KLJ Tahap 2 Kapan Cair? Segera Cek Jadwal dan Syarat Penerima

KLJ Tahap 2 Kapan Cair? Segera Cek Jadwal dan Syarat Penerima

KLJ Tahap 2 Kapan Cair? Segera Cek Jadwal dan Syarat Penerima

Kartu Lansia Jakarta (KLJ) menjadi salah satu bentuk bantuan sosial yang penting bagi lansia di DKI Jakarta. Dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, KLJ memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 300 ribu per bulan kepada mereka yang memenuhi syarat tertentu. Bagi banyak warga DKI Jakarta, informasi terbaru tentang jadwal pencairan KLJ tahap 2 sangat dinantikan, terutama mengingat adanya perubahan mekanisme dan penundaan yang terjadi.

Jadwal Pencairan KLJ Tahap 2

Meskipun pencairan KLJ tahap 2 dijadwalkan sebelumnya pada 4 Juni 2024. Namun, hingga saat ini memasuki bulan Juli 2024, pencairan belum juga terealisasi. Hal ini disebabkan oleh proses administrasi yang rumit dan harus diselesaikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namun, berdasarkan informasi terbaru yang diterbitkan pada 1 Juli 2024 oleh @dinsosdkijakarta, pencairan bansos KLJ tahap 2 diharapkan dapat terlaksana sebelum 10 Juli 2024 asalkan seluruh proses administrasi telah selesai dalam bulan ini.


Syarat Menjadi Penerima Kartu Lansia Jakarta

Untuk menjadi penerima Kartu Lansia Jakarta, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Warga berusia 60 tahun ke atas.

  2. Lansia berekonomi rendah dan terdaftar dalam Basis Data Terpadu.

  3. Mengalami kendala secara fisik atau psikologi.

  4. Bagi yang tidak terdaftar dalam Basis Data Terpadu, namun memenuhi syarat, dapat diusulkan melalui Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) di kelurahan setempat.


Cara Mendaftar Bansos KLJ 2024

Proses pendaftaran untuk mendapatkan KLJ dapat dilakukan secara online melalui situs resmi Kemensos atau aplikasi ponsel dengan langkah berikut:

  1. Kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id atau unduh aplikasi Cek Bansos.

  2. Lakukan registrasi dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh sistem hingga selesai.

  3. Daftarkan usulan untuk mendaftar ke dalam sistem DTKS dan lengkapi proses pendaftaran.

  4. Setelah pendaftaran, sistem akan melakukan verifikasi dan validasi sebelum menentukan apakah penerima manfaat layak untuk menerima dana bantuan KLJ. Warga juga dapat memeriksa status penerima KLJ dengan memasukkan NIK KTP mereka ke dalam situs siladu.jakarta.go.id.


KLJ adalah program penting dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bertujuan untuk membantu lansia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Meskipun terdapat penundaan dalam pencairan KLJ tahap 2, diharapkan bahwa proses administrasi akan segera terselesaikan untuk memastikan bahwa bantuan ini dapat diterima oleh mereka yang membutuhkan tepat waktu. Untuk informasi terbaru mengenai KLJ, warga disarankan untuk mengikuti update dari akun Instagram @dinsosdkijakarta.

Pos terkait