Proses Pencairan Bansos BPNT Juli 2024, Cek Panduan dan Kriteria Penerima

Proses Pencairan Bansos BPNT Juli 2024, Cek Panduan dan Kriteria Penerima

Proses Pencairan Bansos BPNT Juli 2024, Cek Panduan dan Kriteria Penerima

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) telah menjadi salah satu inisiatif pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan di Indonesia dengan menyediakan bantuan langsung kepada keluarga kurang mampu. Bansos BPNT tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan dasar, tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Pada bulan Juli 2024, proses pencairan BPNT dijadwalkan akan dimulai sejak tanggal 1 Juli dan akan berlangsung hingga akhir bulan.

BPNT merupakan bagian dari strategi pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial kepada keluarga kurang mampu. Bantuan ini diperuntukkan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar dalam basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Melalui BPNT, pemerintah berkomitmen untuk memastikan akses pangan yang lebih baik bagi penerima, dengan memberikan nominal bantuan sebesar Rp200.000 per KPM per bulan. KPM yang memenuhi syarat dapat memperoleh bantuan hingga dua kali lipat, mencapai Rp400.000 dalam periode pencairan Juli 2024.


Proses Pencairan Bansos BPNT 2024

Penerima BPNT memiliki opsi untuk mencairkan bantuan melalui rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di bank-bank yang telah ditunjuk, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN. Bagi KPM yang tidak memiliki rekening bank, pencairan dapat dilakukan di kantor pos setempat. Pemerintah menyarankan untuk tidak menunda pencairan, mengingat waktu pencairan bantuan masih berlaku hingga Agustus 2024.

Cara Cek Status Penerima BPNT 2024

Untuk kalian yang ingin melakukan pengecekan status penerima bansos BPNT 2024, kalian dapat mengikuti cara di bawah ini:

  1. Kunjungi situs https://cekbansos.kemensos.go.id/

  2. Masukkan Data lengkap seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa tempat tinggal Anda

  3. Masukkan nama lengkap sesuai dengan yang ada di KTP

  4. Masukkan kode captcha

  5. Selanjutnya klik “Cari Data”

  6. Jika termasuk penerima, maka akan terlihat tabel berisi status penerima, keterangan, dan periode pemberian bantuan.


Langkah-langkah Pendaftaran sebagai Penerima BPNT

Untuk kalian yang belum mendaftar sebagai penerima bansos BPNT, kalian dapat mengikuti langkah-langkah pendaftaran nya di bawah ini:

  1. Unduh aplikasi “Cek Bansos” dari Google Play Store

  2. Buka aplikasi tersebut dan klik ‘Buat Akun Baru’ untuk melakukan registrasi.

  3. Isi data diri yang diminta dengan lengkap, termasuk nama lengkap, nomor Kartu Keluarga (KK), nomor induk kependudukan (NIK), alamat domisili, dan alamat email aktif.

  4. Unggah foto e-KTP dan selfie sambil memegang e-KTP.



  5. Pastikan semua data terisi dengan benar, kemudian klik tombol ‘Buat Akun Baru’.

  6. Cek email dari Kemensos untuk melakukan verifikasi dan aktivasi akun.

  7. Setelah berhasil, kembali masuk ke beranda aplikasi Cek Bansos dan klik menu ‘Daftar Usulan’.

  8. Isi semua informasi pribadi yang diminta.

  9. Pilih jenis bantuan yang diinginkan dan tunggu proses verifikasi.

  10. Manfaat BPNT untuk Kesejahteraan Keluarga


Dengan adanya BPNT, pemerintah tidak hanya membantu dalam pemenuhan gizi keluarga kurang mampu, tetapi juga berharap dapat meringankan beban ekonomi mereka. Bantuan ini memungkinkan penerima untuk mengalokasikan sumber daya mereka untuk kebutuhan lain yang mendesak, seperti pendidikan dan kesehatan.

Dengan demikian, proses pencairan Bansos BPNT Juli 2024 menawarkan kesempatan bagi KPM untuk mendapatkan akses pangan yang lebih baik. Semua informasi terkait pencairan, panduan penerimaan, dan cara verifikasi status penerima dapat diakses dengan mudah melalui website atau aplikasi yang disediakan oleh Kemensos. Dengan mengoptimalkan penggunaan bantuan ini, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara maksimal dalam mendukung kesejahteraan keluarga Indonesia.

Pos terkait