tahap dalam tahun anggaran 2024. Bagi masyarakat penerima manfaat (KPM), informasi mengenai jadwal dan cara pencairan bansos PKH sangat penting untuk diketahui.

Jadwal Pencairan Bansos PKH Juli 2024

Saat ini proses pencairan bansos PKH telah memasuki tahap ketiga dimana proses pencairan akan dilakukan melalui dua saluran utama, yaitu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan Kantor Pos. Untuk melihat jadwal lengkap pencairan bansos PKH pada tahun 2024, berikut adalah rinciannya:


  • Tahap Pertama: Januari – Maret 2024

  • Tahap Kedua: April – Juni 2024

  • Tahap Ketiga: Juli – September 2024

  • Tahap Keempat: Oktober – Desember 2024

Jadwal ini disesuaikan untuk memastikan bahwa bantuan sosial tepat waktu dan efektif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat penerima manfaat.


Cara Cek Penerima Bansos PKH Juli 2024

Bagi KPM yang ingin memastikan status mereka sebagai penerima bansos PKH pada bulan Juli 2024, ada beberapa langkah yang dapat diikuti dengan mudah:

  1. Kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id.

  2. Pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat tinggal Anda. Masukkan juga nama sesuai dengan KTP Anda.

  3. Masukkan kode keamanan yang ditampilkan dengan benar. Jika kode yang dimasukkan salah, klik refresh untuk mendapatkan kode baru.

  4. Klik tombol “Cari Data” untuk memulai proses pencarian.

  5. Hasil pencarian akan menunjukkan apakah nama Anda terdaftar sebagai penerima bansos PKH atau tidak.


Nominal Bansos PKH 2024

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018, besaran nominal bansos PKH bervariasi tergantung pada kriteria Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Secara umum, berikut adalah gambaran besaran nominal yang diterima:

  • Balita usia 0-6 tahun: Rp 3.000.000 per tahun

  • Ibu hamil dan melahirkan: Rp 3.000.000 per tahun

  • Lansia dan difabel: Rp 2.400.000 per tahun

  • Siswa SD, SMP, hingga SMA: Rp 900.000 – Rp 2.000.000 per tahun

Jika Anda sudah terdaftar sebagai penerima bantuan PKH untuk alokasi Juli 2024, Anda bisa mencairkan dana bansos PKH melalui bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, dan BTN). Bagi yang tidak memiliki ATM, pencairan bansos PKH juga bisa dilakukan melalui kantor Pos Indonesia terdekat.


Syarat Penerima Bansos PKH Juli 2024

Untuk menjadi penerima bantuan sosial PKH Alokasi Juli 2024, seseorang harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dapat dibuktikan dengan e-KTP.

  2. Terdaftar sebagai anggota keluarga berkebutuhan khusus dalam data kelurahan.

  3. Tidak menjadi bagian dari anggota ASN, TNI, atau Polri.

  4. Belum menerima bantuan lain seperti BLT UMKM, BLT Subsidi Gaji, dan Kartu Prakerja.


Penyaluran bansos PKH pada bulan Juli 2024 ini menjadi momentum penting dalam upaya pemerintah untuk mendukung kesejahteraan masyarakat kurang mampu. Dengan mengakses informasi jadwal pencairan dan cara cek penerima bansos PKH secara online, diharapkan masyarakat dapat memperoleh bantuan sosial dengan lebih mudah dan transparan. Tetap update dengan informasi terbaru untuk memastikan Anda tidak melewatkan kesempatan mendapatkan bantuan yang tepat waktu dari pemerintah.

Pos terkait