Gadget

12 HP RAM Besar dengan Kamera Bagus, Mulai 1 Jutaan Aja

HP dengan RAM besar tentu membuat penggunaannya jadi lebih leluasa sehingga tidak mudah memunculkan notifikasi RAM penuh. Jika memiliki price range lebih, memang lebih disarankan membeli HP RAM besar. Tidak hanya sekedar fitur memori yang mumpuni, biasanya fitur lainnya juga tampak canggih.

Tidak perlu khawatir, beberapa vendor smartphone kenamaan saat ini merilis HP terbaru dengan RAM lebih besar. Menariknya, harga yang ditawarkan termasuk terjangkau sehingga tidak terlalu menguras kantong. Bagi yang sering multitasking memang lebih disarankan memakai HP RAM besar.

Namun, banyak yang menganggap smartphone dengan RAM besar dibanderol cukup mahal. Padahal, kenyataannya tidak demikian karena Anda memiliki berbagai macam pilihan dari merek Xiaomi, Samsung, Oppo, Infinix, dan sebagainya.

Rekomendasi HP RAM Besar

Berbagai vendor saat ini berlomba-lomba merilis smartphone canggih dengan harga bersaing. Terkadang, konsumen pun merasa bingung mana HP yang sebaiknya dipilih. Pada dasarnya, hal ini kembali lagi pada fitur yang dibutuhkan serta price range yang dimiliki.

Namun jika mencari HP dengan RAM besar, tentunya Anda harus mengeluarkan price range sedikit lebih besar. Terlebih jika memiliki kebiasaan multitasking di HP, pengggunaan HP dengan RAM kecil kerap kali membuat kesal.

Lalu, apa saja merek dan tipe HP RAM besar yang paling direkomendasikan? Berikut diantaranya.

1. Itel S23

Sebagai vendor yang masih satu perusahaan dengan Infinix, kehadiran Itel memang menjadi sensasi tersendiri di kalangan pecinta gadget. Tidak sedikit yang merasa kagum dengan vendor satu ini karena merilis smartphone RAM besar dengan harga satu jutaan saja.

Desain HP-nya pun tampak elegan dan kekinian sehingga tidak ketinggalan dibanding merek lainnya yang populer lebih dulu. Itel S26 mencuri perhatian karena menawarkan kapasitas RAM mencapai 8/128GB. Tentunya, RAM sebesar itu membuat penggunaan smarphone jadi lebih leluasa.

Smartphone ini dibekali dapur pacu SoC UNISOC Tiger T606 yang tangguh untuk penggunaan sehari-hari. Resolusi kamera belakangnya pun tidak tanggung-tanggung, bahkan mencapai 50MP.

Sementara itu, kamera selfie yang disediakan beresolusi 8MP dan memberikan hasil cukup baik dengan pencahayaan memadai. Tipe layar yang digunakan IPS LCD berukuran 6.6 inch dan refresh charge 90Hz.  Tidak hanya spesifikasi RAM dan kameranya saja yang menarik perhatian.

Melainkan kapasitas baterainya juga termasuk tangguh, bahkan mencapai 5.000 mAh. Itel juga melengkapi tipe smartphone ini dengan sensor fingerprint, proksimitas, akselerometer, dan kompas.

Kisaran Harga: Rp1.499.000

2. Redmi 9T

Seri Redmi memang tidak pernah mengecewakan dalam merilis smartphone entry degree dengan harga terjangkau. Tak terkecuali untuk seri Redmi 9T ini yang menawarkan RAM besar, yaitu 6/128GB. Dengan RAM besar, tentu aktivitas bermain sport atau lainnya jadi tidak perlu perlu khawatir mengalami lag.

Meskipun harganya terjangkau, namun desain HP RAM besar untuk sport ini bisa dibilang cukup elegan. Bagian belakangnya tidak terasa licin ketika digenggam. Tidak hanya itu, pengguna juga tidak akan meninggalkan bekas sidik jari yang mengganggu.

Pecinta fotografi smartphone pun akan dimanjakan dengan spesifikasi kameranya yang terbilang mumpuni. HP ini memiliki lensa extremely huge, macro, hingga depth sensor yang canggih. Dibekali Qualcomm Snapdragon 662, Redmi 9T sempat menjadi yang terbaik di kelasnya.

Belum lagi kapasitas baterainya yang badak, bahkan mencapai 6.000 mAh sehingga menjadikannya tahan digunakan seharian.

Kisaran Harga: Rp2.050.000

3. Xiaomi MI 11 Lite

Xiaomi memang tidak pernah mengecewakan dalam menyediakan HP RAM besar kamera bagus. Salah satunya adalah tipe MI 11 Lite yang memiliki tampilan fashionable dan elegan. Adapun untuk kameranya sendiri semakin canggih karena menggunakan mannequin Dazzling Halo Ring.

Terdapat tiga lensa kamera canggih yang disusun bertingkat sehingga membuatnya tidak terkesan monoton. Meski smartphone ini merupakan versi lite, namun untuk kapasitas RAM-nya tidak perlu diragukan.

Dengan RAM yang bisa diupgrade sebesar 8/128GB, tentunya penggunaan smartphone akan lebih memuaskan. Anda tidak akan menemukan banyak lag atau error ketika menjalankan sport berat. Terlebih chipset Snapdragon 732G di dalamnya membuat performa HP ini terbilang kencang.

Pengguna juga dimanjakan dengan kualitas gambar yang ditampilkan karena smartphone ini menggunakan layar AMOLED 6,55 inch. Layar beresolusi 1800×2400 piksel tentu membuat siapapun merasa terkesan ketika melihatnya.

Fitur kamera belakangnya termasuk mengesankan karena menawarkan resolusi 64MP untuk kamera huge, 8MP ultrawide, dan 5MP macro. Adapun untuk kamera depan HP RAM besar ini sendiri sebesar 16MP sehingga mampu menghasilkan kualitas selfie yang mumpuni.

Kisaran Harga: Rp3.788.000

4. Realme 8i

Bagi yang ingin HP dengan RAM besar dan layar berkualitas, maka Realme 8i ini bisa membuat jatuh hati. Layar yang digunakan memang IPS LCD, namun mendukung refresh charge mencapai 120Hz. Dibekali MediaTek Helio G96, performanya masih cukup baik memainkan beberapa sport berat.

Maka tak heran jika tipe smartphone ini juga terkenal di kalangan pecinta gaming. Tersedia pilihan RAM 4/64GB dan 6/128GB dengan baterai badak 5.000 mAh. Pecinta smartphone pictures juga akan merasa senang dengan konfigurasi Realme 8i.

Di bagian kamera belakang terdapat triple digicam yang mampu menghasilkan gambar jernih dan tajam. Ketiga kamera tersebut beresolusi 50MP (huge), 2MP (macro), dan 2MP (depth). Kamera selfie yang tersedia 16MP sehingga mampu menghasilkan tangkapan gambar jernih melalui kamera belakang.

Kisaran Harga: Rp2.300.000

5. Huawei Y7 Professional

Berbicara tentang HP RAM besar kamera bagus baterai besar, maka Huawei juga bisa menjadi pilihan tepat. Salah satunya adalah seri Y7 Professional yang menarik perhatian dari segi desain dan RAM yang ditawarkan.

Meski merupakan HP entry degree, namun performanya nyaris sama seperti ponsel kelas menengah. Terlebih layarnya sendiri sudah HD+ dengan resolusi 720×1529 piksel. Sebenarnya, kualitas layar demikian sudah cukup nyaman untuk menggunakan aplikasi multi media.

Tersedia RAM 3GB dan 4GB serta memori inside yang bisa diupgrade sampai 128GB. Terdapat fitur face unlock yang membuat HP dengan harga  terjangkau ini tampak canggih.

 Desainnya sendiri tidak bisa diremehkan karena menggunakan bahan polycarbonan cukup tebal dan memiliki daya tahan tinggi.

Smartphone dengan layar IPS LCD ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450. Pengguna pun semakin dimanjakan dengan resolusi kamera belakangnya yang merupakan triple digicam. Mulai dari kamera huge 50MP, macro digicam 2MP, dan depth digicam 2MP.

Bagi yang gemar selfie, tersedia kualitas kamera 13MP yang hasilnya tergolong lumayan jika berada di tempat yang tidak minim cahaya.

Kisaran Harga: Rp2.699.000

6. Vivo Y12

Smartphone entry degree saat ini juga banyak yang menyediakan RAM besar sehingga penggunaannya jadi lebih leluasa. Salah satunya adalah Vivo Y12 yang memungkinkan performa gaming yang lancar. Vivo terkenal dengan kamera AI-nya yang canggih, Anda juga bisa menemuinya di tipe ini.

Kamera tremendous huge angle di dalamnya memungkinkan pengguna memotret objek lebih dekat. Tersedia pilihan RAM 4/64 untuk bermain sport, menonton video, maupun aktivitas lainnya. Desain layar berukuran 6,35 inch membuatnya lebih mudah digenggam.

Meski layarnya masih IPS LCD, namun sudah cukup membuat nyaman dalam menghadirkan visible sport, video, maupun konten lainnya. Dibekali chipset MediaTek MT6762 Helio P22, sudah cukup untuk memenuhi aktivitas penggunaan smartphone sehari-hari.

Fitur triple digicam pada HP ini beresolusi 13 MP, 8MP, dan 2MP dengan sensor depth digicam. Baterai 5.000 mAh yang diusung Vivo tergolong jumbo untuk penggunaan smartphone seharian.

Kisaran Harga: Rp2.899.000

7. Redmi 9C

Rekomendasi HP RAM besar berikutnya berasal dari Xiaomi tipe Redmi 9C. Meski bukan baru-baru ini dirilis, smartphone ini masih value it di tahun 2024 ini mengingat harganya yang terjangkau. Terlebih kehadiran triple digicam di dalamnya membuat smartphone ini banyak difavoritkan.

Meski harganya terjangkau, namun desainnya terbilang apik dengan pilihan warna Twilight Blue, Dawn Orange, dan Midnight Blue. Penutup belakang smartphone berbahan plastik doff dengan tekstur garis-garis khas Redmi. Layar yang diusung adalah IPS LCD dan chipset MediaTek Helio G35.

Kamera belakangnya cukup apik dengan triple digicam beresolusi 13MP (huge), 2MP (macro), dan 2MP (depth sensor). Untuk kamera selfie memang tergolong standar, yaitu 5MP saja. Meski demikian, tersedia pilihan RAM besar dengan harga terjangkau sehingga smartphone ini bisa jadi pilihan.

Kisaran Harga: Rp1.679.000

8. POCO M3

Kehadiran seri POCO memang sempat menghebohkan pecinta gadget. Bagaimana tidak, spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi untuk seri ini tergolong luar biasa. Sedangkan harganya masih terjangkau jika dibandingkan smartphone lain dengan spesifikasi serupa.

Bahkan POCO M3 ini mendapatkan julukan entry degree killer karena fitur-fitur canggihnya yang mumpuni. Baterainya termasuk jumbo, yaitu mencapai 6.000 mAh sehingga cocok untuk fundamental sport seharian. Belum lagi fitur kamera belakangnya yang beresolusi 48MP.

Banyak yang sudah membuktikan hasil foto dan video POCO M3 tidak bisa diremehkan. Terlebih kualitas layarnya sendiri sudah Full HD+ yang menjadikannya sebagai smartphone incaran hingga saat ini. Kapasitas RAM HP ini mencapai 6/128GB yang membuat penggunanya lebih puas.

Chipset Qualcomm Snapdragon 662 sempat menjadi yang terbaik di kelasnya saat pertama kali dirilis.

Kisaran Harga: Rp1.889.000

9. Xiaomi Redmi Word 10

Pada awal perilisannya, banyak yang mengincar HP Redmi ini karena menghadirkan fitur-fitur canggih dan harga terjangkau. Hingga saat ini, Redmi Word 10 sebenarnya masih value it mengingat kapasitas RAM di dalamnya juga termasuk besar.

Penggunaan HP tidak akan mudah lag karena memori yang disediakan 6/128GB. Desain smartphone ini juga dibuat memukau dengan pilihan warna unik, yaitu Pebble White, Onyx Grey, dan Lake Inexperienced. Tampilannya tidak seperti smartphone harga terjangkau karena kesan elegannya.

Dapur pacu yang diusung Xiaomi untuk smartphone ini yaitu Snapdragon 678 sehingga memungkinkan penggunanya multitasking. Dengan demikian, membuka beberapa aplikasi sekaligus tidak menjadi masalah. Terlebih kapasitas baterainya juga termasuk jumbo karena mencapai 5.000 mAh.

Anda juga akan dimanjakan dengan tampilan visible pada layar karena smartphone ini menggunakan Tremendous AMOLED berukuran 6,43 inch. Layar lebih mudah digenggam dan kualitas gambarnya tidak perlu diragukan karena beresolusi 1080×2400 piksel.

Kisaran Harga: Rp3.200.000

10. POCO X3 Professional

Kehadiran seri POCO satu ini memang sempat menjadi perbincangan hangat selama berminggu-minggu. Bahkan smartphone ini banyak diincar sejak hari pertama perilisannya. Hingga saat ini, HP dari model Xiaomi ini masih value it dibeli mengingat kapasitas RAM-nya tergolong besar.

Smartphone ini memang lebih dikenal di kalangan pecinta sport karena dibekali chipset Snapdragon 860. Pada dasarnya, prosesor tersebut merupakan flagship dan POCO X3 Professional menjadi salah satu pionirnya. Kapasitas baterai sebesar 5160 mAh membuatnya sangat mumpuni dipakai seharian.

Pengguna juga tidak perlu menunggu lama ketika proses pengisian daya. Smartphone dengan RAM mencapai 8/128GB ini sudah dilengkapi fitur quick charging sehingga hanya membutuhkan waktu 59 menit sampai baterai terisi penuh 100%.

Tampilan visible pada layar HP ini juga tampak memanjakan mata karena menggunakan IPS LCD 6,67 inch. Meski tidak dibekali AMOLED, namun tetap value it untuk menampilkan visible sport berat.

Kisaran Harga: Rp3.999.000

11. Samsung Galaxy M12

Rekomendasi HP RAM besar berikutnya datang dari Samsung Galaxy. Pada dasarnya, Samsung memang tidak dikenal dengan RAM besarnya. Namun, bukan berarti tidak ada tipe yang cocok bagi Anda yang mencari HP dengan RAM besar dan spesifikasi menarik.

Adapun Samsung Galaxy seri M satu ini bisa menjadi pilihan. Smartphone kelas midrange ini digadang-gadang menjadi flagship unggulan dari Samsung. Bagaimana tidak, dapur pacunya saja menggunakan Exynos 850 versi terbaru.

Belum lagi kualitas visible yang ditampilkan di layar karena memiliki refresh charge mencapai 90Hz. Sisi menariknya adalah refresh charge pada Samsung Galaxy ini bisa disesuaikan dengan konten yang muncul pada layar. Pada dasarnya, hal ini akan membuat penggunaan baterai jadi lebih hemat.

Sayangnya, smartphone ini tidak menggunakan layar Tremendous AMOLED yang menjadi andalan Samsung. Melainkan menggunakan layar IPS dengan resolusi 720×1600 piksel. Meski demikian, hal ini tidak semerta-merta membuat kualitas visible yang ditampilkan tidak memuaskan.

Dengan RAM sebesar 4/128GB, sebenarnya sangat cukup untuk penggunaan smartphone sehari-hari. Belum lagi spesifikasi kamera belakangnya yang beresolusi 48MP untuk huge angle, 5MP ultrawide, 2MP makro, dan 2MP depth sensor.

Berbekal kapasitas baterai 5.000 mAh, Anda bisa menggunakan smartphone ini dengan puas seharian. Terlebih fitur quick charging 15W di dalamnya membuat HP ini semakin istimewa dengan harga terjangkau.

Kisaran Harga: Rp1.800.000

12. Samsung Galaxy A32

Jika terbiasa menggunakan Samsung dan ingin improve, maka HP RAM besar seri A yang satu ini bisa menjadi pilihan. Chipset yang digunakan adalah MediaTek Helio G80 yang dikenal cukup kencang untuk bermain sport atau aktivitas lainnya di HP.

Kualitas grafis yang ditampilan pada layar begitu clean dan tajam karena menggunakan Tremendous AMOLED berukuran 6,4 inch. Resolusi layar 1080×2400 piksel membuat Anda merasa lebih puas ketika melihat video, bermain sport, dan lain sebagainya.

Storage yang disediakan pun cukup besar, yaitu mencapai 6/128GB sehingga HP tidak mudah lag atau error karena RAM penuh. Samsung juga mengusung teknologi terkini di bagian kameranya. Bagaimana tidak, Anda bisa menggunakan quad digicam canggih dengan hasil bidikan memuaskan.

Kamera belakang Samsung Galaxy A32 ini beresolusi 64MP untuk tipe huge, 8MP ultrawide, 5MP macro, dan 5MP sensor depth. Adapun kualitas kamera selfienya juga sangat memuaskan karena mencapai 20MP. Baterai sebesar 5.000 mAh membuatnya bisa diandalkan untuk digunakan sepanjang hari.

Kisaran Harga: Rp3.975.000

Beberapa rekomendasi HP RAM besar di atas bisa menjadi referensi jika Anda menginginkan smartphone yang tidak mudah lag. RAM besar juga bisa membuat penggunaan smartphone lebih leluasa karena Anda bisa menyimpan foto dan video dalam jumlah banyak.

Baca Juga:

Back to top button