Cek Penerima Bansos untuk Lansia, Bantuan Sebesar Rp2,4 Juta

Cek Penerima Bansos untuk Lansia, Bantuan Sebesar Rp2,4 Juta

Cek Penerima Bansos untuk Lansia, Bantuan Sebesar Rp2,4 Juta

Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Lansia

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah salah satu program bantuan sosial yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin dan rentan di Indonesia. Salah satu kelompok sasaran PKH adalah lansia yang berusia 70 tahun ke atas yang tinggal di dalam rumah tangga penerima manfaat PKH. Bantuan yang diberikan melalui PKH ini bertujuan untuk memastikan bahwa kebutuhan dasar lansia, terutama yang berkaitan dengan kesehatan dan nutrisi, dapat terpenuhi dengan lebih baik. Selain itu, PKH juga berperan dalam mendorong partisipasi lansia dalam kegiatan sosial dan ekonomi di lingkungan mereka.

Melalui PKH, lansia yang memenuhi syarat akan mendapatkan bantuan tunai secara periodik. Besaran bantuan ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ekonomi masing-masing penerima. Penyaluran bantuan PKH dilakukan melalui bank yang telah bekerja sama dengan pemerintah, sehingga proses distribusinya lebih terjamin dan terpantau dengan baik. Selain bantuan tunai, PKH juga memberikan akses kepada layanan kesehatan dan sosial yang lebih baik, seperti pemeriksaan kesehatan rutin dan penyuluhan mengenai gizi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia dan mengurangi beban keluarga yang merawat mereka.


Syarat Daftar Bansos PKH Lansia 2024

Terdapat beberapa kriteria masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan PKH, adapun di antaranya ialah lansia dan penyandang disabilitas berat yang dinyatakan tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, disisi lain terdapat persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan PKH (Program Keluarga Harapan), di antaranya sebagai berikut:

  1. WNI (Warga Negara Indonesia) dibuktikan dengan e-KTP

  2. Terdaftar dalam sistem DTKS

  3. Tidak penerima bantuan lain seperti subsidi gaji atau kartu prakerja, BLT, dan UMKM

  4. Tidak termasuk ke dalam anggota ASN, TNI, Polri, karyawan BUMD dan BUMN

  5. Memiliki data kategori masyarakat yang membutuhkan, yang di akui oleh kelurahan setempat.


Dana Bansos untuk Lansia

Terdapat beberapa nominal berbeda – beda yang di berikan kepada masyarakat, sesuai kriteria yang ada. Berikut Penjelasannya :

  1. Lansia dan penyandang disabilitas berat akan mendapatkan Rp 2,4 juta per tahun melalui empat tahap pencairan, sehingga satu kali pencairan mendapatkan Rp 600 ribu

  2. Ibu hamil akan mendapatkan Rp 3 juta per tahun melalui empat tahap pencairan, sehingga satu kali pencairan mendapatkan Rp 750 ribu

  3. Bayi dan anak usia dini akan mendapatkan Rp 3 juta per tahun melalui empat tahap pencairan, sehingga satu kali pencairan mendapatkan Rp 750 ribu

Cara Mengecek Penerimaan Bansos PKH Bagi Lansia

Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ingin mengetahui apakah mereka termasuk penerima bansos bagi penyandang disabilitas dapat melakukan langkah-langkah mudah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs https://cekbansos.kemensos.go.id/

  2. Masukkan wilayah daerah penerima bantuan dengan mengisi kolom provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.

  3. Masukkan nama Penerima Manfaat (PM) dengan benar sesuai KTP.

  4. Isi empat huruf kode Captcha yang tertera dalam kotak.

  5. Tekan menu “Cari Data”.


Dengan langkah-langkah sederhana ini, KPM dapat memastikan status mereka sebagai penerima bansos dengan lebih pasti.

Kartu Lansia Jakarta (KLJ) untuk Lansia

Kartu Lansia Jakarta (KLJ) adalah program bantuan sosial yang khusus diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membantu lansia yang berada di bawah garis kemiskinan. KLJ memberikan bantuan tunai kepada lansia yang berusia 60 tahun ke atas dan tidak memiliki penghasilan tetap. Setiap penerima KLJ mendapatkan bantuan sebesar Rp600.000 setiap dua bulan sekali. Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan sosial dan meningkatkan kesejahteraan lansia di ibu kota. Bantuan yang diberikan melalui KLJ dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari seperti makanan, pakaian, dan obat-obatan.

Penyaluran bantuan KLJ dilakukan setiap bulan melalui rekening bank yang dimiliki oleh penerima manfaat. Setiap penerima bantuan KLJ mendapatkan uang tunai yang dapat diambil di ATM atau digunakan untuk pembayaran kebutuhan melalui kartu debit. Pemerintah DKI Jakarta juga menyediakan layanan pendampingan untuk membantu lansia mengakses layanan kesehatan dan sosial, serta memberikan informasi mengenai hak dan fasilitas yang bisa mereka dapatkan. Program KLJ ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perhatian dan perlindungan kepada warga lansia yang rentan.

Cara Cek Status Kartu Lansia Jakarta 2024

Untuk mengecek status penerimaan Kartu Lansia Jakarta pada tahun 2024, langkah-langkah yang dapat diikuti adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs resmi Dinas Sosial DKI Jakarta di halaman http://siladu.jakarta.go.id.

  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom yang disediakan.

  3. Klik tombol “Cek NIK” untuk melihat status apakah NIK tersebut terdaftar dalam DTKS atau tidak.


Cara Mendapatkan Kartu Lansia Jakarta

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan Kartu Lansia Jakarta:

  1. Pastikan Anda memenuhi syarat sebagai penerima KLJ.

  2. Daftarkan diri Anda ke kelurahan atau kecamatan setempat dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK).

  3. Proses verifikasi dan validasi akan dilakukan oleh petugas kelurahan/kecamatan.

  4. Jika Anda lolos verifikasi, data Anda akan dimasukkan ke dalam DTKS.

  5. Tunggu informasi lebih lanjut dari Dinas Sosial mengenai penerbitan dan distribusi Kartu Lansia Jakarta.


Baik Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Kartu Lansia Jakarta (KLJ) merupakan inisiatif penting dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan lansia di Indonesia. PKH, yang bersifat nasional, memberikan bantuan tunai dan akses layanan kesehatan bagi lansia yang tinggal dalam keluarga miskin di seluruh Indonesia. Sementara itu, KLJ yang merupakan program khusus di DKI Jakarta, memberikan bantuan tunai bulanan kepada lansia tanpa penghasilan tetap di ibu kota. Kedua program ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam menyediakan jaring pengaman sosial bagi lansia, yang sering kali menjadi kelompok rentan dalam masyarakat. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan lansia dapat hidup lebih sejahtera dan mendapatkan perhatian yang layak dari pemerintah.

Pos terkait