Penyebab dan Cara Mengatasi Akun Kartu Prakerja yang di Blacklist

Penyebab dan Cara Mengatasi Akun Kartu Prakerja yang di Blacklist

Penyebab dan Cara Mengatasi Akun Kartu Prakerja yang di Blacklist

Akun Kartu Prakerja adalah sebuah platform yang dikelola oleh pemerintah Indonesia sebagai bagian dari program Kartu Prakerja, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja masyarakat. Melalui akun ini, pengguna dapat mengakses berbagai pelatihan online yang telah disediakan oleh mitra pelatihan yang terakreditasi. Pengguna yang berhasil mendaftar dan terpilih akan mendapatkan sejumlah dana yang dapat digunakan untuk mengikuti pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Selain itu, akun Kartu Prakerja juga memungkinkan peserta untuk memantau perkembangan pelatihan, mengikuti evaluasi, dan memperoleh sertifikat setelah menyelesaikan kursus.

Selain akses pelatihan, Akun Kartu Prakerja juga memberikan insentif kepada peserta yang telah menyelesaikan pelatihan dan mengikuti survei evaluasi. Insentif ini bertujuan untuk membantu peserta dalam mencari pekerjaan atau membuka usaha. Proses pendaftaran akun dilakukan secara online melalui situs resmi Kartu Prakerja, dan calon peserta harus memenuhi sejumlah persyaratan untuk dapat mengikuti program ini. Dengan adanya Akun Kartu Prakerja, diharapkan masyarakat Indonesia dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensinya, sehingga mampu bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.


Penyebab Akun Kartu Prakerja yang Diblacklist

Berikut ini adalah penyebab akun kartu prakerja diblacklist:

Head of Communication Manajemen pelaksana program kartu prakerja, Lydia Maria Kusnadi mengatakan bahwa apabila akun kartu prakerja di blacklist atau di blokir kemungkinan karena calon penerima prakerja telah melanggar ketentuan dan syarat yang berlaku.

Beliau telah menjelaskan bahwa program Prakerja hanya dapat diikuti oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki usia sekitar 18 hingga 64 tahun (tidak sedang dalam masa Pendidikan formal).

Untuk mengetahui penyebab kartu prakerja anda ter-backlist, silahkan anda Simak kembali persyaratan penting yang harus dipenuhi, seperti;


  1. Warga negara Indonesia yang berusia minimal 18 tahun hingga maksimal 64 tahun

  2. Maksimum 2 NIK dan 1 KK yang menerima program kartu prakerja

  3. Tidak sedang dalam masa sekolah atau Pendidikan formal

  4. Warga yang sedang mencari kerja, buruh atau pekerja yang terkena PHK, buruh atau pekerja yang sedang butuh peningkatan kompetensi kerja, buruh atau pekerja yang dirumahkan serta pekerja bukan penerima upah, termasuk warga yang sedang berwirausaha skala mikro atau kecil

  5. Tidak teermasuk pejabat negara, ASN, POLRI, TNI, pimpinan atau anggota DPRD, kepala desa, komisaris/direksi/dewan pengawas BUMN atau BUMD.


Cara mengatasi Akun Kartu Prakerja yang Diblacklist

Berikut ini adalah cara mengatasi akun kartu prakerja yang diblacklist

Head of Communication Manajemen pelaksana program kartu prakerja, Lydia Maria Kusnadi mengatakan bahwa Apabila anda sudah memenuhi syarat kartu prakerja namun kartu prakerja anda di blacklist, anda dapat melakukan pengaduan langsung kepada customer service melalui whatsapp atau telepon ke nomor 08001503001. Kemudian, silahkan anda isi formulir pengaduan di laman Kartu Prakerja. Adapun cara melakukan pengaduan kartu prakerja sebagai berikut;

  1. Klik “Form Pengaduan” kemudian isi data diri yang diminta oleh system

  2. Selanjutnya masukkan lampiran foto KTP asli yang sudah terdaftar, foto Kartu Keluarga asli yang sudah terdaftar, swafoto dengan memegang e-KTP asli yang sudah terdaftar, dan

  3. silahkan anda lakukan swafoto sambil memegang KK asli yang sudah terdaftar

  4. Silahkan verifikasi dengan isi CAPTCHA

  5. Kemudian tekan opsi “Kirim Pesan”


Dengan memahami penyebab dan cara mengatasi akun Kartu Prakerja yang di-blacklist, peserta dapat memastikan kelancaran proses pendaftaran dan partisipasi dalam program ini. Pemenuhan semua persyaratan yang telah ditetapkan sangat penting untuk menghindari masalah blacklist. Jika akun Anda ter-blacklist meskipun telah memenuhi syarat, langkah-langkah pengaduan yang disediakan oleh manajemen pelaksana Kartu Prakerja dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Dengan mengatasi kendala ini, peserta dapat kembali mengakses pelatihan dan manfaat lain dari program Kartu Prakerja, yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja Indonesia di pasar kerja yang semakin kompetitif.

Pos terkait