Agama

Doa Sebelum Tidur Islam dan Artinya Lengkap Sesuai Sunnah

Doa Sebelum Tidur – Tidur merupakan hal yang menjadi keadaan alamiah di mana tubuh dan otak manusia beristirahat sejenak selama beberapa saat.

Aktivitas tidur ini merupakan bagian penting dalam hidup manusia dan kebutuhan tidur adalah hal yang berkaitan dengan kesehatan dan kinerja seseorang dalam kesehariannya.

Selama tidur, tubuh mengalami berbagai proses psikologi yang sangat penting, termasuk juga merupakan pemulihan jaringan pada tubuh dan pengaturan sistem saraf.

Selain itu, tidur juga sangat membantu dalam mengatur keseimbangan hormon, dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Sehingga dengan adanya tidur atau waktu istirahat sejenak, maka kondisi tubuh akan segar kembali dan semangat untuk mencari fadhol Allah SWT.

Didalam Islam hal sekecil apapun ada aturannya, sangat komplit dan tinggal mencontoh dari yang memberi aturan.

Begitu juga dengan tidur, ada tata caranya salah satunya adalah membaca doa sebelum tidur dengan niat karena Allah semata.

Inilah Bacaan Doa Sebelum Tidur Islam

Didalam islam jika seseorang sedang tidur maka pada dasarnya nyawanya sedang di pegang oleh Allah SWT.

Jika Allah mengizinkan nyawa tersebut kembali dan masih diberi waktu untuk melanjutkan perjalanan dalam hidup.

Maka akan dikembalikannya lagi oleh Allah nyawa manusia tersebut, sehingganya ia bangun dari tidurnya dan melakukan aktifitas kembali.

Akan tetapi jika Allah berkehendak lain, dalam artian manusia tersebut jatah waktu hidup didunia nya sudah cukup. Maka nyawa tersebut tidak lagi dikembalikan kedalam jasad seorang yang sedang tidur dan berujung kematian.

Sebagai seorang makhluk yang nyawanya berada di genggaman Allah SWT tentu saja ketika akan tidur membaca doa terlebih dahulu.

Q.S. Azzumar : 42

اَللّٰهُ يَتَوَفَّى الْاَنْفُسَ حِيْنَ مَوْتِهَا وَالَّتِيْ لَمْ تَمُتْ فِيْ مَنَامِهَا ۚ فَيُمْسِكُ الَّتِيْ قَضٰى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْاُخْرٰىٓ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّىۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Allāhu yatawaffal-anfusa ḥīna mautihā wal-latī lam tamut fī manāmihā, fayumsikul-latī qaḍā ‘alaihal-mauta wa yursilul-ukhrā ilā ajalim musammā(n), inna fī żālika la’āyātil liqaumiy yatafakkarūn(a).

Artinya :

Allah menggenggam nyawa (manusia) pada saat kematiannya dan yang belum mati ketika dia tidur. Dia menahan nyawa yang telah Ditetapkan kematiannya dan Dia melepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat bukti-bukti (kekuasaan) Allah bagi kaum yang berpikir.

Terlebih memang sangat dianjurkan mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur kembali untuk mengingat Allah SWT.

Insya Allah dengan mengamalkan bacaan doa sebelum tidur termasuk golongan hamba yang selalu mengingat Allah SWT.

Adapun bacaan doa sebelum tidur dapat dilihat dibawah ini :

بِسْمِكَ االلّٰهُمَّ اَحْيَا وَبِاسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismikallaahuma ahyaa wa bismika amuutu

Artinya :

“Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati”.

Peramalan Sunnah Sebelum Tidur

Seperti yang telah disampaikan pada laman di atas bahwa sekecil apapun perbuatan didalam Islam akan ada peraturannya.

Seperti halnya tidur mungkin terlihat sepele, akan tetapi jika ditelaah tidur merupakan perpisahan antara Ruh dan jasad.

Maka hal ini tentu saja diatur oleh Islam yang peraturan tersebut dibawa oleh Rosulullah SAW ke dunia ini untuk diamalkan umatnya.

Simak beberapa amalan yang sunnah untuk diamalkan sebelum tidur dapat dilihat dibawah ini :

Berwudhu

Sebelum tidur hal yang menjadi sunnah pertama adalah berwudhu, karena hal ini merupakan salah satu ikhtiar seorang hamba agar selalu dalam keadaan suci.

Terlebih bagi seseorang yang sudah paham akan kematian, maka dirinya lebih berhati hati saat sebelum tidur dan mempersiapkan segalanya.

Adapun cara wudhunya sama saja seperti ketika akan melaksanakan sholat. Pada dasarnya berwudhu merupakan kehati-hatian seorang muslim dalam mendatangi kematian.

Terkait berwudhu sebelum tidur Rosulullah SAW bersabda yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim.

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوْءَكَ لِلصَّلاَةِ

Idza Ataita Madh Dja’aka Fatawad Dho’ Wudhu Aka Lisholaati

Artinya :

“Jika kamu akan mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR Al Bukhari dan Muslim no 2710).

Merapikan Tempat Tidur

Selain berwudhu amalan sunnah yang dapat dilakukan sebelum tidur adalah merapikan tempat tidur atau mengibaskan kain diatas kasur.

Secara kesehatan jika dilakukan yakni menghindari hal yang tidak diinginkan seperti adanya semut atau hewan yang dapat mengganggu tidur.

Bahkan jika hewan tersebut menggigit maka yang terjadi adalah luka atau gatal pada tubuh yang berakibat timbulnya iritasi pada kulit.

Sedangkan di sisi lain tempat tidur merupakan salah satu tempat yang disukai oleh makhluk astral, bahkan mereka juga bisa tinggal ditempat tersebut.

Dengan mengibaskan kain ke atas alas tidur dan membaca lafadz “Bismillahi Allahu akbar” minimal sebanyak tiga kali. Maka makhluk astral yang ada di kasur tersebut insya Allah akan pergi dan tidak mengganggu.

Adapun hadits tentang merapikan tempat tidur atau mengibaskan kain ke atas tempat tidur dapat dilihat dibawah ini.

Rosulullah SAW bersabda :

إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فَلْيَأْخُذْ دَاخِلَةَ إِزَارِهِ فَلْيَنْفُضْ بِهَا فِرَاشَهُ وَلْيُسَمِّ اللهَ فَإِنَّهُ لاَ يَعْلَمُ مَا خَلَفَهُ بَعْدَهُ

Idza Djaa Ahadukum Ilaa Firoosyihi Falya’khudz Daakhilata Idzaarigi Fal Yangfudh Bihaa Firoosyahu Walyusammillaha Fainnahu Laa Ya’lamu Maakholaqohu Ba’dahu.

Artinya :

“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillaah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR Al Bukhari, Muslim, At Tirmidzi, dan Abu Dawud).

Membaca Istighfar

Setelah membersihkan atau mengibaskan kain ke atas alas kasur, maka selanjutnya amalan yang dapat dibaca adalah membaca istighfar.

Sudah dapat dipahami bahwa tidur adalah mati kecilnya seseorang, maka untuk mempersiapkan hal tersebut iringi dengan membaca istighfar.

Memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa yang telah diperbuat, baik dosa kepada Allah maupun kepada makhluk-Nya.

Selain memohon ampunan untuk diri sendiri sunnah juga memintakan ampun kepada Allah yang ditujukan untuk kaum muslimin dan muslimat.

Hadits Rosulullah tentang membaca istighfar sebelum tidur yang diriwayatkan Imam Bukhori dan Muslim kurang lebih bahasanya seperti ini.

Artinya :

Menurut Aisyah ra., Nabi Muhammad SAW. rutin mengamalkan istighfar sebelum beranjak tidur. Beliau sering mengulang frasa ‘Subhanallah wa bihamdihi, astaghfirullah wa atubu ilaihi’ (Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya, aku memohon ampun kepada Allah) sebelum memasuki waktu tidur.

Mendoakan Kaum Muslimin Dan muslimat

Diatas sudah disampaikan bahwa sunnah juga berdoa untuk kaum muslimin dan muslimat sebelum tidur. Hal ini tentunya sangat baik jika diamalkan, terutama bagi muslim yang sudah meninggal dunia dan belum mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Posisi Tidur Miring Kekanan

Selain membaca istighfar dan juga mendoakan kaum muslimin dan muslimat ada amalan lain yang sunnah diterapkan saat akan tidur.

Yakni posisi tidur miring ke kanan hal ini jika dilihat dari segi kesehatan akan melancarkan keluar masuknya pernafasan.

Posisi tidur yang seperti ini dilakukan ketika hendak tidur saja, jika dalam perjalanan tidur posisinya sudah berubah tidak masalah, karena orang tidur bebas dari hukum.

Terkait hal ini dapat dilihat dari hadis Rosulullah SAW :

اِضْطَجِعْ عَلَى شَقِّكَ اْلأَيْمَنِ

Idhthoji’ ‘Alaa Syaqqikal Aimani

Artinya :

“Berbaringlah diatas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Letakkan Tangan Di Bawah Pipi Kanan

Selain berbaring dengan posisi tidur yang miring kekanan ada hal lain yang sunnah untuk diamalkan ketika hendak tidur. Yakni meletakkan tangan di bawah pipi kanan.

Bahasa lainnya tangan ini dijadikan layaknya seperti bantal, hal ini jika diamalkan sangat bermanfaat untuk menjaga keluarnya air liur saat tidur.

Meskipun ketika tidur sudah memakai bantal namun tetap saja terkadang air liur masih saja keluar. Insya Allah dengan meletakkan tangan di bawah pipi kanan maka hal tersebut tidak terjadi.

Dalil tentang kesunnahan meletakkan tangan di bawah pipi kanan merujuk pada hadis Rosulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud.

كـان إذا رقـد وضع يده اليمنى تحت خـده

Artinya :

“Rasulullah SAW apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR Abu Dawud).

Membaca Surat Al-Kafirun

Selanjutnya amalan sunnah yang dapat dilakukan oleh umat muslim saat akan tidur yakni membaca surat Al-Kafirun dari ayat pertama hingga akhir.

Hal ini merujuk pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud bahwa Rosulullah SAW bersabda :

قُلْ يا أيُّها الكافِرُونَ ثُمَّ نَمْ على خاتِمَتِها فإنَّها بَرَاءَةٌ مِنَ الشِّرْكِ

Artinya :

“Bacalah surat Al Kafirun kemudian tidurlah engkau di penghujung ayatnya karena dia melapaskanmu dari kesyirikan.” (HR Abu Dawud).

Membaca Doa Sebelum Tidur

Setelah beberapa peramalan sunnah diatas sudah dilaksanakan maka selanjutnya adalah membaca doa sebelum tidur.

Bacaan doanya boleh seperti yang telah ditulis pada laman di atas atau boleh juga membaca dengan versi lainnya seperti dibawah ini.

Artinya :

“Wahai Allah, dengan penuh ketulusan, aku menyerahkan hidupku kepada-Mu. Aku mengandalkan dan berharap pada-Mu, karena hanya kepada-Mu aku mencari perlindungan dan keselamatan dari azab-Mu. Aku tetap beriman pada kitab-Mu yang telah Engkau wahyukan dan pada Rasul-Mu yang telah Engkau utus.”

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur

Membaca doa sebelum tidur memiliki beberapa keutamaan dan manfaat yang perlu diketahui, baik dari segi agama maupun kesehatan.

Terutama bagi seorang muslim hal ini harus diketahui, karena hakikatnya tidur adalah pisahnya Ruh dari jasad, bisa dikatakan mati kecil.

Adapun beberapa keutamaan yang bisa didapatkan oleh orang yang membaca doa sebelum tidur adalah sebagai berikut :

Mendapatkan Perlindungan Dari Gangguan Jin Dan Setan

Membaca doa sebelum tidur adalah cara untuk memohon perlindungan dari gangguan makhluk astral seperti jin dan setan.

Sedangkan doa yang dibaca menjadi tameng atau wasilah yang membantu menjaga seseorang dari pengaruh dan gangguan saat sedang tidur.

Memohon Ampunan Dari Dosa Yang Telah Diperbuat

Meskipun dalam doa doa sebelum tidur, tidak ada kalimat yang menunjukkan permohonan ampun. Namun sebelum tidur disunnahkan untuk membaca istighfar hal ini dapat dijadikan keutamaan membaca doa sebelum tidur.

Insya Allah segala dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan akan dihapuskan oleh Allah SWT. Serta menunjukkan kesadaran akan dosa dan penyesalan yang tulus, dan memohon agar Allah mengampuni dosa-dosa kita.

Sarana Mendekatkan Diri Kepada Allah

Membaca doa sebelum tidur adalah bentuk ibadah dan tindakan yang mendekatkan diri seorang hamba kepada Allah SWT. Dengan keyakinan yang kuat bahwa doa sebelum tidur merupakan percakapan antara makhluk dengan Allah.

Sarana Untuk Menjaga Pikiran Yang Positif

Membaca doa sebelum tidur dapat membantu dalam menjaga pikiran yang tetap positif dan juga tenang. Bertafakur tentang kebesaran Allah yang dapat memberikan hidup dan mematikan semua makhluk-Nya.

Sebagai Sarana Untuk Pengingat Kematian

Doa sebelum tidur juga bisa menjadi pengingat akan kematian dan keterbatasan hidup dunia, karena sudah jelas bahwa saat tidur adalah mati kecil jasad tak mampu apa-apa.

Karena dengan welas kasihnya Allah SWT kepada makhluknya lah maka seseorang yang sedang tidur nyawanya dikembalikan. Ini dapat mendorong seseorang untuk lebih bersiap diri dalam menjalani hidup dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran akan akhirat.

Penutup

Inilah penjelasan singkat mengenai Doa Sebelum Tidur, semoga dapat bermanfaat Wallahu A’lam…

Baca Juga :

Back to top button