Penyebab BLT PIP Juli 2024 Belum Cair

Penyebab BLT PIP Juli 2024 Belum Cair

Penyebab BLT PIP Juli 2024 Belum Cair

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2024 menuai antusiasme dan juga kegelisahan di kalangan siswa penerima. Meskipun program PIP ini telah memulai pencairan sejak awal tahun lalu, dana bantuan ini masih menemui sejumlah kendala yang membuatnya belum cair ke sebagian siswa penerima. Berikut adalah beberapa penyebab utama yang mengakibatkan dana BLT PIP 2024 masih tertunda hingga bulan Juli 2024 ini.


  1. Tidak Masuk Daftar Penerima PIP 2024 Jadwal Penyaluran Juli

    Penyaluran dana PIP 2024 dilakukan secara bertahap untuk semua siswa penerima. Hal ini menyebabkan bahwa meskipun siswa berasal dari satu sekolah, waktu pencairan dana PIP 2024 bisa berbeda-beda sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Proses administratif dan verifikasi data merupakan faktor utama yang mempengaruhi waktu cairnya dana ini.

  2. Masih Masuk Daftar Siswa Penerima SK Nominasi PIP 2024

    Untuk mendapatkan dana BLT PIP 2024, siswa penerima harus mendapatkan Surat Keputusan (SK) Pemberian setelah melakukan aktivasi rekening SimPel di Bank Rakyat Indonesia (BRI) atau Bank Negara Indonesia (BNI). Namun, ada kasus di mana siswa yang sudah melakukan aktivasi rekening masih mendapatkan SK Nominasi yang memerlukan langkah tambahan untuk penyelesaiannya. Jika memiliki masalah ini, disarankan untuk segera berkoordinasi dengan pihak sekolah terkait.

  3. Sudah Tidak Ditetapkan Sebagai Siswa Penerima PIP 2024

    Program BLT PIP 2024 merupakan program bantuan yang dievaluasi setiap tahunnya untuk menetapkan kembali status penerima. Siswa yang menerima bantuan pada tahun sebelumnya tidak selalu menjamin bahwa mereka akan menjadi penerima pada tahun berikutnya. Penetapan ulang ini bisa menjadi alasan mengapa beberapa siswa yang sebelumnya menerima BLT PIP tidak lagi terpilih untuk tahun 2024.


Cara Memeriksa Status dan Kapan BLT PIP 2024 Cair

Bagi siswa atau wali murid yang ingin memeriksa kapan dana BLT PIP 2024 akan cair atau mengetahui apakah mereka terdaftar sebagai penerima, dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi https://pip.kemdikbud.go.id.

  2. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai yang terdaftar.

  3. Jawablah soal penjumlahan atau perhitungan yang diminta untuk verifikasi.

  4. Klik tombol “Cek Penerima PIP” untuk melihat status penerimaan BLT PIP 2024.


Nominal Pencairan PIP Bulan Juni 2024

Besaran dana nominal bantuan PIP bervariasi tergantung pada tingkat pendidikan masing-masing peserta didik. Berikut adalah nominal bantuan PIP sesuai dengan informasi yang diberikan oleh Puslapdik Kemendikbud Ristek RI:

  • Peserta didik SD/SDLB/Paket A: Rp 450.000/tahun

  • Peserta didik SMP/SMPLB/Paket B: Rp 750.000/tahun

  • Peserta didik SMA/SMK/SMALB/Paket C: Rp 1.000.000/tahun

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, siswa dan orang tua dapat memantau secara langsung status pencairan dan apakah dana BLT PIP 2024 sudah masuk ke rekening yang terdaftar.


Meskipun dana BLT PIP 2024 telah dimulai pencairannya sejak awal tahun, berbagai faktor seperti proses administratif, verifikasi data dan penetapan ulang penerimaan berkontribusi terhadap keterlambatan pencairan dana PIP ini. Penting bagi semua pihak yang terkait untuk tetap bersabar dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan agar proses ini dapat berjalan dengan lancar demi manfaat dan keadilan bagi semua siswa penerima.

Pos terkait