Agama

Doa Sholat Witir dan Artinya Lengkap (Arab Latin) + Keutamaan

Dalam Islam, ada anjuran untuk melaksanakan sholat witir. Sholat ini umumnya dilaksanakan sebagai penutup sholat setelah sholat Isya. Doa sholat witir yang dipanjatkan pun memiliki makna yang dalam dan memperkuat hubungan antara hamba dengan Allah SWT.

Meskipun bukan wajib, banyak umat Islam yang melaksanakan sholat witir dengan penuh keikhlasan dan keyakinan. Dalam artikel ini, kita akan membahas doa-doa yang biasa dipanjatkan setelah selesai menunaikan sholat witir.

Doa Sholat Witir Lengkap Arab, Latin, Terjemahannya

Setelah melaksanakan sholat witir, sebaiknya kita membaca doa-doa dan berdzikir seperti yang dianjurkan sebagaimana berikut ini:

Bacaan Doa Setelah Sholat Witir

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ. اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wan’asaluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman,

Wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin.

Washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.

Artinya:

“Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus,

kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.

Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami,

Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.”

Dzikir Setelah Sholat Witir

Selain memanjatkan doa sholat witir, kita juga dianjurkan untuk berdzikir kepada Allah SWT seperti di bawah ini setelah menunaikan sholat witir:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الل

Asyhadu an laa ilaha illallah, wa asyhadu anna muhammadar rasulullah.

Artinya : “Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah, dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu utusan (Rasul) Allah.”

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ

Astaghfirullahal ‘adziim

Artinya : “Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung.”

اَلَّهُمَّ إِنِّيْ أََسْأَلُكَ ا لْجنَّةَ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Allaahumma innii as-alukal jannah, wa a’uudzu bika minan-naar.

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka”

Keutamaan Membaca Doa setelah Menunaikan Witir

Dalam agama Islam, membaca doa setelah kita melaksanakan sholat membawa banyak keutamaan. Di antaranya adalah:

1. Mendapatkan Pahala Tambahan

Melaksanakan amalan ini dengan ikhlas akan mendatangkan pahala tambahan dari Allah SWT. Membaca doa ini adalah suatu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Dengan melakukan amalan ini dengan ikhlas dan penuh keyakinan, seorang Muslim dapat merasakan keberkahan dan mendapatkan pahala tambahan dari Allah SWT.

2. Mengharapkan Ampunan dan Rahmat Allah SWT

Doa setelah sholat witir juga merupakan momen untuk memohon ampunan dan rahmat Allah SWT. Dalam doa tersebut, umat muslim memohon pengampunan-Nya atas dosa-dosa yang telah dilakukan dan berharap mendapatkan rahmat-Nya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Menjaga Koneksi dengan Allah SWT

Dengan berdoa, seorang muslim mengakui kebesaran Allah SWT, bergantung kepada-Nya, dan mengungkapkan rasa syukur serta pengabdian yang mendalam. Doa merupakan sarana untuk memperdalam hubungan keagamaan dan merasa dekat dengan Sang Pencipta.

Doa akan memberikan ketenangan, kekuatan, dan keberkahan dalam hidup kita. Penting bagi kita untuk menjaga koneksi dengan Allah SWT melalui doa dan amalan-amalan lainnya, sehingga kita dapat hidup dalam kesadaran bahwa Allah SWT selalu membersamai kita.

4. Memohon Perlindungan Allah SWT

Dalam doa sholat witir, umat muslim juga memohon perlindungan Allah dari berbagai hal. Baik itu bahaya, fitnah, godaan, dan gangguan yang dapat mengganggu ketentraman dan kehidupan religious mereka.

5. Menyempurnakan Ibadah

Dalam Islam, sholat witir sendiri adalah sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan di waktu malam. Dengan membaca doa setelahnya, sholat witir menjadi lebih sempurna.

Keutamaan doa tidak hanya terletak pada kata-kata yang diucapkan, tetapi juga pada keikhlasan hati dan keyakinan yang mendalam. Oleh karena itu, ketika membaca doa setelah selesai sholat witir, lakukanlah dengan hati yang ikhlas hanya untuk Allah SWT.Backside of Type

Keutamaan-keutamaan di atas tentunya hanya bisa didapatkan ketika kita sudah menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh dan istiqomah.

Makna Doa Setelah Selesai Witir bagi Umat Muslim

Bagi umat muslim, membaca doa setelah melaksanakan sholat witir memiliki makna yang mendalam dan penting dalam menjalankan kegiatan keagamaan sehari-hari. Doa ini merupakan ungkapan rasa syukur dan permohonan kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan-Nya.

Selain itu, berdoa setelah melaksanakan salah satu sholat sunnah ini juga berfungsi sebagai sarana untuk memperkuat hubungan pribadi antara individu dengan Tuhan. Doa juga menjadi wadah untuk memohon ampunan dosa-dosa yang telah dilakukan.

Melalui doa ini, umat Muslim mengakui bahwa mereka adalah hamba Allah yang lemah dan membutuhkan petunjuk serta rahmat-Nya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Doa ini juga mengandung makna kesadaran akan pentingnya mengikuti tuntunan agama dan mengupayakan perbaikan diri secara terus-menerus.

Dengan membaca doa ini, kita sebagai umat muslim berharap agar amal ibadahnya diterima,. Kita juga memohon agar semua kesalahan diampuni, dan diberikan kekuatan serta keberkahan untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Tata Cara Membaca Doa Setelah Sholat Witir

Setelah melaksanakan sholat witir, ikuti tata cara di bawah ini sebagai anjuran untuk membaca doa setelah selesai sholat sunnah tersebut:

1. Membaca Istighfar (Mohon Ampunan)

Setelah selesai shalat witir, disarankan untuk memulai dengan membaca istighfar, seperti “Astaghfirullah” (Aku memohon ampunan Allah).

2. Membaca Tasbih Fatimah:

Kemudian, sebaiknya membaca Tasbih Fatimah. Tasbih Fatimah terdiri dari tiga kalimat, yaitu:

  • Subhanallah (Maha suci Allah) sebanyak 33 kali.
  • Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah) sebanyak 33 kali.
  • Allahu Akbar (Allah Maha Besar) sebanyak 34 kali.

3. Membaca Doa Qunut Nazilah:

Setelah itu, ada pilihan untuk membaca doa Qunut Nazilah. Doa ini adalah doa yang diperbanyak ketika umat Islam menghadapi situasi yang sulit atau bencana yang menimpa umat Islam di berbagai tempat.

Namun, tidak semua mazhab menganjurkan membaca doa Qunut Nazilah setelah shalat witir.

4. Membaca Doa Wirid dan Dzikir

Setelah itu, bisa melanjutkan dengan membaca doa wirid dan dzikir pilihan. Dzikir setelah shalat witir dapat berupa membaca istighfar, membaca dzikir pagi dan petang (dzikir al-Masaa’), atau dzikir-dzikir lainnya yang dianjurkan dalam agama Islam.

Hal yang perlu kita pegang adalah dalam berdoa, kita diharapkan untuk khusyuk, tawadhu’ (merendah diri), dan penuh kesadaran akan hadirnya Allah SWT.

Perlu diingat juga bahwa bahwa tata cara yang dijelaskan di atas mungkin bervariasi di berbagai mazhab. Oleh karena itu, sebaiknya mengikuti tata cara yang sesuai dengan mazhab yang dianut. Tata cara di atas merupakan tata cara berdoa setelah witir secara umum saja.

Pelaksanaan Sholat Witir

Pada umumnya, umat muslim melaksanakan sholat witir di waktu-waktu berikut ini:

Setelah Sholat Isya’

Pelaksanaan sholat witir yang paling umum dilakukan adalah setelah selesai melaksanakan sholat Isya’. Setelah menyelesaikan rakaat terakhir sholat Isya’, seseorang dapat melanjutkan dengan sholat Witir tanpa melakukan salam di akhir sholat Isya’.

Biasanya, sholat Witir terdiri dari 3 rakaat.

Setelah Sholat Tarawih

Selama bulan Ramadan, umat muslim sering melaksanakan sholat tarawih setelah sholat Isya’. Setelah selesai melaksanakan sholat tarawih, umumnya jamaah melanjutkan dengan sholat witir.

Sholat witir dilaksanakan setelah keseluruhan sholat tarawih dikerjakan. Jumlah rakaat yang diperbolehkan adalah 1, 3 dan seterusnya.

Sebelum Sholat Subuh

Ada juga beberapa individu atau mazhab yang melaksanakan sholat witir menjelang waktu sholat Subuh. Ini berarti mereka menunda sholat Witir hingga menjelang waktu Subuh untuk memastikan bahwa sholat witir merupakan ibadah terakhir sebelum waktu Subuh dimulai.

Dalam kasus ini, biasanya sholat witir dilaksanakan dalam jumlah rakaat yang lebih sedikit, seperti 1 rakaat atau 3 rakaat.

Doa Setelah Sholat Witir untuk Menyempurnakan Ibadah

Pada dasarnya, doa setelah sholat witir adalah momen penting bagi umat Muslim untuk memohon rahmat, petunjuk, dan perlindungan dari Allah SWT. Melalui doa ini, kita diberikan kesempatan untuk merenungkan kebesaran Allah SWT.

Dalam setiap kalimat doa yang diucapkan, kita mengakui bahwa hanya Allah yang Maha Kuasa dan satu-satunya tempat kita meminta pertolongan. Doa sholat witir juga mengajarkan kita untuk senantiasa berserah diri kepada-Nya dan memohon perlindungan serta petunjuk-Nya dalam menjalani kehidupan.

Baca juga:

Back to top button