Agama

Doa Minta Rezeki yang Halal dan Berkah Tak Terduga Habis Sholat

domainjava.com/blog – Punya banyak rezeki selalu menjadi keinginan oleh siapapun, tak terkecuali umat muslim. Tak jarang, umat muslim pun memanjatkan doa minta rezeki agar hidupnya selalu penuh rezeki yang melimpah dan berkah.

Bentuk dari rezeki ini pun banyak dan tidak terbatas, misalnya saja pekerjaan, kesehatan, jodoh, dan lainnya. Bahkan terhindar dari musibah pun bisa menjadi suatu rezeki.

Sejak kecil, umat muslim selalu diajarkan bahwa rezeki sudah diatur oleh Allah SWT, tetapi tentu mengamalkan doa minta rezeki lancar bisa menjadi salah satu cara yang membuat kelancaran rezeki. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Saba ayat 36, yang berbunyi sebagai berikut:

قُلْ إِنَّ رَبِّى يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ وَيَقْدِرُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Qul inna rabbī yabsuṭur-rizqa limay yasyā`u wa yaqdiru wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya’lamụn

Artinya: Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan (bagi siapa yang dikehendaki-Nya). akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.

Doa minta rezeki lancar ini bisa diamalkan kepanpun, seperti ketika selesai menunaikan ibadah salat wajib atau sunah. Tetapi doa tersebut pun tetap harus dibarengi dengan adanya usaha dalam mendapatkan rezeki, misalnya bekerja.

Jika kamu ingin mendapatkan berbagai macam doa, kamu bisa mengamalkan beberapa doa minta rezeki lancar dari segala penjuru berikut. Simak informasinya di bawah ini, yang sudah lengkap dengan tulisan Arab, latin, hingga artinya dalam bahasa Indonesia.

Kumpulan Doa Minta Rezeki Lancar

Terdapat banyak doa minta rezeki yang dapat diamalkan oleh umat muslim setiap harinya. Bahkan doa tersebut pun bisa dipilih sesuai dengan selera dan keinginan yang ingin dicapai. Berikut deretan doa minta rezeki lancar.

Bacaan Doa Murah Rezeki Sebelum Beraktivitas

Sebelum beraktivitas, kamu ternyata bisa memanjatkan doa minta rezeki agar segala kegiatan lancar dan diberikan kemudahan. Ini menjadi salah satu amalan sunah yang dianjurkan karena memanjatkan doa sama saja dengan mendekatkan diri ke Sang Pencipta. Berikut doa mura rezeki.

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Arab-Latin: Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya.

Doa Minta Rezeki Lancar di Pagi Hari

Selain doa yang sudah diajarkan di atas, ada lagi doa minta rezeki lancar di pagi hari yang bisa diamalkan. Simak bacaan doanya berikut ini.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَصْبَحْتُ أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ وَمَلَائِكَتَكَ وَجَمِيعَ خَلْقِكَ أَنَّكَ أَنْتَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُولُكَ

Bacaan latin: Allahumma inni ashbahtu usyhiduka wa usyhidu hamalata ‘arsyika wa malaikatihi wa jami’a kholqika annaka antallahu la ilaha illa anta wa anna Muhammadan ‘abduka wa rasulika.

Artinya: “Ya Allah, aku berada di waktu pagi bersaksi atas-Mu, dan kepada para pembawa Arsy-Mu, kepada semua malaikat, dan kepada semua makhluk-Mu, bahwa Engkau adalah Allah yang tidak ada Tuhan selain Engkau, dan Muhammad adalah hamba dan Rasul-Mu,” (HR. Abu Daud).

Doa Diberi Rezeki Ilmu yang Baik

Bukan hanya melimpah, umat muslim tentu berharap bisa mendapatkan rezeki yang berkah. Ini pun termasuk dalam hal mencari ilmu.

Banyak kaum muslim yang sedang menuntut ilmu bisa diberikan pengetahuan yang baik juga bermanfaat. Ternyata Islam pun mengajarkan doa diberi rezeki ilmu yang baik kepada umatnya. Berikut doanya.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Bacaan latin: Allahumma inni as-aluka rizqan thayyiban wa ‘ilman naafi’an wa ‘amalan mutaqabbalan

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu rezeki yang baik, ilmu yang bermanfaat, dan amal yang diterima,” (HR. Al Mustaghfiri).

Doa Minta Pertolongan

Dalam keseharian, ada banyak tantangan yang harus dilalui umat muslim. Seringkali kita pun meminta pertolongan pada Allah SWT supaya masalah yang dihadapi bisa diatasi.

Pertolongan dari Allah SWT memang salah satu rezeki untuk seseorang. Terlebih, kita juga tak pernah tahu hal di masa mendatang. Berikut doa minta pertolongan yang bisa diamalkan.

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Arab-Latin: Ya hayyu ya qayyumu birahmatika astaghitsu, ashlih li sya’ni kullahu wala takilni ila nafsi tharfata ‘ainin abadan.

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.” (HR Tirmidzi).

Bacaan Doa Murah Rezeki dari Segala Penjuru Dunia dan Akhirat

Seringkali umat muslim berharap bisa mendapatkan rezeki dari segala penjuru, baik dunia maupun akhirat. Namun ternyata, ada bacaan doa murah rezeki dari segala penjuru. Berikut doa yang bisa diamalkan.

اللهم الطف بي في تيسير كل عسير، فإن تيسير كل عسير عليك يسير، وأسألك اليسر والمعافاة في الدنيا والآخرة

Arab-Latin: Allaahummalthuf bii fii taisiiri kulli ‘asiirin, fa inna taisiira kulli ‘asiirin ‘alaika yasiir, as ‘alukal yusra wal mu’aafaata fid dun-yaa wal aakhirati.

Artinya: “Ya Allah, berilah taufik, kebajikan, atau kelembutan kepadaku dalam hal kemudahan pada setiap kesulitan, karena sesungguhnya kemudahan pada setiap yang sulit adalah mudah bagi-Mu, dan aku mohon kemudahan serta perlindungan di dunia dan di akhirat,” (HR Thabrani).

Bacaan Doa Minta Rezeki Setelah Salat Subuh

Bacaan doa minta rezeki juga bisa diamalkan selepas menunaikan ibadah salah subuh. Rasulullah sendiri pernah mengajarkan dan sering mengamalkan amalan tersebut ketika selesai menunaikan ibadah salat subuh. Berikut ini doa selengkapnya.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Doa Supaya Harta yang Didapat Menjadi Berkah

Selain kelancaran, tentu hal lain yang diinginkan adalah mendapatkan rezeki yang berkah. Berikut bacaan doanya.

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

Bacaan Doa Diberi Kecukupan Harta Halal

Selain itu, doa minta rezeki bisa kamu panjatkan ketika ingin meminta kecukupan harta yang halal dari Allah SWT. Simak doanya berikut ini.

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Ahmad 1319, Tirmidzi 3563 dan dihasankan al-Hafizh Abu Thahir)

Bacaan Doa Minta Rezeki Saat Salat

Mengamalkan bacaan rezeki dapat dilakukan kapan saja, tetapi lebih dianjurkan untuk melakukannya ketika menunaikan ibadah salat. Momen tersebut bisa dilakukan ketika sedang dalam posisi sujud. Berikut ini isi doanya.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي

Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.”

Doa Minta Rezeki Lainnya

Selain kumpulan doa minta rezeki yang sudah diajarkan di atas, masih ada banyak doa lain yang bisa diamalkan ketika menjalankan ibadah wajib maupun sunnah. Hal ini tentu supaya bisa mendapatkan kelancaran serta kecukupan rezeki. Berikut ini beberapa doa minta rezeki lainnya.

Allahumma inni as-aluka an tarzuqoni rizqon halalan wasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wala masyaqqotin wala dhoirin wala nashobin innaka ‘ala kulli syai-in qodir.

Artinya: ” Ya Allah, aku minta pada Engkau agar melimpahiku rizki yang halal, luas, dan baik tanpa kesusahan, tanpa kemelaratan dan tanpa kepayahan. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

Bukan hanya itu saja, masih terdapat lagi bacaan doa minta rezeki yang luas hingga memohon kesembuhan. Simak isinya di bawah ini.

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan waasi’an wa syifaa-an min kulli daa-in.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.”

Bahkan kamu juga bisa mengamalkan potongan ayat Al Quran di Surat Al Maidah ayat 114 untuk meminta rezeki. Inilah doa minta rezeki yang berdasarkan ayat Al Quran.

Rabbana anzil ‘alaina ma’idatam minas sama’i takunu lana ‘idal li’ awwalina wa akhirina wa ayatam minka warzuqna wa anta khairur raziqin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu, berikanlah kami rezeki dan Engkaulah Pemberi rezeki yang paling utama.”

Amalan untuk Dapat Rezeki yang Berkah

Membaca doa minta rezeki memang penting, tetapi hal tersebut juga harus dibarengi dengan usaha untuk mendapatkannya. Selain itu, ada juga amalan lain yang bisa dilakukan untuk membantu agar semakin banyak diberikan kelancaran rezeki yang bermanfaat dan berkah.

Rajin Beristighfar

Umat muslim begitu dianjurkan untuk beristighfar. Bukan hanya ketika memohon sesuatu pada Allah SWT, melainkan juga dalam melakukan hal lainnya.

Ini karena istighfar bisa membantu kita dalam mengingat segala dosa. Di samping itu, istighfar juga bisa membuka jalan dalam mendapatkan rezeki. Sebagaimana dijelaskan dalam Q.S Nuh ayat 10-12 berikut ini.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ اِنَّهٗ كَانَ غَفَّارًاۙ يُّرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًاۙ وَّيُمْدِدْكُمْ بِاَمْوَالٍ وَّبَنِيْنَ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ جَنّٰتٍ وَّيَجْعَلْ لَّكُمْ اَنْهٰرًاۗ

Artinya: Maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.”

Jalin dan Jaga Tali Silaturahmi

Karena hidup tidak sendirian, penting untuk menjalin serta menjaga hubungan baik dengan orang lain. Saat tinggal bertetangga pun jangan lupa untuk saling berteman dan menyapa. Sebab, silaturahmi ternyata bisa membuka pintu rezeki, seperti yang dijelaskan dalam dalam hadist berikut ini.

“Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bersedekah

Sedekah adalah salah satu amalan yang diajarkan dan dianjurkan dalam Islam. Diketahui sedekah tidak akan menyebabkan seseorang menjadi miskin. Sebaliknya, Allah SWT justru akan memberikan tambahan kenikmatannya.

Jumlah ketika memberikan sedekah tidak harus selalu besar. Namun jika diberikan secara Ikhlas, hal tersebut bisa membuat kita mendapatkan hal yang baik termasuk kelancaran rezeki. Seperti yang dijelaskan dalam Q.S Saba ayat 39 di bawah ini: 

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗوَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚوَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Artinya: Katakanlah, ‘Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.’ Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.”

Bertakwa dan Berikhtiar

Umat muslim diajarkan dan dianjurkan untuk bertakwa dan berikhtiar kepada Allah SWT untuk bisa mendapatkan rezeki yang melimpah juga berkah. Terlebih, Allah SWT juga Maha Pemilik dan Maha Pemberi Rezeki.

Bahkan, Allah SWT bisa dengan mudah mendatangkan rezeki dari arah yang tak disangka. Sebagaimana dijelaskan dalam Q.S Ath-Thalaq ayat 2-3 berikut ini: 

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗ

Artinya: Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya.”

Berzikir untuk Memperlancar Rezeki

Amalan lain yang bisa dilakukan untuk bisa memperlancar rezeki adalah rajin berzikir. Ini karena berzikir juga bisa membantu memudahkan untuk memperoleh rezeki dari Allah SWT. Berikut ini bacaan zikir yang bisa diamalkan kaum muslimin.

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ

Arab-Latin: Subhaanaallaahi wabihamdih.

Artinya: “Maha Suci Allah sambil memuji-Nya”

Berdzikir mengucapkan “Subhaanaallaahi wabihamdih” sebanyak 100 kali juga bisa menjadi doa kelancaran rezeki. Bahkan membaca doa minta rezeki sebagai zikir setiap harinya juga bisa dilakukan untuk mengisi waktu kosong dalam keseharian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga:

Back to top button