Cek Penerima KJP Plus Gelombang 2 dan Besaran Dananya

Cek Penerima KJP Plus Gelombang 2 dan Besaran Dananya

Cek Penerima KJP Plus Gelombang 2 dan Besaran Dananya

Program Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus) merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bertujuan untuk memberikan bantuan sosial kepada anak-anak dari keluarga kurang mampu. Program ini merupakan pengembangan dari Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang telah ada sebelumnya. KJP Plus memberikan bantuan dalam bentuk kartu yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan pendidikan dan kesehatan, seperti pembayaran sekolah, buku pelajaran, dan biaya kesehatan.

Penerima KJP Plus adalah anak-anak dari keluarga yang memenuhi syarat sebagai keluarga kurang mampu di DKI Jakarta. Syarat ini termasuk tinggal di Jakarta minimal dua tahun terakhir, memiliki Kartu Keluarga (KK) yang terdaftar di Jakarta, serta memiliki pendapatan orang tua atau wali yang tidak melebihi batas yang ditentukan oleh pemerintah. Penerima KJP Plus juga harus berusia antara 0 hingga 18 tahun dan belum menyelesaikan pendidikan tingkat SMA atau sederajat.


Persyaratan Penerima KJP Plus

Untuk menjadi penerima KJP Plus, siswa harus memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  1. Terdaftar sebagai siswa aktif di sekolah negeri atau swasta di DKI Jakarta.

  2. Berasal dari keluarga tidak mampu yang dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan.

  3. Memiliki Kartu Keluarga (KK) Jakarta.

  4. Menyertakan surat rekomendasi dari sekolah atau kelurahan setempat.

Cara Cek Penerima KJP Plus

Untuk memastikan apakah Anda atau anak Anda terdaftar sebagai penerima KJP Plus Tahap I tahun 2024, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:


  • Melalui Situs Resmi

    Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek status penerimaan KJP:

    1. Buka situs kjp.jakarta.go.id.

    2. Pilih menu “Cek Status Penerima KJP.”

    3. Tekan “Cari.”

    4. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) orang tua penerima KJP Plus.

    5. Pilih tahun yang sesuai.

    6. Tentukan tahap yang ingin dilihat.

    7. Tekan tombol “Cek.”

    8. Informasi mengenai penerima KJP Plus akan ditampilkan.

  • Melalui Sekolah

    1. Kunjungi kantor administrasi di sekolah masing-masing.

    2. Tanyakan kepada petugas administrasi atau guru terkait daftar penerima KJP Plus.

    3. Pastikan membawa dokumen pendukung seperti Kartu Keluarga (KK) dan KTP orang tua/wali.


Dana Bantuan KJP Plus

Dana KJP Plus 2024 telah diumumkan dengan alokasi bantuan yang berbeda untuk setiap tingkat pendidikan. Untuk siswa SD di sekolah negeri, bantuan bulanan yang diterima adalah sebesar Rp250.000. Sedangkan bagi siswa di sekolah swasta, mereka akan menerima bantuan pendidikan sebesar Rp250.000 per bulan ditambah dengan biaya SPP sebesar Rp130.000 per bulan.

Di tingkat SMP, siswa di sekolah negeri akan mendapatkan bantuan sebesar Rp300.000 setiap bulannya. Sementara itu, siswa di sekolah swasta akan menerima bantuan pendidikan sebesar Rp300.000 per bulan, ditambah dengan biaya SPP sebesar Rp170.000 per bulan.
Untuk siswa SMA dan SMK di sekolah negeri, mereka akan menerima bantuan sebesar Rp420.000 per bulan. Sementara itu, siswa di sekolah swasta pada tingkat ini akan mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp300.000 per bulan, ditambah dengan biaya SPP sebesar Rp290.000 per bulan. Dana KJP Plus 2024 ini diharapkan dapat membantu meringankan beban biaya pendidikan bagi siswa di berbagai tingkatan pendidikan di Indonesia.


Program KJP Plus sangat penting dalam membantu meringankan beban biaya pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu di Jakarta. Namun, untuk memastikan program ini berjalan efektif, diperlukan langkah-langkah seperti peningkatan sosialisasi agar lebih banyak keluarga yang memenuhi syarat dapat mengakses program ini dengan mudah. Selain itu, perlu juga upaya untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan tepat waktu dan tepat sasaran agar memberikan dampak maksimal bagi perkembangan anak-anak penerima manfaat.

Pos terkait