Formasi CPNS untuk Jurusan Kesehatan 2024

Formasi CPNS untuk Jurusan Kesehatan 2024

Formasi CPNS untuk Jurusan Kesehatan 2024

Kebutuhan akan tenaga kesehatan yang kompeten dan handal semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman dan berbagai tantangan kesehatan yang dihadapi masyarakat. Pemerintah terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan dengan membuka kesempatan bagi para lulusan kesehatan untuk bergabung dalam formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024. Berikut adalah tujuh jurusan kesehatan yang sedang dibutuhkan untuk CPNS 2024 beserta deskripsi singkatnya:


  1. Dokter Umum dan Spesialis

    • Dokter Umum

      Dokter umum adalah tenaga medis yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menangani berbagai masalah kesehatan dasar. Mereka berperan penting dalam melakukan diagnosa awal, memberikan pengobatan, serta memberikan edukasi kesehatan kepada pasien. Selain itu, dokter umum juga bertugas merujuk pasien ke spesialis jika diperlukan perawatan lebih lanjut.

    • Dokter Spesialis

      Dokter spesialis memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu seperti kardiologi, bedah, pediatri, dan lain-lain. Mereka menjalani pendidikan dan pelatihan tambahan setelah menyelesaikan pendidikan dokter umum. Dokter spesialis bertanggung jawab menangani kasus-kasus kompleks yang memerlukan penanganan khusus dan mendalam.

  2. Tenaga Kesehatan Masyarakat

    Tenaga kesehatan masyarakat berfokus pada upaya pencegahan dan pengendalian penyakit serta promosi kesehatan di tingkat komunitas. Mereka bekerja dalam berbagai program kesehatan seperti imunisasi, penyuluhan kesehatan, sanitasi lingkungan, dan pengendalian penyakit menular. Tujuan utama mereka adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendekatan preventif dan promotif.

  3. Tenaga Teknis Kesehatan

    Tenaga teknis kesehatan mencakup berbagai profesi yang mendukung layanan kesehatan, seperti teknisi laboratorium, radiografer, dan teknisi farmasi. Mereka bertanggung jawab menjalankan tugas teknis yang mendukung diagnosa dan perawatan pasien. Misalnya, teknisi laboratorium melakukan analisis sampel darah dan urine, sementara radiografer mengoperasikan peralatan radiologi untuk pemeriksaan pencitraan.


  4. Tenaga Kesehatan Jiwa

    Tenaga kesehatan jiwa meliputi psikiater, psikolog klinis, dan konselor kesehatan mental. Mereka berperan penting dalam memberikan perawatan dan dukungan bagi individu dengan masalah kesehatan mental. Psikiater memiliki kualifikasi medis untuk meresepkan obat dan menjalankan terapi medis, sedangkan psikolog klinis dan konselor lebih berfokus pada terapi psikologis dan konseling.

  5. Ahli Gizi

    Ahli gizi bertugas memberikan saran dan panduan mengenai pola makan yang sehat dan seimbang. Mereka bekerja dengan individu dan kelompok untuk merancang menu makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi masing-masing. Selain itu, ahli gizi juga berperan dalam mengatasi masalah gizi seperti obesitas, malnutrisi, dan penyakit yang terkait dengan pola makan tidak sehat.

  6. Tenaga Kesehatan Lingkungan

    Tenaga kesehatan lingkungan bertanggung jawab memastikan lingkungan hidup yang sehat dan aman bagi masyarakat. Mereka melakukan pengawasan terhadap kualitas air, udara, dan sanitasi lingkungan. Selain itu, mereka juga terlibat dalam pengendalian vektor penyakit seperti nyamuk dan tikus, serta menangani limbah medis dan bahan berbahaya lainnya.

  7. Perawat dan Bidan

    • Perawat

      Perawat merupakan tulang punggung layanan kesehatan yang bertugas memberikan perawatan langsung kepada pasien. Mereka bekerja di berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik. Tugas perawat meliputi pengukuran tanda vital, pemberian obat, serta pendampingan pasien dalam proses pemulihan.

    • Bidan

      Bidan memiliki peran khusus dalam pelayanan kesehatan reproduksi, termasuk pemeriksaan kehamilan, persalinan, dan perawatan pascapersalinan. Mereka juga memberikan edukasi mengenai kesehatan reproduksi dan keluarga berencana. Bidan berperan penting dalam memastikan kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan dan setelah melahirkan.


Ketujuh jurusan kesehatan tersebut merupakan pilar penting dalam sistem kesehatan nasional. Kebutuhan akan tenaga kesehatan yang berkualitas dalam berbagai bidang ini sangat mendesak, terutama untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Bagi para lulusan jurusan kesehatan, kesempatan untuk bergabung dalam formasi CPNS 2024 adalah peluang emas untuk berkontribusi secara nyata dalam meningkatkan kualitas kesehatan bangsa.

Cara Membuat Akun untuk CPNS 2024

  1. Akses Portal SSCASN:

    • Kunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id/

    • Tunggu hingga pendaftaran dibuka untuk mengakses tautan tersebut.

  2. Buat Akun:

    • Klik menu “Buat Akun”.

    • Pada tampilan “Langkah 1: Pengecekan Identitas”:

    • Masukkan data sesuai KTP (NIK, nomor Kartu Keluarga, nama lengkap, tempat lahir, dan tanggal lahir).

    • Masukkan nomor handphone dan email pribadi yang aktif, serta kode CAPTCHA.

    • Klik “Lanjutkan”.

  3. Lengkapi Data:

    1. Pada tampilan “Langkah 2: Lengkapi Data”:

    2. Masukkan email, nama tanpa gelar (sesuai ijazah), tempat lahir (sesuai KTP), kabupaten/kota lahir (sesuai ijazah), dan tanggal lahir (sesuai ijazah).

    3. Pilih jenis kelamin yang sesuai.

    4. Unggah foto scan KTP dan swafoto sesuai ketentuan.

    5. Klik “Lanjutkan”.



  4. Pengecekan Ulang Data:

    • Pada tampilan “Langkah 3: Pengecekan Ulang Data”:

    • Lakukan pengecekan ulang terhadap data yang sudah dimasukkan.

    • Pastikan data yang diinput sudah sesuai.

    • Klik “Cetak Informasi Pendaftaran” untuk mencetak kartu informasi akun.

  5. Login Pendaftaran:

    Setelah mencetak Kartu Informasi Akun, lanjutkan dengan proses “Login Pendaftaran”.

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah proses yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia untuk merekrut individu yang akan bekerja sebagai pegawai negeri. Setiap tahun, pemerintah membuka pendaftaran CPNS melalui portal resmi yang disebut Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Proses ini mencakup beberapa tahap, termasuk pengisian formulir pendaftaran online, verifikasi dokumen, seleksi administrasi, dan ujian berbasis komputer (Computer Assisted Test atau CAT). Pelamar harus memenuhi berbagai persyaratan, seperti batas usia, latar belakang pendidikan, dan kompetensi teknis tertentu sesuai dengan posisi yang dilamar. Pendaftaran CPNS merupakan kesempatan bagi warga negara Indonesia untuk bergabung dalam pelayanan publik dan berkontribusi dalam pembangunan negara.

Pos terkait