Cek Pencairan Saldo Dana Bansos BPNT Rp 400 Ribu

Cek Pencairan Saldo Dana Bansos BPNT Rp 400 Ribu

Cek Pencairan Saldo Dana Bansos BPNT Rp 400 Ribu

Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) merupakan salah satu program bantuan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu keluarga miskin dan rentan dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka. BPNT diberikan dalam bentuk saldo elektronik yang dapat digunakan untuk membeli bahan pangan di e-warong (elektronik warung gotong royong) atau toko pangan yang bekerja sama dengan pemerintah.

Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dengan nilai bantuan Rp 400 ribu merupakan salah satu program sosial yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia untuk membantu keluarga miskin dan rentan secara langsung memenuhi kebutuhan pangan mereka. Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap pangan berkualitas, mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin, serta mendukung peningkatan kesejahteraan melalui distribusi bantuan berbasis teknologi.

Program BPNT diluncurkan sebagai bagian dari komitmen pemerintah dalam mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial di Indonesia. Dengan menggunakan sistem kartu elektronik atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), penerima manfaat dapat memanfaatkan saldo elektronik tersebut untuk berbelanja bahan pangan pokok di e-warong atau toko pangan yang telah bekerjasama dengan pemerintah.


Program ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan bantuan langsung, tetapi juga untuk memberdayakan ekonomi lokal dengan melibatkan para pedagang di tingkat lokal. Melalui keterlibatan e-warong dan pedagang lokal, program ini juga berdampak positif terhadap perekonomian lokal dengan meningkatkan pendapatan para pedagang kecil.

Cara Cek Pencairan Saldo Dana Bansos BPNT:

  • Melalui Mesin ATM

    1. Bank yang Terdaftar, pastikan kalian menggunakan mesin ATM dari bank yang terdaftar sebagai penyalur bansos, seperti Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, atau Bank BTN.

    2. Lalu masukkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke mesin ATM.

    3. Masukkan PIN KKS Anda.

    4. Pilih menu “Informasi Saldo” atau “Cek Saldo”.

    5. Saldo BPNT Anda akan ditampilkan di layar.

    6. Jika diperlukan, cetak struk untuk menyimpan bukti saldo kalian.


  • Melalui Aplikasi Mobile Banking

    1. Gunakan aplikasi mobile banking dari bank yang mengeluarkan KKS kalian.

    2. Lalu unduh dan instal aplikasi mobile banking dari bank yang sesuai (BNI Mobile Banking, Mandiri Online, BRImo, atau BTN Mobile Banking).

    3. Buka aplikasi dan login menggunakan akun kalian.

    4. Pilih menu “Informasi Saldo” atau “Cek Saldo”.

    5. Saldo BPNT Anda akan ditampilkan di layar.


Pos terkait