Jadwal dan Cara Cek Lolos Prakerja Gelombang 70

Jadwal dan Cara Cek Lolos Prakerja Gelombang 70

Jadwal dan Cara Cek Lolos Prakerja Gelombang 70

Program Kartu Prakerja adalah salah satu program andalan pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing masyarakat. Melalui program ini, pemerintah menyediakan berbagai pelatihan dan insentif bagi mereka yang ingin memperbaiki kualifikasi kerja atau meningkatkan performa di tempat kerja. Kini, program ini telah mencapai gelombang ke-70 dengan penawaran dana bantuan untuk mencari pekerjaan dan meningkatkan kualitas kinerja. Pendaftaran prakerja gelombang 70 sudah ditutup dan tidak bisa melakukan pendaftaran lagi. Nah lalu kapan pengumuman hasil seleksi prakerja gelombang 70. Nah untuk kalian yang sudah mendaftar dan ingin mengetahui kapan hasil seleksinya keluar, kalian dapat menyimak seputar informasi di bawah ini:

Tahapan Pendaftaran Prakerja Gelombang 70

Proses pendaftaran untuk Kartu Prakerja gelombang 70 melibatkan beberapa langkah, mulai dari pengisian alamat email aktif dan password, menyetujui syarat dan ketentuan, verifikasi akun melalui email, hingga mengklik tombol “Gabung Gelombang” saat pendaftaran dibuka. Bagi peserta yang berhasil lolos, mereka berhak mendapatkan total insentif sebesar Rp 4.200.000.


Pengumuman Hasil Seleksi

Biasanya, hasil seleksi Kartu Prakerja diumumkan dua hari setelah pendaftaran resmi ditutup. Dengan pendaftaran yang berlangsung selama lima hari, hasil seleksi Prakerja gelombang 70 diperkirakan akan diumumkan pada Kamis, 11 Juli 2024.

Cara Cek Lolos Prakerja Gelombang 70

Peserta dapat mengetahui hasil seleksi mereka melalui beberapa cara, yaitu SMS, email, dan dashboard Kartu Prakerja. Berikut langkah-langkah untuk mengecek status kelolosan:

  1. Kunjungi situs resmi Kartu Prakerja di prakerja.go.id.

  2. Klik “Masuk” untuk log in menggunakan akun yang telah didaftarkan.

  3. Setelah log in, periksa dashboard akun Anda untuk melihat hasil pengumuman.

  4. Jika lolos, akan muncul tiga video informasi tentang Kartu Prakerja dan nomor Kartu Prakerja Anda akan terlihat.

  5. Peserta yang lolos akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan email.

  6. Jika tidak lolos, akan ada notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun Anda.


Rincian Insentif Prakerja Gelombang 70

Peserta yang lolos dalam seleksi Kartu Prakerja gelombang ke-70 akan menerima insentif sebagai berikut:

  • Rp 3.500.000 untuk saldo bantuan pelatihan, yang dapat digunakan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang ditawarkan.

  • Rp 600.000 sebagai insentif yang akan diberikan setelah menyelesaikan pelatihan.

  • Rp 100.000 sebagai insentif pengisian survei, yang diberikan dalam dua tahap masing-masing sebesar Rp 50.000.

Tujuan Program Prakerja

Program Prakerja diluncurkan oleh pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kompetensi kerja dan daya saing tenaga kerja melalui pelatihan dan pengembangan keterampilan. Program ini ditujukan kepada pengangguran, pekerja yang terkena PHK, serta pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan mereka. Dengan memberikan bantuan biaya pelatihan, insentif pasca-pelatihan, dan akses ke layanan ketenagakerjaan, pemerintah berharap program ini dapat membantu mengurangi angka pengangguran, meningkatkan produktivitas, dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.


Program ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja saat ini. Peserta dapat memilih berbagai jenis pelatihan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, sehingga dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan atau membuka usaha sendiri.

Manfaat Mengikuti Program Prakerja

Mengikuti program Prakerja memberikan berbagai manfaat, di antaranya:

  1. Peningkatan Keterampilan: Peserta dapat mengikuti berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mereka sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

  2. Insentif Keuangan: Peserta yang menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan insentif yang dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan sehari-hari atau modal usaha.

  3. Akses ke Layanan Ketenagakerjaan: Peserta juga mendapatkan akses ke berbagai layanan ketenagakerjaan yang dapat membantu mereka dalam mencari pekerjaan atau mengembangkan karir.

Dengan memahami jadwal dan cara cek kelolosan serta mempersiapkan diri untuk mengikuti program ini, diharapkan peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Selamat kepada para peserta yang berhasil lolos seleksi Prakerja gelombang 70!


Panduan Klaim Dana Prakerja Gelombang 70

Bagi peserta yang telah dinyatakan lolos, berikut adalah panduan lengkap untuk mengklaim dana Prakerja:

  1. Log in ke akun Prakerja Anda di prakerja.go.id.

  2. Pilih pelatihan yang diinginkan dari berbagai mitra pelatihan yang tersedia.

  3. Ikuti pelatihan sesuai dengan jadwal dan instruksi yang diberikan.

  4. Selesaikan pelatihan dan pastikan mendapatkan sertifikat kelulusan.

  5. Isi survei yang diberikan untuk mendapatkan insentif tambahan.

  6. Cairkan insentif melalui akun e-wallet yang telah didaftarkan.


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, peserta dapat mengoptimalkan manfaat dari Program Kartu Prakerja Gelombang 70. Semoga sukses!

Pos terkait