Kapan Bansos Beras 10 kg Alokasi Juli 2024 Cair? Simak Jadwal dan Status Penerima

Kapan Bansos Beras 10 kg Alokasi Juli 2024 Cair? Simak Jadwal dan Status Penerima

Kapan Bansos Beras 10 kg Alokasi Juli 2024 Cair? Simak Jadwal dan Status Penerima

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan jadwal pencairan bantuan sosial (bansos) berupa beras seberat 10 kg untuk bulan Juli 2024. Dalam upaya meringankan beban masyarakat, terutama mereka yang terdampak ekonomi, program ini merupakan bagian dari komitmen untuk terus memberikan dukungan hingga akhir tahun 2024.
Perpanjangan Program Bansos Beras 10 kg 2024

Presiden Joko Widodo telah mengkonfirmasi bahwa program bansos beras 10 kg ini akan berlanjut hingga Desember 2024, meskipun awalnya direncanakan hanya sampai bulan sebelumnya. Anggaran yang disediakan diyakini cukup untuk mencakup distribusi hingga akhir tahun, dengan penyaluran dilakukan secara berkala.


Jadwal Pencairan Bansos Beras 10 kg 2024

Berdasarkan informasi terbaru yang telah diterbitkan, pencairan bansos beras 10 kg akan dilakukan setiap dua bulan sekali yang terhitung mulai dari bulan Juni 2024. Hal ini berarti bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang sudah menerima bansos beras 10 kg pada bulan Juni lalu, maka mereka akan mendapatkan kembali pencairan bansos beras 10 kg pada bulan Agustus 2024. Sementara itu, untuk KPM yang belum menerima pada bulan sebelumnya, mereka diharapkan segera melakukan pengambilan di bulan Juli ini. Penyaluran bansos beras 10 kg untuk jadwal pencairan terbaru tahun 2024 yaitu akan dilakukan pada bulan Agustus, Oktober, dan Desember 2024.

Cara Cek Status Penerima

Bagi yang ingin memastikan status sebagai penerima bansos beras 10 kg, tersedia langkah-langkah mudah yang dapat diikuti:


  1. Kunjungi website resmi cekbansos.kemensos.go.id atau melalui link laman https://cekbansos.kemensos.go.id

  2. Isi informasi yang diminta sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda.

  3. Selesaikan kode captcha yang muncul untuk verifikasi.

  4. Klik “Cari Data” untuk mengetahui status penerimaan bansos beras 10 kg.

Syarat Penerima Bansos

Untuk memenuhi syarat sebagai penerima bansos beras 10 kg, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, antara lain:


  1. Kewarganegaraan Indonesia (WNI).

  2. Memiliki Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.

  3. Terkategori sebagai masyarakat miskin.

  4. Tidak menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, atau Tentara Nasional Indonesia (TNI).

  5. Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Penyaluran bantuan beras 10 kg pada bulan Juli 2024 akan dilakukan melalui kantor desa/kelurahan, dan jadwal pencairan akan diinformasikan oleh perangkat desa atau melalui RT/RW setempat. Pada saat pengambilan bansos beras 10 kg, pastikan membawa surat undangan serta KTP atau Kartu Keluarga (KK) untuk ditunjukkan kepada petugas.
Program ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan bantuan langsung kepada yang membutuhkan, tetapi juga untuk memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran dan efektif dalam membantu mengurangi kesenjangan sosial di masyarakat.


Dengan pengumuman ini, diharapkan masyarakat yang berhak mendapatkan bansos beras 10 kg dapat segera memeriksa status mereka dan mempersiapkan diri untuk pengambilan bansos pada waktu yang telah ditentukan. Terus pantau informasi resmi untuk pembaruan lebih lanjut mengenai program bansos ini agar tidak ketinggalan kesempatan mendapatkan bantuan yang diperlukan.

Pos terkait