Daftar Bansos yang Cair di Awal Juli 2024 Beserta Besaran Insentifnya

Daftar Bansos yang Cair di Awal Juli 2024 Beserta Besaran Insentifnya

Daftar Bansos yang Cair di Awal Juli 2024 Beserta Besaran Insentifnya

Memasuki bulan Juli 2024, pemerintah Indonesia kembali mencairkan berbagai program bantuan sosial (bansos) untuk mendukung masyarakat yang membutuhkan. Bansos ini bertujuan untuk meringankan beban ekonomi dan memastikan kesejahteraan masyarakat. Setiap bansos memiliki kriteria dan besaran insentif yang berbeda-beda. Ada bansos yang memberikan uang tunai, dan ada juga bansos yang memberikan bantuan berupa non tunai atau uang. Untuk kalian penerima bansos pada bulan-bukan sebelumnya, kalian harus cek bansos apa saja yang akan cair pada awal Juli 2024. Apakah bansosmu termasuk juga ke dalam daftar di bawah ini? Berikut informasinya:


Daftar Bansos Yang Cair di Awal Juli 2024

Berikut adalah rincian bansos yang akan cair di awal Juli 2024 beserta besaran insentifnya:

  1. Bansos Beras 10 Kg

    Pemerintah telah memperpanjang pencairan bansos beras 10 Kg hingga Desember 2024. Mulai Juli hingga Desember, pencairan akan dilakukan setiap dua bulan sekali, yang berarti Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima total 30 Kg beras dalam periode tersebut.
    Rincian Pencairan:

    • Juli – Agustus 2024: 10 Kg beras

    • September – Oktober 2024: 10 Kg beras

    • November – Desember 2024: 10 Kg beras

      Program ini sangat membantu KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari, terutama bagi mereka yang berada dalam kategori rentan pangan.

  2. Program Indonesia Pintar (PIP)

    Setelah sempat tertunda karena libur sekolah, pencairan Program Indonesia Pintar (PIP) akan dilanjutkan pada awal Juli 2024. Program ini memberikan bantuan pendidikan kepada siswa untuk mendukung biaya sekolah dan kebutuhan pendidikan lainnya.
    Manfaat PIP:

    • SD/MI: Rp450.000 per tahun

    • SMP/MTs: Rp750.000 per tahun

    • SMA/MA: Rp1.000.000 per tahun

      PIP bertujuan untuk memastikan bahwa setiap anak Indonesia memiliki akses yang sama terhadap pendidikan, mengurangi angka putus sekolah, dan meningkatkan kualitas pendidikan nasional.


  3. Atensi YAPI (Anak Yatim Piatu)

    Bansos Atensi YAPI khusus untuk anak yatim piatu akan dicairkan pada awal Juli 2024. Program ini memberikan bantuan sebesar Rp200 ribu per anak yang ditujukan untuk anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang berusia di bawah 17 tahun.
    Manfaat Atensi YAPI:

    • Dukungan Kebutuhan Sehari-hari: Uang saku, biaya pendidikan, dan kebutuhan dasar lainnya.

    • Dukungan Psikososial: Melalui program pendampingan untuk memastikan perkembangan psikologis yang sehat.

      Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kesejahteraan bagi anak-anak yang kehilangan orang tua mereka, membantu mereka tetap bersekolah dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  4. BLT Dana Desa

    BLT Dana Desa merupakan bantuan yang diberikan kepada KPM yang tinggal di desa terpencil dan berisiko mengalami kemiskinan ekstrem. Bantuan ini disalurkan untuk mengurangi kesenjangan ekonomi di daerah pedesaan.
    Rincian Pencairan:

    • Cair 2 Bulan Sekaligus: Rp600.000

    • Cair 3 Bulan Sekaligus: Rp900.000

      BLT Dana Desa sangat penting untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat desa, memperbaiki infrastruktur desa, dan meningkatkan akses terhadap layanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan.

  5. PKH (Kartu Keluarga Sejahtera – KKS)

    Pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk alokasi Mei-Juni 2024 belum merata, sehingga pemerintah akan mencairkannya lagi pada awal Juli 2024. KPM akan menerima bantuan dua bulan sekaligus sesuai dengan komponen pada Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
    Komponen Bantuan PKH:

    • Ibu Hamil: Rp2.400.000 per tahun

    • Anak Usia Dini 0-6 Tahun: Rp2.400.000 per tahun

    • Pendidikan SD: Rp900.000 per tahun

    • Pendidikan SMP: Rp1.500.000 per tahun

    • Pendidikan SMA: Rp2.000.000 per tahun

    • Lansia: Rp2.400.000 per tahun

    • Penyandang Disabilitas Berat: Rp2.400.000 per tahun

      PKH bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga miskin melalui akses terhadap layanan pendidikan, kesehatan, dan gizi.


  6. BPNT 2024 (KKS)

    Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) untuk alokasi Mei-Juni 2024 juga belum merata pencairannya. KPM akan menerima bantuan sebesar Rp400 ribu karena BPNT cair untuk dua bulan sekaligus.
    Manfaat BPNT:

    • Saldo Elektronik: Dapat digunakan untuk membeli bahan pangan di e-warong.

    • Nilai Bantuan: Rp200.000 per bulan.

      BPNT bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga miskin dengan menyediakan akses terhadap bahan pangan berkualitas.

  7. PBI-JK (Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan)

    PBI-JK adalah program bantuan bagi masyarakat yang kesulitan ekonomi, memberikan akses BPJS Kesehatan secara gratis tanpa harus membayar iuran bulanan.
    Manfaat PBI-JK:

    • Akses Layanan Kesehatan: Masyarakat kurang mampu dapat mengakses layanan kesehatan yang diperlukan tanpa biaya.

    • Pencegahan Penyakit: Melalui layanan kesehatan preventif yang disediakan BPJS Kesehatan.

      Program ini memastikan bahwa masyarakat kurang mampu tetap memiliki akses ke layanan kesehatan yang memadai, membantu mencegah penyakit, dan mendukung kesehatan masyarakat secara keseluruhan.


Dengan pencairan berbagai bansos ini, pemerintah berharap dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat yang membutuhkan, serta mendukung kesejahteraan dan kesehatan mereka. Pastikan Anda memenuhi syarat dan segera cek informasi lebih lanjut mengenai pencairan bansos di daerah Anda. Informasi lebih lanjut dapat didapat diperoleh melalui kantor desa atau kelurahan setempat, serta situs resmi kementerian terkait.

Pos terkait