Pendidikan

11 Contoh Teks Berita 5W 1H Berbagai Topik Terkini

Di period ini, teks berita banyak kita temui dan kita jumpai dalam berbagai media massa, seperti surat kabar, majalah, dan siaran di televisi maupun radio. Teks berita juga dapat dengan mudah kita temukan di smartphone kita dengan membuka situs web. Berikut ini Contoh Teks Berita 5W 1H dalam penulisan teks berita.

Teks berita merupakan suatu bentuk komunikasi tertulis yang bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang peristiwa maupun kejadian terkini kepada khalayak umum. Teks berita biasanya disusun berdasarkan kejelasan, keterpercayaan, dan objektivitas dalam penyampaian fakta-fakta yang relevan dan benar – benar terjadi.

Teks berita memiliki peran penting dalam menyediakan informasi faktual kepada masyarakat umum, membantu pembaca dalam memahami peristiwa-peristiwa terkini di dunia, dan mendukung proses pemahaman serta pengambilan keputusan. Teks berita membantu kita dalam memperoleh dan mendapatkan informasi terbaru.

Dalam period digital saat ini, teks berita juga telah berkembang ke dalam berbagai format, termasuk berita daring (on-line) yang dapat diakses melalui situs internet berita, aplikasi berita, dan platform media sosial yang dapat dengan mudah kita akses.

Mengapa Teks Berita Harus Menggunakan 5W 1H?

Mungkin banyak yang bertanya – tanya mengapa kita harus menggunakan 5W 1H dalam menulis sebuah teks berita. Lalu apa sebenarnya 5W 1H itu? Dan mengapa hal itu menjadi keharusan dalam menulis suatu berita?

Dalam penyampaian sebuah informasi pada teks berita harus memiliki unsur 5W 1H dalam isi berita yang ditulis. 5W 1H yaitu What, Who, Why, The place, When dan How. Hal ini penting agar penyampaian berita yang disampaikan dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca dan tersampaikan dengan baik.

Prinsip 5W 1H juga digunakan untuk memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada pembaca. Dengan menerapkan prinsip ini, para pembaca dapat memahami berita dengan lebih baik dan mendapatkan gambaran menyeluruh tentang kejadian yang dilaporkan.

Keterangan Unsur 5W 1H Dalam Sebuah Teks Berita

Unsur 5W 1H adalah prinsip dasar dalam menulis berita yang menjawab enam pertanyaan penting yaitu What (Apa), Who (Siapa), The place (Dimana), When (Kapan), Why (Mengapa), dan How (Bagaimana). Dalam setiap berita, unsur-unsur ini membantu untuk memberikan informasi lengkap dan jelas kepada pembaca.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang masing-masing unsur 5W 1H:

  • What (Apa): Pertanyaan ini menjawab pokok dari berita, ini memberikan gambaran dasar tentang apa yang sedang terjadi.
  • Who (Siapa): Unsur ini mencakup identifikasi siapa yang terlibat dalam peristiwa atau topik yang dilaporkan. Siapa pelaku, pihak terlibat, atau orang yang relevan dalam berita ini? Siapa yang memberikan pernyataan atau pandangan?
  • The place (Dimana): Unsur ini menunjukkan lokasi atau tempat di mana peristiwa tersebut terjadi. Di mana lokasi kejadian? Di mana berita ini memiliki dampak atau relevansi?
  • When (Kapan): Pertanyaan ini menentukan waktu dan tanggal terjadinya peristiwa. Kapan peristiwa ini terjadi? Berapa lama peristiwa ini berlangsung?
  • Why (Mengapa): Unsur ini menjelaskan alasan atau penyebab terjadinya peristiwa. Mengapa peristiwa ini terjadi? Apa yang menjadi pemicu atau latar belakang peristiwa ini?
  • How (Bagaimana): Pertanyaan ini menguraikan bagaimana peristiwa tersebut terjadi atau dilaksanakan. Bagaimana peristiwa ini berlangsung? Bagaimana pelaku bertindak? Bagaimana dampaknya?

Tentu saja penggunaan 5W 1H ini sangat penting dalam penulisan teks berita. Lalu apa saja contoh teks berita yang menggunakan 5W 1H itu? Langsung simak saja yuk berikut ini contoh teks berita 5W 1H dengan berbagai topik yang bisa membantu dalam referensi belajar kamu lho.

Berbagai Contoh Teks Berita 5W 1H Yang Mudah Di Pahami

Pastinya banyak yang masih merasa bingung bagaimana cara untuk membuat teks berita dengan menggunakan unsur 5W 1H ini bukan? Tentu saja membuat teks berita yang satu ini umumnya mudah sekali lho.

Nah, dari pada bingung bagaimana cara untuk membuatnya, maka ada baiknya simak langsung saja yuk berbagai Contoh Teks Berita Menggunakan 5W+1H yang telah kami jabarkan di bawah ini.

1. Contoh Teks Berita 5W 1H Tentang Gempa Bumi

Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,8 mengguncang wilayah Pesisir Selatan pada hari Selasa malam. Guncangan hebat ini mengakibatkan kerusakan pada beberapa bangunan dan menimbulkan kepanikan di kalangan penduduk setempat.

Peristiwa tersebut terjadi pada hari Selasa malam sekitar pukul 21.15 waktu setempat. Gempa bumi ini dipicu oleh aktivitas seismik di bawah permukaan tanah, yang merupakan fenomena alam yang terjadi secara periodik.

Kejadian ini mengakibatkan getaran hebat selama beberapa detik. Beberapa bangunan rusak dan jendela pecah akibat getaran. Rina Kartika, seorang saksi mata, menceritakan betapa menakutkannya gempa tersebut, dengan rumah bergetar kuat dan keluarganya lari ke luar.

Otoritas setempat cepat bertindak, mengaktifkan tim penanggulangan bencana dan memperingatkan potensi tsunami. Warga di pantai diinstruksikan untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Tim penilaian bencana sedang mengevaluasi kerusakan, sementara otoritas mengkoordinasikan evakuasi dan bantuan bagi warga terdampak.

Gempa ini mengingatkan pentingnya kesiapan dan respons cepat dalam menghadapi bencana alam. Pemerintah dan masyarakat di Pesisir Selatan diingatkan untuk tetap waspada dan siap menghadapi situasi darurat semacam ini.

2. Contoh Teks Berita 5W 1H Tentang Penemuan Spesies Baru Amazon

Tim peneliti mengumumkan penemuan spesies baru yang menakjubkan di dalam hutan hujan Amazon. Temuan ini menjadi sorotan dunia ilmiah dan menggugah minat terhadap keanekaragaman hayati yang masih belum terungkap di wilayah ini. Penemuan spesies baru ini diumumkan pada hari Selasa, setelah berbulan-bulan melakukan ekspedisi dan analisis.

Eksplorasi ini dilakukan untuk memahami lebih lanjut tentang keanekaragaman hayati di hutan hujan Amazon dan mengidentifikasi spesies yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Tim peneliti melakukan survei dan pengamatan terhadap berbagai organisme di hutan hujan, dan menemukan spesies baru yang memiliki ciri-ciri unik dan belum terdokumentasi sebelumnya.

Dr. Maria Silva, seorang anggota tim peneliti, mengatakan, “Penemuan ini sangat menggembirakan dan menunjukkan betapa banyak hal yang masih perlu kita pelajari tentang ekosistem yang begitu kompleks di hutan hujan Amazon.”

Spesies baru ini memiliki warna tubuh yang mencolok dan adaptasi khusus untuk bertahan hidup di lingkungan hutan hujan yang lembap dan penuh dengan tantangan. Temuan ini membuka potensi penemuan lebih banyak spesies yang masih belum terungkap di hutan hujan Amazon yang luas.

Penemuan ini menggarisbawahi pentingnya perlindungan terhadap hutan hujan Amazon dan upaya konservasi untuk memastikan keberlanjutan keanekaragaman hayati yang luar biasa di wilayah ini.

3. Contoh Teks Berita 5W 1H Tentang Erupsi Gunung Merapi

Gunung Merapi, gunung berapi paling aktif di Indonesia yang teletak di perbatasan Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah, meletus dengan hebat pada hari Jumat pagi. Erupsi ini memicu langkah evakuasi cepat untuk mengamankan ribuan warga yang tinggal di sekitar lereng gunung.

Letusan terjadi pada hari Jumat pagi sekitar pukul 06.00 waktu setempat. Erupsi ini terjadi akibat tekanan dari aktivitas vulkanik di dalam gunung, yang menyebabkan pelepasan gasoline dan materials vulkanik.

Peristiwa Letusan diikuti oleh kolom abu vulkanik yang tinggi dan awan panas yang mengalir turun dari puncak gunung. Langkah evakuasi cepat diambil untuk memindahkan warga dari zona bahaya.

Dalam kondisi yang panik, warga setempat, seperti Nurul Hasanah, menggambarkan momen evakuasi, “Kami berlari meninggalkan rumah dan membawa sejumlah barang berharga. Letusan ini tiba begitu mendadak.”

Otoritas setempat bersama tim penanggulangan bencana bekerja keras untuk menjalankan evakuasi yang terkoordinasi dan memberikan tempat penampungan sementara bagi warga yang mengungsi. Kondisi cuaca dan arah angin menjadi faktor kritis dalam mengambil langkah-langkah penanggulangan.

Gunung Merapi adalah ancaman alam yang sering dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Erupsi ini mengingatkan pentingnya kesiapan dan respons cepat dalam menghadapi bencana alam, serta perlunya langkah-langkah pencegahan yang lebih baik untuk melindungi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana.

4. Contoh Teks Berita 5W 1H Tentang Banjir

Hujan deras yang tak henti-hentinya mengguyur Desa Serut, lampung mengakibatkan banjir bandang yang melanda wilayah tersebut. Puluhan rumah terendam air, memaksa warga setempat mengungsi ke tempat yang lebih tinggi demi keselamatan.

Peristiwa itu terjadi akibat hujan deras yang berlangsung selama beberapa hari. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan sungai meluap dan air merendam pemukiman warga dengan cepat. Air yang mengalir deras membawa lumpur dan materials lain yang membuat situasi semakin parah.

Salah seorang warga, Siti Rahayu, menceritakan momen mencekam saat banjir datang, “Air tiba-tiba masuk dengan cepat ke dalam rumah kami. Kami harus segera mengungsi dengan apa yang kami bisa selamatkan.”

Tim penanggulangan bencana dan pihak berwenang setempat segera merespons dengan menyediakan bantuan evakuasi dan pengungsian bagi warga. Armada perahu karet juga dikerahkan untuk membantu evakuasi warga yang terjebak di tengah air.

Banjir bandang ini memicu keprihatinan dan seruan bagi pemerintah dan masyarakat setempat untuk lebih memperkuat infrastruktur dan langkah-langkah mitigasi bencana guna melindungi wilayah-wilayah yang rawan banjir. Kejadian ini juga mengingatkan masyarakat akan risiko banjir dan perlunya kesiapsiagaan serta edukasi dalam menghadapi bencana alam.

5. Contoh Teks Berita 5W 1H Tentang Lingkungan

Program “Peduli Lingkungan” yang digulirkan oleh Pemerintah Kota Surabaya berhasil mendapatkan dukungan luas dari masyarakat. Program ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan dan pembuangan sampah plastik dengan melibatkan partisipasi aktif warga dalam pengelolaan sampah dan promosi gaya hidup ramah lingkungan.

Program ini diluncurkan beberapa bulan yang lalu dan telah mengumpulkan dukungan signifikan dari masyarakat. Program ini bertujuan untuk mengurangi dampak sampah plastik terhadap lingkungan dan mengajak warga untuk berkontribusi dalam upaya pelestarian alam.

Program ini melibatkan edukasi, kampanye, dan pelatihan bagi masyarakat tentang cara mengurangi penggunaan plastik, mendaur ulang, dan mengelola sampah dengan benar. Penyampaian edukasi tentang mengengola sampah kepada masyarakat dilakukan dengan metode yang interaktif dan berjalan sangat seru.

Hasil positif terlihat dari peningkatan kesadaran masyarakat dalam penggunaan kantong kain dan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. Rini Setiawati, seorang ibu rumah tangga, berbagi pengalamannya, “Kami sekarang lebih sadar untuk membawa kantong kain sendiri saat belanja, dan memisahkan sampah organik dan non-organik di rumah.”

Program “Peduli Lingkungan” tidak hanya membawa perubahan dalam kebiasaan individu, tetapi juga memperkuat kerja sama komunitas dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Pemerintah kota berharap program ini akan terus berlanjut dan dapat menjadi contoh inspiratif bagi upaya serupa di berbagai wilayah.

Dengan partisipasi masyarakat yang semakin besar, program ini membawa harapan bahwa langkah-langkah kecil dapat memberikan dampak positif besar dalam pelestarian lingkungan dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan lestari.

Baca Juga :

Back to top button