Agama

Fii Amanillah – Artinya, Tulisan Arab , Makna dan Cara Jawabnya

Ummat muslim di zaman ini tentunya sudah tidak asing lagi dengan kalimat Fii Amanillah, bisa dikatakan kalimat tersebut adalah sebuah doa.

Kalimat Fii Amanillah biasa diucapkan untuk mendoakan seseorang ketika akan meninggalkan tempat yang sebelumnya ia tempati.

Atau juga ketika ada saudara yang ingin bepergian jauh maka ucapan Fii Amanillah juga sangat tepat untuk disampaikan.

Sedangkan bagi seseorang yang mendapatkan ucapan Fii Amanillah maka sebaiknya membalas dengan doa yang lebih baik lagi.

Untuk jelasnya terkait kalimat Fii Amanillah bagai mana mengucapkannya dan tempat yang tepat dan juga bagaimana cara menjawabnya simak sampai akhir.

Apa Arti Dari Kalimat Fii Amanillah?

Kalimat “Fii Amanillah” adalah kata yang berasal dari bahasa Arab dan memiliki arti yang banyak maknanya dan mendalam. Untuk memahami makna yang lebih mendalam dari ungkapan kalimat Fii Amanillah. Lihat penjelasannya dibawah ini :

  • “Fii” (في) adalah kata depan dalam bahasa Arab yang dapat diterjemahkan sebagai “dalam” atau “di dalam”. Ini menunjukkan posisi atau tempat sesuatu berada.
  • Sedangkan “Amanillah” (أمان الله) terdiri dari dua kata, yaitu “Aman” (أمان) yang berarti “amanah”, “perlindungan”, atau “keamanan” dan “Allah” (الله).
  • “Amanillah” juga disebut dengan kalimat yang berbentuk keyakinan yang menunjukkan hubungan kepemilikan atau keterkaitan dengan Allah.

Kalimat Fii Amanillah Yang Benar Sesuai Kaidah Bahasa Arab

Agar pengucapan kalimat Fii Amanillah tidak salah dalam menggunakannya, maka perlu juga dipahami cara bacaannya sesuai dengan kaidah bahasa arab.

Hal ini dikarenakan kalimat Fii Amanillah merupakan doa yang diucapkan dengan bahasa arab, jika salah dalam pengucapannya, maka dikhawatirkan salah juga maknanya.

Berikut dibawah ini bacaan kalimat Fii Amanillah yang benar sesuai kaidah yang ditulis dengan bahasa Arab, latin dan artinya.

Arab :

فيي أمان الله

Latin :

Fii Amanillah

Artinya :

Dalam Lindungan Allah SWT

Cara Mengucapkan Kalimat Fii Amanillah

Dalam lingkungan masyarakat kalimat fii amanillaah diucapkan jika seseorang akan bepergian atau berpisah dengan arah yang tidak sama.

Biasanya perpisahan tersebut dalam waktu yang lama dan keduanya tidak mengetahui kapan waktu akan kembali berkumpul.

Atau juga bisa dibaca ketika ada saudara yag hendak pergi bekerja, berniaga, berziaroh dan lain sebagainya. Maka kalimat fii amanillah juga bisa diucapkan sebagai ungkapan doa yang dihaturkan kepada saudara tersebut.

Ada maksud dan tujuan tertentu bagi seseorang yang mengucapkan kalimat fii amanillah. Yakni memohon pengharapan agar seseorang tersebut tetapmdalam lindungan Allah SWT.

Maka dari itu usahakan ketika membaca kalimat fii amanillah harus dengan tulus ikhlas karena Allah SWT, bukan karena ingin dipuji dan sebagainya.

Bagi seseorang yang masih kurang paham cara mengucapkan kalimat fii amanillah, maka bisa melihat beberapa contoh dibawah ini.

Saat Berpisah Dengan Keluarga

Ketika ada anggota keluarga yang akan berangkat bepergian atau meninggalkan rumah. Kemudian anggota keluarga lainnya bisa mengucapkan “Fii Amanillah” sebagai doa dan harapan untuk keselamatan dan perlindungan di perjalanan.

Contoh : “Fii Amanillah ya fulan bin fulan engkaulah saudaraku semoga Allah selalu memberikan perlindungan dalam perjalanan hingga sampai pada tujuan”.

Saat Berbicara Dengan Teman

Setelah berbincang atau berkumpul dengan teman, maka sebagai muslim yang taat bisa saja mengucapkan “Fii Amanillah”. Pada saat akan berpisah dari perkumpulan tersebut, sebagai ungkapan yang baik dan doa untuk keselamatan seorang teman.

Contoh : Fii Amanillah teman-temanku semoga Allah SWT selelu memberikan kemudahan dan keselamatan serta keamanan dalam perjalanan yang akan dituju.

Saat Berkomunikasi By way of Telfon

Dalam komunikasi digital seperti panggilan telepon, pesan teks, atau percakapan on-line, maka ketika seseorang mengakhiri percakapan tersebut. Nisa ditutup dengan membaca doa atau ucapan kalimat “Fii Amanillaah” sebagai cara untuk berpisah dengan baik dan memberikan doa yang baik.

Contoh : Rasanya sudah cukup obrolan terkait informasi penting kali ini selamat beraktifitas kembali “Fii Amanillah”. Semoga Allah SWT selalu melindungimu.

Saat Diantarkan Atau Dijemput Seseorang

Pada saat diantar atau dijemput seseorang ke suatu tempat, maka bisa juga mengucapkan kalimat “Fii Amanillaah”. Yakni sebagai ungkapan terima kasih dan doa untuk keselamatannya dalam perjalanan.

Contoh : Terimakasih ya sudah meluangkan waktu untuk mengantar dan menjemput diwaktu yang tepat. “Fii Amanillah” Semoag Allah selalu memberikan pertolongand an melindungi perjalananmu.

Ketika Seorang Suami Akan Dinas Luar Kota

Bagi seorang istri yang suaminya akan dinas keluar kota selain mempersiapkan kebutuhan yang akan dibaw oleh seorang suami.

Terntu saja harus menyertakan doa kepadanya agar selalu dalam lindungan Allah SWT dan nanti bisa kembali dengan selamat.

Contoh : Suamiku hari ini engkau akan dinas diluar kota semoga engkau selalu sehat dan Allah kerap melindungi perjalananmu “Fii Amanillaah”.

Jawaban Dari Kalimat Fii Amanillah

Sebaiknya ketika mendapat doa dari seseorang terutama doa yang baik, maka jangan segan-segan untu membalas doa tersebut dengan ucapan yang baik pula.

Karena Rosulullah SAW juga menganjurkan untuk membalas kebaikan orang lain baik dengan cara mendoakan atau dengan kebaikan lainnya.

Berikut dibawah ini cara menjawab kalimat “Fii Amanillaah” sebagai ungkapan rasa terimakasih telah didoakan.

Ucapkan Jazakallah

Jika mendapatkan kalimat atau doa dari seseorang terkait “Fii Amanillaah” maka jangan segan untuk membalasnya dengan ucapan Jazakallah semoga sebaliknya.

Dengan hal ini antara kedua orang tersebut akan senantiasa memberikan doa keselamatan dan rahmat Allah agar turun menyertai keduanya.

Misalnya : Jazakallah sahabatku semoga sebaliknya Allah juga melindungimu.

Ucapkan Ma’assalamah

Selain mengucapkan kalimat jazakallah, saat mendapatkan doa dari orang lain terkait kalimat “Fii Amanillaah”. Maka bisa juga mengucapkan kalimat “Ma’assalamah” yang jika diartikan dengan makna yang luas. Yakni semoga engkau juga Allah selalu sertakan keselamatan untuk dirimu.

Misalnya : Ma’assalamah istriku engkau telah mendoakan kebaikan untukku, Semoga engkau juga selalu diberikan keselamatan.

Inilah Makna Yang Terkandung Didalam Kalimat Fii Amanillah

Dalam kalimat “Fii Amanillaah” terkandung beberapa makna penting yang mencerminkan nilai-nilai agama Islam dan keyakinan umat Muslim.

Sehingga ketika diamalkan atau dibaca dengan baik dan tulus hanya mengharap ridho dari Allah SWT maka akan terjalin keakraban dalam berteman.

Selain itu seseorang yang membacanya akan mendapatkan pahala kebaikan, karena sudah mendoakan orang lain tanpa diminta.

Agar memahami dan mengerti terkait makna yang terkandung didalam kalimat “Fii Amanillaah” tersebut simak ulasan berikut dibawah ini :

Doa Untuk Keselamatan

Ungkapan “Fii Amanillaah” adalah doa yang menyatakan harapan dan keinginan agar seseorang atau sesuatu selalu berada dalam keamanan dan perlindungan Allah SWT.

Ini mencerminkan keyakinan bahwa Allah adalah Maha Melindungi dan Maha Penyayang yang senantiasa menjaga dan melindungi hamba-hamba-Nya dari bahaya dan ancaman.

Sarana Tawakal Kepada Allah

Mengucapkan “Fii Amanillaah” juga mencerminkan tawakkul, yaitu meletakkan kepercayaan sepenuhnya pada Allah dalam setiap aspek kehidupan.

Umat Muslim meyakini bahwa mereka harus berusaha sebaik mungkin, namun akhirnya hasil dan nasib ada di tangan Allah. Layaknya seorang hamba harus percaya bahwa dengan menempatkan kepercayaan pada Allah, segala sesuatu akan berjalan sesuai dengan kehendak Allah.

Rasa Perpisahan Yang Penuh Kelembutan

Ungkapan “Fii Amanillaah” sering digunakan saat berpisah atau mengucapkan selamat tinggal, baik dalam situasi keberangkatan atau perpisahan sementara.

Ini menunjukkan rasa perhatian dan kelembutan seseorang terhadap orang lain, yang ingin memberikan doa dan kebaikan dalam perpisahan.

Pengingat Akan Kehadiran Allah

Menggunakan ungkapan “Fii Amanillaah” juga mengingatkan umat Muslim akan kehadiran Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Ini adalah pengingat bahwa Allah senantiasa melihat dan menyaksikan segala aktifitas yang dilakukan oleh hambanya. Dengan demikian, ungkapan ini juga dapat menjadi pengingat untuk selalu bertindak dengan kesadaran akan pengawasan Allah SWT.

Ungkapan Kasih Sayang Dan Keberkahan

Ungkapan “Fii Amanillaah” juga mencerminkan kasih sayang dan keberkahan, karena didalamnya terkandung doa baik yang diharapkan untuk seseorang.

Hal ini menunjukkan perhatian dan kepedulian seseorang terhadap kesejahteraan orang lain, perantara doa yang dipanjatkan.

Penutup

Secara keseluruhan, “Fii Amanillah” bukan hanya sekadar ucapan atau adat dalam keseharian bagi umat Muslim. Akan tetapi juga mencerminkan keyakinan, doa, dan sikap positif yang mencakup tawakkal, kasih sayang, dan pengingat akan kehadiran Allah dalam menjalani hidup.

Ini adalah ungkapan yang mengandung makna mendalam dan memiliki dampak yang bermakna positif dalam kehidupan agama dan sosial antar muslim.

Baca Juga :

Back to top button