Cek Status DTKS dan Cara Daftarnya di cekbansos.kemensos.go.id

Cek Status DTKS dan Cara Daftarnya di cekbansos.kemensos.go.id

Cek Status DTKS dan Cara Daftarnya di cekbansos.kemensos.go.id

DTKS, atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, adalah sistem informasi yang memuat data dan informasi terkait kesejahteraan sosial di Indonesia. DTKS mencakup data individu, keluarga, dan kelompok yang dikategorikan sebagai masyarakat miskin dan rentan miskin. Sistem ini digunakan sebagai dasar untuk penyaluran berbagai program bantuan sosial dan perlindungan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan bantuan langsung tunai. DTKS berfungsi sebagai alat yang penting untuk memastikan bahwa bantuan sosial tepat sasaran, mengurangi ketidakadilan, dan meningkatkan efektivitas program-program kesejahteraan.

Status DTKS sering diperbarui untuk mencerminkan perubahan kondisi sosial ekonomi penerima manfaat. Pembaruan data ini melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, dinas sosial, dan masyarakat. Proses verifikasi dan validasi dilakukan untuk memastikan keakuratan dan kelayakan data, sehingga bantuan dapat diterima oleh mereka yang benar-benar membutuhkan. Dengan adanya DTKS, pemerintah dapat memantau dan mengevaluasi efektivitas program kesejahteraan sosial secara lebih akurat dan terukur. Selain itu, status DTKS juga digunakan sebagai referensi dalam pengambilan kebijakan dan perencanaan program-program sosial di masa depan.


Cara Cek Status DTKS

Berikut ini adalah cara cek status DTKS:

  1. Buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id/

  2. Isi tempat anda tinggal, dari mulai provinsi hingga Desa/Kelurahan

  3. Isi nama penerima manfaat sesuai KTP

  4. Isi kode captcha yang tertera

  5. Tekan opsi “Cari Data”

  6. Nantinya system akan menampilkan status penerima DTKS apakah sudah terdaftar atau belum.

  7. Jika anda belum terdaftar di DTKS, anda bisa melakukan pendaftaran secara online


Cara Daftar DTKS Secara Online

Berikut ini adalah cara daftar DTKS secara online:

  1. Download Aplikasi Cek Bansos Kemensos di Play Store

    Cari dan unduh aplikasi “Cek Bansos” yang disediakan oleh Kementerian Sosial melalui Google Play Store.

  2. Buka Aplikasi dan Registrasi Akun

    Setelah mengunduh aplikasi, buka dan pilih opsi “Buat Akun Baru” untuk registrasi akun.

  3. Isi Nama Lengkap dan Data Diri

    Masukkan nama lengkap dan data diri Anda, seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), dan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dengan benar.


  4. Unggah Foto KTP dan Swafoto

    Unggah foto KTP dan lakukan swafoto (selfie) sambil memegang KTP.

  5. Buat Akun Baru

    Setelah mengisi dan mengunggah data, tekan opsi “Buat Akun Baru”. Kemudian, verifikasi akun melalui email yang dikirim oleh Kemensos.

  6. Masuk Kembali ke Aplikasi

    Setelah verifikasi akun, masuk kembali ke aplikasi dan pilih opsi “Daftar Usulan”. Masukkan dan isi data diri yang diminta.

  7. Pilih Jenis Bansos

    Pilih jenis bantuan sosial yang Anda butuhkan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

  8. Verifikasi Data oleh Kemensos

    Setelah mengajukan data, sistem Kemensos akan memverifikasi data yang Anda ajukan. Jika data yang Anda masukkan valid dan sesuai dengan kriteria penerima bantuan, Anda akan terdaftar dalam DTKS dan berhak menerima bantuan sosial.


Pentingnya DTKS

Berikut ini adalah pentingnya DTKS:

DTKS merupakan alat penting bagi pemerintah untuk memastikan bantuan sosial tepat sasaran. Data yang akurat dan terbaru sangat penting agar bantuan dapat disalurkan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Dengan adanya layanan online ini, masyarakat dapat dengan mudah mengecek status dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan sosial. Selain itu, transparansi dan kemudahan akses ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap program bantuan sosial pemerintah.

Mengecek status dan mendaftar di DTKS kini menjadi lebih mudah dengan adanya layanan online di cekbansos.kemensos.go.id dan aplikasi Cek Bansos Kemensos. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat memastikan bahwa Anda terdaftar dan berhak menerima bantuan sosial dari pemerintah. Manfaatkan fasilitas ini untuk mendapatkan hak Anda dan membantu pemerintah dalam menyalurkan bantuan kepada yang berhak.

Pos terkait